Tips Desain Tata Ruang Kost Minimalis

Sponsored Links

Desain Ruang Kost Minimalis

Anda ingin berbisnis kost-kostan? Ya, binsis yang cukup menjanjikan ditengah mahalnya properti, bisnis yang sangat bagus untuk segala segment, entah pelajar, mahasisawa maupun karyawan pabrik dan kantoran. Bisnis properti dibidang sewa meyewa ini masih moncer banget, tergantung dimana Anda berada dan tinggal. Jika Anda memang membukan kost-kostan di kawasan pelajar, tentu sangat bagus prospek dan pangsa pasarnya. Selanjutnya jika rumah Anda, berada di kawasan pabrik, tentunya juga sangat menantang untuk di bangun kost-kostan sebagai media bisnis Anda. Intinya mendekati segment konsumen, bisnis kost-kostan akan mempunyai prospek yang bagus.

Jika ngomong desain bangunan kost-kostan adalah jenis bangunan yang diharapkan memiliki peran yang optimal dam membangun dan menata seluruh ruangan. Minimalis adalah solusi desain untuk kost-kostan yang efiseien, efektif dn fungsional untuk tata ruang kost secara utuh. Rumah dengan desain minimalis adalah desain rumah terbaik untuk model bangunan kost-kostan. Lho kok bisa? Ya, tentu bisa karena desain rumah dengan model desain minimalis adalah bangunan yang mengedepankan unsur optimalisasi penggunaan ruangan, bukan mengedepankan sisi keistimewaan desain yang berkesan elegan, berkesan wah,  semacam desain rumah model klasik. Rumah minimalis dikenal dengan rumah yang sederhana namun cukup praktis dan bagus sebagai bangunan rumah yang mempunyai kapasitas tampung yang banyak. Ya, rumah minimais adalah rumah yang mempunyai keunggulan fungsional adalah andalannya. Fungsional itu rumah yang lebih mementingkan unsur fungsi daripada keindahan. Rumah fungsional adalah rumah yang pealing menonjol dalam mengoptimalkan seluruh ruangan bangunan, jadi tidak ada kesan mubazir untuk ruangan rumah kost. Hanya sebagai gambaran saja, mungkin Andakan pernah tahu rumah yang bagus, bentuk gede, model kokoh, namun kurang fungsional karena memang rumah ini masih banyak ruang kosong yang tidak difungsikan dengan baik. Anda pernah menjumpai rumah yang ukurannya cukup besar tetapi hanya mempunyai kamar yang jumlahnya sedikit, itupun juga kurang optimal dalam penggunaanya.Ya..ya.. semua tergantung dari selera dan kegunaan sebuah bangunan. Jika Anda memang membangun rumah untuk membagun rumah kost tentunya bukan sisi keindahan yang di dahulukan, namun gimana bangunan yang kecil namun bisa dijadikan kamar yang banyak dan layak untuk disewakan sebagai kamar kost. Ide utamanya adalah optimalkan seluruh ruangan rumah kost minimalis tersebut.

Ukuran Ideal Kamar Kost Minimalis

Ketika Anda membangun rumah untuk disewakan menjadi kamar kost, berapa ukuran yang paling ideal untuk desain kamar tidurnya? Ukuran berapa lawan berapa yang paling pas untuk kamar tidur kost, baik untuk konsumen mahasiwa, palajar atau orang kantoran, atau untuk para pekerja pabrik? Ini adalah pertanyaan yang sederhana, namun perlu di jawab menyesuaikan daerah dan kondisi kebiasaan di wilayah Anda. Umumnya berapa ukuran berapa? Namun yang jelas untuk menjawab pertanyan sederhana ini beda ukuran juga beda harga. Karena memang ada unsur bisnis dalam membangun besar kecilnya ruang kost-kostan. Jika Anda sudah berada di kawasan yang betul-betul bernilai bisnis, tentunya semua akan diperhitungkan dengan matang. Karena biasanya memang harga kamar kost menyesuaikan kebutuhan pasar, harga mengikuti harga pasaran di daerah itu. Sehingga untuk menentukan berapa ukuran yang ideal tak ada standart yang pasti, standart yang menentukan adalah pangsa pasar Anda. Semakin banyak yang membutuhkan kamar kost untuk kawasan tertentu, tentunya harga perkamarnya akan melonjak seiring dengan banyaknya peminat kamar kost milik Anda. Jika di Batam hari ini, perkamar harga perbulan dibanderol Rp.800.000, mungkin kost di daerah Gresik yang sama-sama dekat pabrik untuk lokasi kost, masih dihargai Rp500.000 sebulan. Faktor yang mempengaruhi murah mahalnya harga kamar kost juga tergantung UMR di daerah itu. Semakin upah UMR tinggi tentunya harga kost di sekitaran pabrik juga semakin mahal. Jadi ini adalah salah satu hal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk membangun kamar kost ukuran berapa kali berapa meter untuk luas kamar kostnya.

Untuk ukuran yang paling sederhana kamar kost adalah 2 kali 3 meter, atau 3 kali 3 meter. Ini adalah ukuran kamar yang paling sederhana untuk kamar kost minimalis. Jika Anda membangun dengan kelas VIP, bisa juga lebih dari 4 x 4 meter per kamar, ini adalah kamar tidur untuk kost yang boleh dibilang cukup istimewa, karena memang termasuk ukurannya cukup jumbo dari kebanyakan ukuran luas kamar kost yang ada. Ukuran tersebut sudah cukup besar dan terbilang lumayan itu. Namun mungkin juga akan beda lagi jika Anda memabngun kamar ukuran 4×4 meter tetapi memang di gunakan untuk sekamar lebih satu orang, semisal sekamar 2 atau 3 orang penghuni, tentu ini juga akan beda cerita lagi. Pastinya untuk ukuran yang paling ideal kamar kost sederhana minimalis adalah 2×3 meter atau 3×3 meter.