Tips Penataan Ruang Tamu (Living Room) Yang Elegan

Sponsored Links

Ruang  Tamu (Living Room) Yang Elegan

Ruang tamu adalah ruang dimana kita menghabiskan sebagian waktu berharga kita untuk anak-anak, keluarga dan isteri tercinta. Arena ini merupakan tempat untuk bersenda gurau, berkumpul, tempat menerima tamu, bercengkerama serta berinterkasi dengan orang-orang yang kita cintai.Dengan melihat berbagai aktivitas serta kegiatan yang harus di wadahinya, ruang tamu menjadi salah satu ruang vital dibanding dengan ruangan ruangan  yang lain yang ada dirumah. Ruang ini idealnya adalah bersifat santai serta kasual. Pencahayaan alami ataupun buatan sangat di perlukan untuk ruangan ini.Dan yang terpenting adalah ruangan ini haruslah nyaman di setiap saat. Untuk memenuhi kebutuhan ini, diperlukan perencanaan yang  matang dan akurat. Tipe tempat duduk yang berbeda-beda dapat menjadi solusi yang apik untuk pengelolaan desain ruang tamu ini.

Pada ruang tamu ini, kombinasi yang balance antara sofa model kulit empat dudukan, dudukan panjang tanpa sandaran dan kursi-kursi kayu yang elegan membentuk perpaduan yang serasi dan harmonis. Furniture yang terbuat dari kayu jati model klasik, meja kopi, meja samping dan kabinet media diletakkan untuk mengakomodasi kebutuhan ruang. Pada malam hari, ruangan tamu haruslah memiliki karakter dan jiwa yang berbeda. Cahaya dari luar mempercantik nuansa ruang dan memberikan efek yang dramatis. Hasil akhirnya atau endingnya adalah ruangan yang elegan dan anggun namun tetap menyenangkan untuk dinikmati.

Desain ruang tamu minimalis
Desain ruang tamu minimalis

Beberapa pertimbangan yang patut dijadikan sumber inspirasi agar model ruang tamu minimalis terkesan elegan. Untuk menciptakan sebuah ruang tamu minimalis yang elegan diperlukan sebuah skill, tips dan trik untuk mengaplikasikannya, simaklah tips-tips berikut ini:

  • Perhatikan Perpaduan Berbagai Bahan Soft Furnishing Untuk Menghadirkan Nuansa Romantis.

Suasana yang nyaman dapat dengan mudah dicapai dengan penggunaan soft furnishing pada sebuah ruangan. Soft furnishing yang tepat sangat bergantung pada pilihan bahan. Faktor lain yang patut dipertimbangkan adalah daya tahan dan tingkat perawatanya. Pada ruang tamu ini, kain katun hijau dengan kualitas tinggi dipilih sebagai bahan untuk slip covered sofa karena sifat warnanya yang terkesan hangat. Bahan ini kemudian dikombinasikan dengan dudukan yang terbuat dari anyaman kulit dan kain cokelat yang agak mengkilap. Pada ruangan lain, permainan komposisi pola dan tekstur menjadi elemen desain yang dominan. Sofa individual yang dikombinasikan dengan meja konsol berwarna emas membentuk ruang duduk kecil yang anggun. Pengolahan dinding latar yang terbuat dari perpaduan veneer  kayu jenis walnut dan mapel menjadi pusat perhatian  pada ruangan. Pada akhirnya, suasana nyaman tetap memegang peranan paling penting dalam mewujudkan nuansa yang sempurna.

  • Gunakan Warna Hangat Dengan Bahan atau Material Alami              

Pendekatan desain dengan menggunakan bahan alami dapat dengan mudah mencipatakan suasana romantis, hangat serta akrab pada sebuah ruangan. Warna-warna yang hangat dan natural seperti warna tanah mengekspresikan sifat yang dapat menenangkan atau memberikan efek tenang. Warna-warna ini dapat diperoleh melalui pada material-material kayu, jati, rotan, bambu, batu alam, atau material kain seperti bahan katun, wol dan linen. Pada sudut ruang bisa dipercantik lagi dengan menggantungkan sebuah lukisan tanaman tropis yang asri. Bentuk yang  tidak beraturan pada kayu jati serta material rotan yang  khas menjadikanya tempat yang tepat untuk sekedar duduk dan beristirahat. Material alami yang dikombinasikan dengan dengan garis desain yang modern banyak diaplikasikan pada desain furniture masa kini. Material rotan yang eksotis namun harganya tetap terjangkau daapt dikembangkan dengan gaya masa kini yang kotemporer. Bantal-bantal dengan corak floral yang besar atau table runner  dengan detail butiran manik-manik apik menjadi sentuhan terakhir yang tepat pada penataan ruangan.

Itulah inspirasi sederhana dari kami, tentang bagaimana mendesain ruang tamu minimalis yang anggun serta menarik. Semoga tulisan sederhana ini menarik untuk Anda.