Tips dan Triks Dalam Memilih Asuransi Rumah

Sponsored Links

Asuransi Rumah dan Bangunan

Mengasuransikan rumah dan properti? Mungkin sesuatu yang belum familiar bagi Anda akan terasa aneh, rumah kok di asuransikan? Mau bayarkah perusahaan asuransi jika terjadi sesuatu pada rumah dan bangunan kita? Jangan-jangan perusahaan asuransi cuman mau preminya doang, tapi misalkan ada apa-apa dengan rumah kita klaimnya susah dan ruwet?

Tentu, hari ini jika kita ngomong soal mengasuransikan rumah, properti dan bangunan kita akan di berondong seribu satu pertanyaan “ada perusahaan yang bisa di percayakah untuk urusan asuransi rumah?” karena urusan asuransi rumah merupakan sesuatu yang belum umum serta awam di negara kita, sehingga ketika kita hendak memilh sebuah asuransi perumahan harus ekstra waspada dan hati-hati. Karena ini sebuah komoditi jasa yang belum begitu banyak informasi yang tepat ketika memilihnya.

Jika kita bicara asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan serta asuransi kematian mungkin sudah mulai tumbuh dan berkembang di negara kita, dan orang sudah mulai percaya soal asuransi jiwa tersebut. Namun untuk asuransi perumahan belum begitu umum dan familiar di kalangan orang awam.

Sebelum kita berbicara jauh tentang asuransi perumahan serta bangunan, sebenarnya apa sih kegunaan mengasuransikan rumah?

Mengasuransikan rumah sama dengan mengalihkan resiko, maksudnya mengalihkan resiko-resiko yang di alami oleh sebuah bangunan atau rumah seperti kebakaran, kerusakan karena banjir, kerusakan karena huru-hara, cuaca yang ekstrim, tanah longsor dan sebagainya.

Jadi ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada bangunan kita, kita tidak menangung kerugiannya namun perusahaan asuransilah yang menanggungnya, alias mengalihkan sebuah resiko.

Namun tidak semua perusahaan asuransi mau menanggung semua kerugian-kerugian yang diakibatkan oleh resiko-resiko tersebut. Untuk itu, sebelum Anda memilih asuransi pastikan tahu tips serta trik sebelum Anda membubuhkan tanda tangan kontrak dengan sebuah perusahaan asuransi.

Walaupun secara konsep sederhana dengan kita mengasuransikan rumah berarti kita telah meminimalkan atau mengalihkan resiko tertentu kepada pihak lain, namun kalo kita tanya lebih dalam, mana ada sih sebuah perusahaan asuransi mau rugi????he..he…

So, dalam tulisan kali ini kita akan berbagi bagaimana tips dan trik memilih asuransi rumah yang baik serta bagus???

Tips dan Trik Memilih Perusahaan Asuransi Rumah dan Bangunan Yang Baik dan Bagus:

1. Asuransi itu sama dengan kontrak alias perjanjian tertulis, jadi pastikan Anda memahami betul-betul apa yang tertera dalam kontrak asuransi

Jika kita berfikir ketika kita sudah mengasuransikan rumah kita, kemudian jika ada apa-apa atau sesuatu yang tidak kita inginkan menimpa rumah kita berarti urusan beres 100 % di tanggung oleh perusahaan asuransi itu adalah salah besar.

Ingat! ketika kita mempercayakan keselamatan rumah milik kita kepada perusahaan asuransi, berarti kita setuju dan mentaati semua klausul-klausul yang tertulis di dalam sebuah kontrak tersebut.

Sebuah kontrak pasti ada sebuah kata-kata pengecualian-pengecualian, tentunya inilah yang perlu Anda cermati dan fahami.

Ada sebuah perusahaan asuransi rumah dan bangunan punya pengecualian, yang mereka tidak mau bayar. So, celah inilah yang harus Anda faham dan tahu ketika Anda membeli sebuah kontrak asuransi perumahan. Bisa jadi, karena Anda kurang teliti dan faham ketika menanda tangani sebuah kontrak asuransi bangunan milik Anda dan ada klausul seperti ini, ketika terjadi apa-apa Anda di tolak saat melakukan klaim.

Salah satu contoh klausul pengecualian, misalnya dalam salah satu kontrak perusahaan asuransi mereka tidak mau membayar kerugian jika bangunan Anda rusak karena teroris, rumah Anda rusak karena kejatuhan pesawat terbang yang lagi beroperasi, dan mungkin mereka juga tidak mau membayar kerusakan rumah Anda yang rusak akibat bencana alam masal, seperti tsunami, gunung meletus dan sebagainya.

Lho? Berarti jika kita sudah bayar dan perusahaan asuransi tidak mau bayar sama saja bohong dong?!

Ya, tentu sama juga bohong, untuk itu ketika Anda mau mengasuransikan rumah, asuransi properti dan bangunan Anda pastikan Anda betul-betul tahu dengan apa yang Anda mau tanda tangani dalam sebuah kontrak asuransi perumahan. Pastikan celah-celah tersebut tidak merugikan Anda di kemudian hari. Pastikan kontrak yang akan Anda tanda tangani betul-betul sebagai juru selamat atas sebuah kerugian rumah atau bangunan yang Anda miliki. Jika, tidak lupakan saja soal asuransi rumah dan bangunan, pilih perusahaan yang mau betul-betul bertanggung jawab atas semua kerugian yang Anda derita ketika terjadi sesuatu.

2. Pastikan pihak rekanan (pihak ketiga) asuransi yang Anda pilih betul-betul bonafit, bukan abal-abal

Perlu Anda ketahui, bahwa perusahaan asuransi biasanya dalam beroperasi menggunakan pihak ketiga sebagai penjamin di dalam menjalankan usahanya dalam bidang perasuransian, khususnya asuransi perumahan. Istilah ini di dalam dunia asuransi biasa di sebut perusahaan reinsurance atau lebih mudahnya asuransinya perusahaan asuransi.

Perusahaan reinsurance inilah yang sebenarnya bertanggungjawab langsung terhadap klaim-klaim yang di bebankan kepada asuransi dari tangan pertama. So, perusahaan asuransi biasanya di dalam membebankan kepada pihak reinsurance tidak hanya satu penjamin, biasanya antara dua atau tiga perusahaan reinsurance.

Jika perusahaan yang Anda pilih bonafit biasanya di dalam memilih pihak ketiga yang membackup asuransi Anda juga bonafit. Namun jika perusahaan yang Anda pilih kurang bonafit biasanya memilih perusahaan reinsurance yang abal-abal alias kurang bagus di dalam melayani klaim-klaim yang di bebankan dari pihak pertama, sebagai penjamin asuransi Anda.

So, di sinilah yang perlu Anda jeli ketika mau membeli sebuah asuransi khusunya untuk perumahan. Jika perusahaan reinsurance yang di pilih kurang rekomended, biasanya kesulitan ada di Anda ketika melakukan proses klaim. Ujung-ujungnya korban terakhirnya adalah Anda. Ok, sebelum Anda memilih asuransi untuk rumah, asuransi properti dan asuransi bangunan kesayangan Anda, pastikan Anda mendapatkan informasi yang cukup dan berimbang tentang pihak reinsurance ini. Jika, salah memilih, korbannya adalah Anda sebagai pihak yang seharusnya mendapatkan hak-haknya.

Berapa premi asuransi rumah

3. Asuransi rumah manapun pasti punya pengecualian-pengecualian dalam kontrak, pastikan Anda tahu dan faham dan tahu tentang pengecualian-pengecualian dalam kontrak tersebut.

Seperti di paparkan pada point yang pertama, bahwa perusahaaan asuransi manapun ketika melakukan sebuah akad kontrak selalu menyertakan klausul-klausul atau pasal-pasal soal pengecualian. Tidak ada perusahaan asuransi yang sempurna di dunia ini, so pastikan bahwa klausul-klausul tersebut masih bisa diterima dengan akal, seperti force major atau bencana alam secara serentak dan menyeluruh.

Jika pengecualian-pengeculian model ini masih bisa diterima dengan akal, namun jika pasal-pasalnya membuat pengeculian yang sifatnya lari dari tanggung jawab, serta persyaratan-persyaratan tersebut di rasa merugikan Anda, tentu sudah selayaknya Anda menolak pengecualian-pengecualian tersebut. Atau beralih ke perusahaan asuransi perumahan yang lain yang lebih bagus dan baik.

4. Ada membeli ada menerima, ada bayar premi ada menerima hak klaim.

Hukum jual beli di dalam perusahaan asuransi tetap berlaku dalam sebuah bisnis asuransi. Ada membeli ada menerima, ada beli premi ada hak pula untuk menerima klaim atas musibah-musibah atau kerugian yang menimpa kita, khususnya yang menimpa rumah atau bangunan yang Anda asuransikan.

Wajar dong jika kita menginginkan sebuah jaminan yang mahal dengan kewajiban membayar premi yang mahal pula.

Biasanya sebuah perusahaan di dalam memberikan perlindungannya memiliki strata-strata, atau tingkatan-tingkatan tertentu.

Pelayanan kelas wahid wajar dong dengan pembayaran premi asuransi rumah kelas wahid pula.

So, pastikan Anda membayar sesuai yang Anda butuhkan dan perlukan. Alias dengan membayar premi yang dengan kelas standar untuk pelayanan yang standar, bukan bayarnya kelewat mahal namun mendapatkan pelayanan kelas “kurang ajar” he..he..

Singkat cerita asuransi rumah yang bagus  tentu dengan harga premi yang bagus pula, atau mahal.

Itulah ulasan dari kami bagaimana tips dan trik yang tepat dan jitu ketika hendak membeli sebuah asuransi perumahan yang bagus dan baik.

Selamat bereksplorasi dengan asuransi perumahan dan bangunan yang terbaik untuk Anda.