Tips Aman Untuk Membeli Tanah Kavling

Sponsored Links

Tips Aman Untuk Membeli Tanah Kavling

Anda ingin  membeli tanah kavling dengan aman? Yach, membeli tanah kavling memang bukan sederhana. Tidak sederhananya karena selalu berhubungan dengan legalitas tanah. Jika tidak berhubungan dengan legalitaspun membeli tanah kavling juga berkaitan dengan faktor-faktor lain yang berkaitan dengan tanah seperti letak tanah strategis. Jikapun Anda membeli tanah kavling hanya untuk investasi, apakah menguntungkan apa tidak?

Jual Tanah Kavling (Illustrasi)
Jual Tanah Kavling (Illustrasi)

Membeli tanah dengan model kavling sebetulnya sangat menguntungkan, karena biasanya developer yang menjual tanah yang dikavlingkan sudah ditata sedemikian rupa sehingga sangat rapi dari penataan tanah. Developer biasanya membuat site plan dengan begitu bagus untuk mengkondisikan tanah yang Anda beli dengan sistem kavling. Jadi banyak nilai plusnya ketika Anda memutuskan untuk membeli tanah kavling. Namun sebelum melangkah jauh untuk membeli kavling, simaklah baik-baik tips berikut ini.

  1. Pastikan legalitas tanah kavling yang hendak Anda beli berstatus jelas
    Ketika Anda hendak membeli tanah kavling, cek dengan jelas status legalitas tanah yang di tawarkan untuk Anda. Entah itu masih letter C, sertifikat, atau legalitas tanah lainnya semua harus berstatus dengan jelas, bukan abal-abal. Kadang sebagian ada yang terlena, dengan melihat status tanah kavlingnya yang menggiurkan namun lupa bahwa status tanah yang akan dibeli memiliki status yang kurang jelas. Inti dari membeli tanah adalah kejelasan status tanahnya di depan hukum, jadi pastikan Anda tidak mengabaikan point penting nomor satu ini.
  2. Periksa batas tanah kavling dengan jelas
    Untuk catatan berikutnya setelah Anda mengecek status tanah dengan jelas, pastikan batas-batas tanah yang hendak Anda beli di patok dengan jelas. Yach, point kedua ini juga cukup penting ketika Anda berhadapan dengan berhubungan dengan legalitas tanah. Jika batas-batas tanah berdiri dengan jelas, maka dapat dipastikan Anda akan terhindar masalah-masalah yang sepele di kemudian hari, semisal bermasalah dengan tetangga pas di kanan kiri Anda karena batas lahan kavling yang kurang tepat atau kurang jelas.
  3. Cek informasi asal usul tanah kavling tersebut
    Point yang tidak kalah penting  ketika Anda membeli tanah kavling adalah dengan mencari informasi yang cukup soal asal usul tanah tersebut. Baik dari sisi riwayat tanah dari legalitas hukum atau riwaayat tanah dari penggunaan tanah tersebut sebelum dijual menjadi kavling-kavling. Hindari membeli tanah kavling bekas rawa-rawa yang mudah amblas, bekas kuburan atau bekas tanah pembuangan sampah. Point ini cukup penting, mengingat tanah yang akan Anda beli memiliki riwayat yang bagus atau tidak ketika Anda hendak membangun tanah tersebut menjadi rumah Anda.
  4. Site Plann yang jelas dan ideal untuk rencana kavling tersebut
    Ketika Anda berfikir sesaat tentang membeli tanah kavlingan, apa sih yang terbesit di benak kepala Anda? Tentunya akan terlintas sebuah lahan yang tertata dengan rapi plus master plann yang cukup ideal untuk tempat tinggal. Jadi pastikan master plann perencanaan tanah yang hendak dijual ke Anda cukup ideal jika dibangun menjadi bangunan untuk rumah atau perumahan.
  5. Pelajari prospek kedepan kavling tersebut
    Membeli tanah dalam bentuk kavling memang cukup ideal untuk investasi, untuk tempat tinggal dan seterusnya. Jadi ketika Anda menginginkan untuk membeli tanah untuk kavlingan pastikan mempelajari dengan seksama dan bagus untuk prospek masa depan. Orang membeli tanah kavling memang bermacam-macam motif untuk membelinya. Ada yang untuk investasi, untuk ditinggali jadi pastikan tanah kavling yang hendak Anda beli memiliki prospek yang ideal untuk Anda.
  6. Aman atau tidak aman jika tanah kavling tersebut di tinggali (bukan di bawah sutet, dekat rell KA, jalur pipa gas)
    Satu lagi sebagai catatan terakhir untuk membeli tanah kavling yang ideal adalah memastikan tanah yang akan Anda beli jauh dari bahaya yang potensial menggangu kenyamanan saat ditinggali. Semisal kavling tersebut dekat dengan jalur listrik sutet (saluran udara tegangan ekstra tinggi) tentu akan berbahaya bagi rumah Anda. Ataupun  tanah yang akan dibeli dekat rel kereta api, dekat dengan pipa gas. Semua tanah-tanah dekat dengan model-model tersebut adalah potensial memberikan bahaya kepada yang menempati disekitar tersebut.