Tips Bisnis Properti Pemula

Sponsored Links

Bisnis Properti Pemula

Bisnis properti untuk seorang pemula bisa sangat sulit jika Anda tak tahu betul dasar ilmunya. Bisnis properti tanpa modal adalah bisnis yang kelihatan mudah tetapi akan cukup rumit ketika dijalankan. Bisnis properti adalah bisnis yang cukup enak jika dilihatdari luar. Cukup menjanjikan jika dilihat dari peluang dan prospek bisnisnya. So, tentunya untuk Anda yang seorang pemula jika ingin terjun kedalam seluk beluk dunia bisnis propertipastinya wajib dibekali ilmu dulu, stidaknya teori basic tentang seluk beluk jual beli properti, dasar hukum properti, legalitas dan sebagainya. Semua ilmu dasar ini diperlukan bagi seorang pemula untuk mengawali berbisnis yang katanya bisa dijalankan tanpa modal tersebut.

Bisnis properti untuk seorang pemula jalan yang paling mudah dan simpel adalah dengan menjadi agen properti, mediator properti atau makelar properti. Bisnis ini cukup menjadi mediator atau perantara dalam jual beli properti bisnis. Jadi Anda tak perlu mempunyai tanah atau sawah atau bangunan yang hendak Anda jual. Ini bisnis bung, semua pekerjaan dari hulu ke hilir bisa menghasilkan uang. Semisal ada sebuah developer perumahan ingin mendirikan komplek kavlingan di daerah Anda. Dan Anda bukan orang yang mempunyai tanah tersebut, tetapi Anda mempunyai sahabat, jaringan, kolega yang cukup banyak, sehingga ketika Anda menawarkan perumahan tersebut Anda cukup meyakinkan dan mempunyai kepercayaan diri didalam menawarkannya, tentu ini adalah sebuah kelebihan Anda dalam menjualkan properti milik orang lain. Dengan cerita ini, Anda sudah bisa jual beli properti tanpa harus memiliki properti atau bangunan yang hendak Anda jual tersebut. Cukup mudah simpel sederhana bukan? Ya, ini adalah ide yang paling sederhana dan cukup jitu ketika Anda ingin memulai bisnis properti tanpa modal ini.

Bisnis properti Pemula Tips

Cara Memulai Bisnis Properti Pemula

Bisnis properti bagi seorang pemula adalah cukup mudah memulianya, Anda tinggal belajar mencari listing untuk jual beli properti tersebut. Apa sih listing? Listing adalah daftar nama-nama atau daftar orang yang hendak mencari properti. Ide sederhananya seperti ini, Anda mencari orang yang hendak menjualkan properti dan Anda mencari orang yang mau membeli properti tersebut. Ini namanya mediator bung, ini namanya makelar bos, ini bisa juga disebut calo, jika dalam bahasa yang paling umum, dan sedikit agak kasar. Namun yang jelas inti dari seorang bisnisman properti untuk pemual adalah menjualkan properti milik teman, relasi, kolega Anda kepada kenalan atau calon prosepek Anda. Lalu berapa bayarannya? Bayarannya adalah komisi dari berapa angka yang Anda transaksikan. Jika transaksinya dibawah 100 juta rupiah, Anda berhak mendapatkan 2,5 %. Ini sudah umum tanpa harus mark up- mark up harga tanah tersebut. Jika sistem mark up tersebut adalah kurang sopan, menyalahi hukum jual beli properti, khususnya sebagai perantara. Ini mungin tertlalu ekstrim, namun sebelum jauh Anda melangkah kedalam dunia bisnis properti, Ada baiknya Anda mengerti tata cara, aturan bisnis properti yang bersih dan profesional. Bisnis ya bisnis tetapi Anda juga wajib tahu tentang etika bisnis yang bermartabat. Bukan asal maen ngawur dan menggunakan cara-cara kanibalisme yang merugikan pemilik tanah dan pembeli. Kadang imaj seorang mediator kurang begitu bagus karena masih banyak oknum-oknum dilapangan yang berlaku curang dalam jual beli properti. Banyak makelar yang nakal, banyak calo-calo yang kurang ajar, tentunya ini kurang bagus dalam jangka panjang untuk Anda yang sedang berbisnis properti, khususnya yang tanpa modal.

Bisnis properti pemula sebetulnya cukup simpel dan mudah, cukup Anda listing daftar properti, kemudian tawarkan kepada orang atau calon pembeli potensial properti tersebut. Jadi Anda hanya berperan menjadi mempertemukan antara calon penjual dan calon pembeli. Jika deals, disitulan rezeki Anda. Anda berhakk mendapatkan komisi sebagai mediator jual beli properti. Cukup sederhana dan mudah bukan?