Tips Bisnis Properti Tanpa Modal

Sponsored Links

Tips Bisnis Properti Tanpa ModalMemulai bisnis properti tanpa modal niscaya sesuatu bisnis yang tidak mungkin, namun jika Anda tahu tips serta triknya merupakan sesuatu yang sangat mungkin untuk dilakukan. Ide dari bisnis properti  tanpa modal adalah kekuatan sebuah kreatifitas untuk menjadikan komoditi informasi menjadi uang. Informasi yang berharga dikonversikan untuk menjadi uang, tentunya bukan sembarang konversi tiba-tiba informasi berubah menjadi uang, namun kita akan mengekploitasi sebuah informasi yang berguna bagi mereka yang membutuhkan informasi tersebut. Kunci dari bisnis properti tanpa modal ini adalah memediasi antara orang yang mempunyai informasi berharga tersebut kepada orang yang membuthkan informasi berharga tersebut. Konsep sederhana ini jika kita lihai serta sudah terampil sangat potensial untuk mendatangkan uang, alias kita terjun ke dunia bisnis jual beli properti namun hanya menjadi mediator antara penjual dan pembeli. Sesuatu yang sederhana untuk diteorikan namun perlu kesabaran khusus serta keuletan untuk menjadikan informasi berharga tersebut manjadi sebuah uang alias komisi.

Permainan dari bisnis properti adalah informasi. Dari informasi inilah kita memproses atau menawarkan kepada orang yang sedang membutuhkan dari keberadaan informasi tersebut. Sebagai gambaran sederhana untuk memperjelas trik ini sebagai misal tuan Abdullah mempunyai sebidang tanah seluas 100 meter persegi menginginkan tanah yang sudah bersertifikat tersebut untuk dijual. Tuan Ali karena tidak ikut memiliki tanah tersebut dan berprofesi sebagai agen properti melakukan sebuah kesepakatan untuk menjualkan tanah tersebut jika permeternya akan diberi komisi sebesar  50 Ribu Rupiah. Dengan kelihaian serta skill dan relasi yang dimilik,  tuan Ali mempertemukan dengan calon pembeli potensial yaitu tuan Takur. Dengan berbagai proses negoisasi yang agak alot akhirnya tuan Takur deals untuk membeli sebidang tanah tersebut. Disinilah letak seninya berbisnis properti tanpa menggunakan modal, sesuai dengan kesepakatan tuan Ali dengan Tuan Abdullah jika berhasil menjualkan akan diberi komisi 50 ribu rupiah per meternya, sehingga komisi yang berhak diterima tuan Ali yaitu sebesar 50 ribu dikalikan luas tanah 100 meter persegi senilai 5 juta rupiah. Sebuah angka yang lumayan besar mengingat trik yang dipakai Tuan Ali yaitu hanya sebagai mediator atau perantara jual beli tanah. Pastinya tanpa modal yang sampai jutaan untuk memasarkan tanah milik bapak Abdullah tersebut. Dari cerita tersebut dapat kita ambil sebuah kesimpulan bahwa untuk memulai bisnis properti tanpa harus menggunakan modal, namun hanya mampu mengolah sebuah informasi yang biasa-biasa saja dikonversikan kedalam bentuk uang. Trend model bisnis seperti ini disebut sebagai agen properti atau bahasa yang sering kita dengar adalah makelar tanah, bisnis tanah, calo tanah, broker properti atau bahasa pasaran lainnya. Intinya kita hanya bekerja sebagai mediator antara penjual dan pembeli.

Sedangkan untuk sebuah kesepakatan komisi tentunya sesuai dengan aturan jual beli yang berlaku, yaitu sebesar 2%-3%. Tergantung dari nominal yang ditransaksikan. Jika transaksi jual beli kurang dari satu milyar komisinya sebesar  3%, untuk transaksi dengan nominal diatas satu milyar – 3 milyar komisi yang diterima sebesar 2,5% dan untuk transaksi diatas 3 milyar komisinya sebesar 2% dari angka transaksi. Sebuah profesi yang sangat menjanjikan untuk mendulang uang dengan triks tanpa modal. Plus minus dari profesi bisnis properti tanpa modal ini adalah letak seni didalam negoisasi serta keuletan didalam menawarkan daftar listing dagangan kita. Tentunya dengan sedikit bumbu kesabaran serta keuletan untuk mengkonversikan infomasi pemilik properti delam bentuk komisi keuntungan, alias uang.

kontrak perjanjian jual beli tanah

Itulah tips serta trik sederhana untuk memulai bisnis properti tanpa modal sebuah trik serta ilmu yang saat ini banyak dicari orang. Idealnya untuk jual beli properti memang harus membutuhkan modal uang, namun jika Anda berprofesi sebagai agen properti pastinya bukan melulu uang sebagai modal utamanya. Kepercayaan diri serta kemampuan interpersonal juga sebagai faktor penentu sebuah keberhasilan ketika kita terjun kedalam dunia bisnis properti. Bisnis properti ini tidak berdiri sendiri ketika kita terjun kedalamya, tentunya ada pengetahuan-pengetahuan lain yang harus kita kuasai untuk memperlancar proses deals or no deals jual beli properti ini. Contoh sederhana pengetahuan yang harus kita miliki minimal kita tahu bentuk jenis-jenis surat tanah yang berlaku di Indonesia, mulai dari SHM, SHG, akta jual beli tanah, bentuk surat tanah Letter C, Petok D dan legalitas-legalitas lainnya. Termasuk juga kita harus jeli dan teliti kita dihadapkan sebuah komoditi properti yang sedang masuk sengketa atau lagi dijaminkan pihak lain. Jadi hal-hal sederhana soal legalitas yang harus Anda tahu ketika hendak terjun kedunia bisnis properti. Aksesoris pengetahuannya cukup banyak, bukan melulu kita jual terus kita beli layaknya jual beli mobil atau kendaraan bermotor lainnya, namun penuh dengan sentuhan-sentuhan soal legalitas properti itu sendiri. Jadi bukan hal sederhana untuk masuk kedalam bisnis properti, tapi perlu diasah dan diasah untuk menjadikan kita lebih terampil ketika masuk kedalam bisnis ini.

Satu lagi yang perlu dijadikan sebuah catatan ketika hendak masuk kedalam bisnis properti ini adalah kuasai aspek perjanjian baik kepada calon penjual atau pembeli. Usahakan semua keputusan negoisasi dituangkan kedalam hitam diatas putih, bukan dalam bentuk omongan. Soalnya urusannya dengan legalitas serta perjanjian. Perlu ikatan hitam diatas putih alias semua kesepakatan-kesepakatan hendaknya ditulis didalam hitam dan putih. Sehingga ketika dari salah satu pihak yang mengikatkan diri didalam perjanjian tersebut sama-sama punya kewajiban untuk melakukan hak serta kewajibannya. Bukan tidak mungkin kita sudah bekerja keras untuk menjualkan properti milik penjual tersebut, namun mereka ingkar untuk membayar komisi yang telah disepakati. Jadi untuk menjadikan sesuatu yang berkekuatan hukum tentunya hitam diatas putih ini yang sangat penting.

So, itulah sedikit gambaran sederhana ketika kita hendak masuk kedalam bisnis properti tanpa modal. Sederhana secara teori namun penuh dengan lika-liku ketika kita mengaplikasikannya kedalam dunia bisnis nyata. Pastinya kata jangan mudah menyerah merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk berkecimpung didalm bisnis ini. Kata jatuh bangun mungkin akan menjadi aksesoris didalam menggeluti bisnis yang masih empuk dan legit didalam komisinya. Tetapi jika Anda survive didalam bisnis properti tanpa modal ini, mau tidak mau akan mengantarkan Anda kedalam Jutawan properti. Semoga tulisan kecil ini memberikan sedikit gambaran jika Anda ingin masuk kedalam dunia bisnis properti tanpa modal, semoga sukses untuk Anda!