Tips Cari Rumah Sesuai Dengan Kantong Anda

Sponsored Links

Tips Mencari Rumah

Anda ingin mencari rumah yang paling sesuai dengan kemampuan Anda? Ya, memang ide ideal membeli rumah dengan harga yang sesuai dengan kantong kita. Jangan pernah mencari rumah yang tidak sesuai dengan duit yang kita punya, Anda tahu sendirikan, kenapa? Untuk itu ketika Anda menginginkan untuk mencari rumah, haruslah dipersiapkan dan diperhitungkan dengan matang. Tidak bisa lho mencari rumah dengan cara tergesa-gesa, harus sabar, telaten dan menyesuaikan dengan keadaan. Maksudnya menyesuaikan keadaan, cocok tidak lingkungan yang akan Anda huni bersama keluarga. So, membeli rumah bukan saja membeli sebuah bangunan yang nyaman, aman serta ideal buat keluarga Anda, namun membeli rumah secara tak langsung juga membeli lingkungan disekitar Anda. Jika masyarakat disekitar rumah Anda kurang kondusif, semisal banyak yang berprofesi sebagai pencopet, maling dan sebagainya tentunya akan kurang bagus terhadap pendidikan anak-anak Anda. Selain itu ada juga rasa kurang nyaman karena disekitar Anda banyak orang yang kurang bener, mau tak mau akan menggangu ketentraman kehidupan Anda.

Ketika Anda cari rumah, tentu tidaklah sama dengan mencari produk yang lain seperti mobil, atau barang elektronik. Jika Anda membeli barang elektronik tentu dengan beriringnya waktu barang Anda tersebut makin lama akan semakin murah. Tetapi sebaliknya jika Anda membeli rumah, dengan beriringnya waktu harga tanah yang Anda punya bukan semakin murah tetapi akan semakin mahal. Ya, tentu Anda pahamkan hukum alam, semakin tahun kebutuhan akan rumah juga semakin meningkat seiring demografi serta tingginya angka kelahiran di negeri kita. Mau tak mau komoditi tanah dan properti akan menjadi harta yang semakin mahal.

Banyak developer perumahan yang memberikan penawaran produk perumahan mulai dari lokasi tanah, desain, dan cara pemebayaran yang memudahkan calon pembeli perumahan. Sehingga mau tak mau cari rumah sangat simpel serta mudah sebaagi media investasi jangka panjang. Ya, dengan cara ini calon pembeli bisa menimbang-nimbang apakah perumahan yang ditawarkan sesuai dengan kondisi keadaan keuangan yang kita punya.

Cari rumah ideal merupakan salah satu impian setiap keluarga ketika sudah mempunyai kekampuan untuk membeli rumah sesuai dengan harga kantong. Dengan menempati rumah tersebut, secara tak langsung kita akan memulai kehidupan yang penuh dengan warna. Mau suka, mau duka, mau mendidik anak-anak tercinta, semua berangkat dari rumah yang nyaman. So, cari rumah yang ideal memang sebuah pekerjaan yang membutuhkan waktu khusus untuk menjadikan rumah yang aakn Anda rencanakan sesuai dengan mimpi terindah Anda.

Cari rumah minimalis
Cari rumah minimalis

Tips Mencari Rumah

Ketika Anda sedang mencari rumah, berarti secara tak langsung membeli paket lingkungan dan sekitarnya.So, ketika Anda hendak membeli rumah memang harus tahu beberapa hal yang menjadikan keputusan Anda tak salah. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika hendak mencari rumah idaman milik Anda.

  1. Harga

Price, harga adalah point utama ketika Anda sedang mencari perumahan yang cocok untuk Anda huni. Jadi ketika Anda tahu harga sudah sesuai dengan kantong milik Anda, berarti tinggal memutuskan untuk membeli rumah tersebut. Rumah bagus tidak selalu identik dengan harga mahal, bisa juga karena Anda pandai bernegoisasi dengan developer perumahan, Anda diberi harga spesial yang jatuhnya harga lebih murah.

  1. Lokasi Perumahan

Seperti dijelaskan pada tulisan sebelumnya, bahwa ketika Anda berusaha untuk mencari rumah yang ideal, tentunya tidak semata-mata membeli rumah tersebut, tetapi juga membeli lingkungan sekitar perumahan tersebut. So, pilihlah lokasi yang sesuai dengan kiriteria Anda, namun jika tidak sesuai setidaknya minimal point-point rumah idaman yang Anda inginkan masuk kedalam daftar pencarian rumah tersebut.

  1. Fasum (Fasilitas Umum)

Fasilitas umum untuk perumahan ini cukup penting, mengingat vitalnya fasilitas-fasilitas penunjang di daerah tersebut. Fasilitas umum ini bisa berupa masjid atau mushola, jika Anda suka berolah raga, berarti ada sebidang tanah yang bisa digunkan untuk olah raga ringan seperti lapangan bola voly, lapangan berupa taman bermain yang dipergunakan untuk umum. Jika ada fasilitas-fasilitas penunjang yang bagus seperti ini, setidaknya akan memperbaiki kualitas kehidupan Anda.

  1. Perijinan

Cari rumah memang pekerjaan tersendiri, namun mengurus perijinan dengan rumah tersebut merupakan PR tersendiri juga yang harus dipenuhi ketika membeli rumah disuatu komplek perumahan. Idealnya memang rumah yang akan Anda beli dilengkapi dengan surat-surat yang berkaitan dengan perumahan tersebut seperti IMB (Ijin Mendirikan Banguanan), Sertifikat serta legalitas lainnya yang mendukung dari perumahan milik Anda tersebut. Jika ini oke, berarti Anda bisa meneruskan keputusan untuk membeli perumahan tersebut.

  1. Model Desain Rumah

Ide yang terakhir yang tak kalah penting ketika Anda cari rumah adalah desain yang bagus serta menawan. Ini adalah alasan yang mau tak mau menjadikan sedikit bergengsi ketika Anda membeli perumahan tersebut. Jika desainnya bagus tentu adalah semacam kepuasan tersendiri didalam menghuni perumahan tersebut. Jadi pastikan Anda menyukai model desain yang ditawarkan oleh developer tersebut. Atau jika Anda suka rumah dengan model terbaru, pastikan developer mempunyai desain Andalan yang menjadikan model rumah milik Anda bukan desain yang sudah tidak trend lagi.