Tips Memilih Situs Jual Beli Rumah

Sponsored Links

Tips Memilih Situs Jual Beli Rumah

Ketika Anda berniat untuk membeli properti tentunya harus memilh dan memilah dengan teliti. Benar kata pepatah, “teliti sebelum membeli” adalah kata-kata yang bijak sebelum Anda membeli properti impian Anda. Apalagi Anda ingin membeli secara online dengan mencari dengan googling di internet. Pasti harus lebih hati-hati dibandingkan dengan mencari properti offline.

Dalam tulisan kali ini, penulis ingin berbagi tips tentang memilih situs properti yang baik serta aman didalam melakukan transaksi jual beli properti secara online. Berikut ini point-point yang wajib Anda tahu sebelum memilih situs yang rekomended untuk transaksi properti.

  1. Legalitas

Sebelum Anda menentukan untuk deal or no deals jual beli transaksi properti, tentunya legalitas hukum adalah nomor satu. Percuma bertransaksi dengan penjual properti yang tidak memiliki payung hukum yang jelas. Sama saja mencari perkara membeli properti kepada agen yang abal-abal terutama dari sisi legalitas hukum alias bodong dalam kepemilikan agen propertinya. Ini dari sisi penjualnya dulu, selanjutnya pasti sama juga untuk transaksi yang berkaitan dengan properti yang akan Anda beli. Ketika Anda sudah googling dan menemukan situs jual beli properti yang pas menurut Anda, tentunya yang harus dipastikan nomor satu adalah bagaimana status surat-surat tanah yang dia punya. Jika surat-surat tanahnya beres, Anda bisa melanjutkan untuk bertransaksi, sebaliknya jika suratnya gak jelas, atau dalam jaminan pihak lain ya harus di pastikan dengan sejelas-jelasnya bahwa legalitasnya bisa diselesaikan bukan dengan cara bertele-tele alias ribet.

Legalitas ini sangat vital, Anda silahkan sedikit cerewet untuk menanyakan sertifikat induk yang hendak Anda beli ketika Anda berurusan dengan developer yang membangun perumahan. Jangan sampai sertifikat induk yang hendak dijual ke Anda ternyata dijadikan jaminan di bank untuk membiayai propeyek perumahan tersebut. Jika ini terjadi siap-siaplah Anda kecewa dengan pilihan Anda.

Jika developer Anda baik dan bersih, ketika Anda menanyakan sertifikat induk, dia tidak segan untuk menunjukkan ke Anda. Sebaliknya jika developer yang akan Anda pilih agak bermasalah tentunya akan ada seribu satu alasan untuk tidak menunjukkan ke Anda. Dari satu sisi simpel legalitas ini saja sedikit Anda sudah bisa meraba, apakah calon developer yang akan Anda pilih beres atau kurang beres.

situs perumahan online
situs perumahan online
  1. Kredibilitas

Setelah Anda memastikan kredibilitas calon penjual properti ke Anda beres dalam urusan legalitas perusahaan atau legalitas tanah yang hendak Anda beli, tentunay point berikutnya adalah kredibilitas perusahaan tersebut. Ya, kredibitas ini berkaitan dengan kepercayaan stake holder terhadap perusahaan tersebut. Jika Anda berperan sebagai calon pembeli pastinya perusahaan tersebut memiliki kredibel terhadap semua urusan yang berkaitan dengan urusan jual beli tanah atau perumahan terhadap developer tersebut.

Dengan perusahaan yang kredibel tentunya akan memudahkan berurusan dengan hukum, mau tidak mau ketika pengalihan hak atas tanah berati perusahaan yang kredibel akan melakukan pengikatan jual beli semisal AJB atau PPJB (perjanjian pengikatan jual beli). Jika perusahaan yang Andda pilih cukup kredibel, tentunya akan menjadikan kelegaan hati Anda didalam melakukan transaksi, tidak ada rasa was-was untuk ditipu karena perusahaan kurang beres dalam urusan kredibilitas.

Pastikan Anda mencari developer yang sudah bekerja sama dengan pihak bank. Karena jauh-jauh hari sebelum melakukan kerjasama dengan pihak bank, tentunya bank tersebut sudah melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kredibilitas perusahaan tersebut. Salah satu yang biasa di cek adalah soal legalaitas tanah, peruntukan tanah, surat atau sertifikat yang dipunyai oleh developer, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan fasilitas penunjang calon perumahan yang dibangun semisal fasum, aspek sosial dan lingkungan.

  1. Komitemen

Urusan bisnis selalu berkaitan dengan janji dan komitmen. Jika calon developer Anda terpercaya, tentunya dia akan berkomitmen dengan baik untuk melakukan yang terbaik dengan Anda. Semisal ketika sang developer melakukan kegiatan promosi untuk menjual produknya, mereka berjanji akan memberikan kemudahan fasilitas ini dan itu. Namun setelah Anda deal melakukan pembelian dengan produk yang dijanjikan dengan developer tersebut, perusahaan dengan tepat memenuhi apa yang sudah dijanjikannya. Jadi intinya komitmen inilah yang wajib dipegang oleh calon pembeli. Tidak jarang banyak pembeli yang kecewa, ternyata perusahaan memang tidak melaksanakan sesuai dengan janjinya. Ya tentunya karena komitmen yang telah dibuatnya dilanggar atau memang tidak sesuai dengan kenyataan yang dijanjikan.

Untuk melihat komitmen perusahaan yang akan Anda beli kredibel atau tidak, komitmen atau tidak mungkin Anda bsa mencari referensi teman terdekat, family atau orang-orang yang pernah menggunakan jasa service perusahaan tersebut. Biasanya mereka berkata dengan jujur apakah perusahaan tersebut bisa di ajak kerjasama atau tidak. Jika tidak, ya Anda bisa mencari yang lain yang lebih oke, ketimbang perusahaan developer tersebut.

  1. Service

Urusan yang terakhir adalah service. Ya, service perusahaan kadang memang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Servie ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan terhadap servis atau pelayanan yang diberikan. Ketika Anda dilayani dengan baik sebelum pembelian atau purna jual tentunya pilihlah yang seperti ini. Sebaliknya jika servis atau jasanya cukup mengecewakan tentunya Anda bisa beralih ke perusahaan yang lain. Jadi ini berurusan dengan kecepatan pelayanan perusahaan, daya tanggap terhadap konsumen dan seterusnya.

Kesimpulan yang paling sederhana ketika Anda mencari situs jual beli rumah atau perumahan via online yang hampir sama dengan offline. Intinya adalah ketika Anda melakukan transaksi dengan mereka no tipu-tipu, tidak abal-abal. Salah satu elemen yang wajib diketahui ya seperti yang sudah di bahas didalam tulisan di atas. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi Anda!