Tips Serta Prospek Bisnis Rumah Kost dan Kontrakan

Sponsored Links

Tips Serta Prospek Bisnis Rumah Kost dan Kontrakan

Bisnis kost dan kontrakan masih memiliki prospek yang bagus bahkan akan terus berkembang untuk beberapa tahun yang akan datang. Yach, kebutuhan akan tempat tinggal makin tahun makin naik permintaannya, mengingat negeri kita adalah negeri yang masih cukup berkembang. Sebetulnya kebutuhan akan tempat tinggal di negara majupun juga tetap memiliki permintaan yang tidak pernah ada matinya. Jadi ketika Anda berinisiatif untuk bisnis kost-kostan atau kontrakan akan sangat prospek untuk masa-masa yang akan datang.

Ketika Anda memiliki tanah kosong yang akan di bangun dengan kontrakan atau kost-kostan pastikan memenuhi kriteria untuk membangun bisnis kontrakan yang Anda miliki memiliki prospek dan market yang bagus. Yach, memang sih bisnis kontrakan dan kost-kostan tetap memiliki pasar yang bagus, namun untuk menjadikan bisnis ini lebih berjalan dengan bagus, setidaknya memerlukan beberapa point penting untuk menjadikan tetap lakunya bisnis Anda. Simaklah point-point berikut ini agar kontrakan milik Anda tetap eksis dan bertahan, ditengah persaingan sama-sama kontrakan atau kost-kostan.

Bisnis Kontrakan
Bisnis Kontrakan
  1. Pastikan memiliki lokasi yang strategis

Untuk memulai bisnis kontrakan tentu point yang wajib dan harus adalah berada dilokasi yang strategis. Strategisnya kontrakan untuk pelajar dan mahasiswa tentunya berbeda dengan strategis untuk calon konsumen pekerja pabrik. Jadi jika Anda membangun kontrakan untuk segment pekerja panrik, berarti lokasi kontrakan yang startegis adalah dekat perusahaan atau pabrik dimana berada. Seterusnya jika Anda membidik segment pelajar atau mahasiswa berarti kontrakan yang bagus dan memiliki nilau jual mahal adalah berada dilokasi yang dekat dekat dengan kampus. Point berada dilokasi strategis ini cukup penting, mengingat lokasi kontrakan atau kost-kostan yang berada dekat market lebih cenderung dicari orang, banyak pemintanya dibandingkan dengan yang jauh dengan lokasi strategis.

  1. Kontrakan di bangun mendekati marketnya, seperti sekolah, universitas mapun dekat pabrik

Point kedua ini sebetulnya hampir sama dengan point nomor satu, jadi intinya adalah memastikan lokasi kost-kostan milik Anda mendekati dengan pasar, marketnya. Untuk pelajar dan mahasiswa tentunya yang terbaik adalah dekat dengan kampus sedangkan untuk pekerja kantoran yang paling tepat adalah dekat dekat area perkantoran atau mall.

  1. Untuk fasilitas pastikan memiliki fasilitas yang standart dengan yang lain

Untuk menjadikan bisnis kontrakan Anda tetap jalan serta tetap memiliki daya jual yang bagus adalah dengan menjaga kualitas dari rumah yang Anda kontrakkan. Jika umumnya memiliki fasilitas AC dengan harga sekian perbulan, untuk sama-sama bersaing pastikan Anda juga mengenali calon konsumen Anda. Fasilitas ini sebetulnya tetap berkaitan dengan harga kontrakan. Semisal, Anda hendak merenovasi dan mengecat ulang kontrakan Anda agar tidak terlihat kumuh. Tentu dengan Anda mengeluarkan sejumlah biaya tertentu, pastikan akan menaikkan harga jual dari kontrakan Anda. Semisal dikontrakan Anda, ada fasilitas wifi dan ditempat yang lain tidak ada, dan itu dianggap memberikan nilai tambah bagi kontrakan Anda, kenapa tidak menambahkannya? So, inti dari fasilitas apapun pastikan memberikan nilai tambah bagi nilai jual kontrakan Anda.

  1. Beda harga tentu beda kualitas, pastikan market yang Anda bidik sesuai dengan kondisi kontrakan milik Anda

Untuk membedakan harga kontrakan dengan yang lain, pastinya beda kualitas beda harga. Jadi ketika Anda membidik calon konsumen untuk kontrakan para eksekutif, setidaknya Anda juga memiliki fasilitas rumah yang hendak Anda kontrakkan sekelas perumahan yang lumayan mewah. Jadi pastikan kontrakan Anda memiliki nilai prestise ketika di sewa dengan orang yang menyewa. Semisal Anda memiliki kawasan rumah kontrakan mewah di area Mentang, pastikan calon konsumen Anda merasa nyaman dan bangga dengan menywa kontrakan milik Anda. Karena dianggap meyewa di lokasi tersebut memilki nilai wah,…alias berprestise. Kondisi dan situasi seperti inilah yang seharusnya Anda faham dan tahu tentang kemauan serta motif konsumen untuk mencari kontrakan yang Anda punya.

  1. Jangan membidik calon penghuni musiman, tapi pastikan yang membutuhkan bulanan

Mungkin Anda tahukan maksudnya membidik konsumen dengan musiman. Semisal ada satu kontrakan yang didekat dengan universitas yang menyediakan fasilitas hanya ketika musim ujian SNMPTN saja. Prospek seperti ini memang bagus, hanya musim mendekati ujian saja, namun alangkah bagusnya jika kontrakan atau kost-kostan Anda membidik market yang sepanjang musim. Jadi untuk calon konsumen para pelajar, bisa diartikan sepanjang musim. Atau untuk market yang sudah berkeluarga juga bisa di artikan membidik segmen pasar yang bukan musiman. Manajemen ini dibutuhkan, untuk menjaga kelangsungan bisnis kontrakan Anda. Pastikan lokasi atau kamar kontrakan Anda bisa terisi sepanjang tahun, sehingga menjadikan bisnis kontrakan Anda berjalan sepanjang tahun.