Strategi Banting Harga Molto Pewangi 900 ML Unilever

Sponsored Links

Molto Pewangi 900 ML Milik Unilever turun harga? Ya, mungkin itulah yang terjadi dilapangan, penulis menjumpai bahwa salah satu produk andalan Unilever turun harga, produk yang dibanting harganya adalah Molto Pewangi 900 ML. Produk pewangi ini mempunyai dua varian yang ada dipasaran yaitu warna pink dan warna blue. Produk ini turun harga sebesar Rp.900 dari harga Rp.9050 per pcs menjadi Rp.8150. Strategi banting harga yang cukup fantastis untuk produk Molto keluaran Unilever. Jarang-jarang lho Unilever menurunkan harga hingga 10%, dari salah satu produk andalannya. Ada apa dengan produk Unilever Molto Pewangi 900ML ini? Sebuah tanda tanya besar dari penulis tentang pengamatan di pasaran, strategi penurunan harga dari salah satu produk andalan perusahaan produsen consumer good terbesar di Indonesia bahkan dunia ini.

Molto Pewangi
Molto Pewangi

Penulis mendapatkan temuan penurunan harga ini sekitar pertengan bulan maret 2015. Menurut hemat penulis, ini adalah salah satu racikan baru strategi tim marketing Unilever untuk merebut kembali pangsa pasar di bidang laundry. Ya, mungkin hanya sebagai informasi tambahan untuk mempertajam analisa, bahwa tahun kemarin 2014 memang Unilever mendelisted produk yang cukup diterima pasar Molto Pewangi dengan kemasan 450 ML. Produk ini memang cukup sukses menguasai produk molto dengan disegment harga murah. Dengan harga jual dari distributor Rp.4500 sudah sangat merajai produk pelembut dan pewangi pakaian. Anda tahu sendirikan, racikan startegi Unilever didalam merajai pangsa pasar pewangi memang cukup jitu dan ampuh. Buktinya produk Molto Pewangi ini sangat diminati konsumen dipasaran. Sudah beberapa tahun produk Molto Pewangi dengan kemasan 450 ML ini menguasai pasar. So, dengan melihat celah pasar yang empuk di bidang produk pewangi pakaian, mau tak mau Wings Groups sebagai pengikut Molto Pewangi 450 ML pula dengan harga di bawah Molto Pewangi milik Unilever. Wings Groups cukup tahu diri, hanya dengan menjadi pengikut pasar sudah cukup bagus didalam menikmati keuntungan produk yang serupa dengan Molto Pewangi 450 ML ini.

Hanya sebagai informasi tambahan, dengan adanya Unilever menghapus produk Molto Pewangi 450 ML, maka pertumbuhan produk pewangi 450 milik Wings cukup meroket penjualannya. Ya, hanya dengan menggatikan posisi Molto Pewangi 450 milik Unilever, Wings cukup menikmati kemenagan ini. Karena punya Unilever produknya di delete, maka yang paling diuntungkan disini adalah milik Wings, maka meroketlah penjualan Molto Pewangi dengan 450 ML ini. Banyak konsumen yang beralih produk milik Wings dengan memilih Molto Pewangi 450 ML. So, mantep bangetkan Wings merajai pasar pelembut.

Dengan cerita ini, Unilever merasa kecolongan ceruk pasarnya di ambil oleh Wings. So, hari ini menurut penulis Unilever sangat kebakaran jenggot, pangsa pasarnya di ambil alih oleh Wings Groups. “Lu kira enak!” Kata Wings, kira-kira begitulah kata Wings yang hari ini sangat menikmati empuknya menikmati keuntungan di produk molto pewangi di segment 450 ML. Sebetulnya penderitaan Unilever bukan hanya disini saja, salah satu pemain papan yaitu P&G, juga menggerogoti kejayaan produk Unilver dalam kategori pelembut pakaian dengan produk andalanya Downy. Ya, Unilever diserang sana sini ceruk pasarnya di kategori pelembut pakaian. Kelabakaan bukan Unilever? Ya, Unilever cukup kelabakan mengahdapi serangan kiri dan kanan Wings dan P&G. So, strategi yang paling ampuh dirasa oleh ahli-ahli marketing Unilever adalah dengan trik penurunan harga. Ini adalah jalan satu-satunya cara untuk merebut pasar Moltonya Unilever yang pernah jaya beberapa tahun terakhir. Ya, ini adalah semacam sejarah baru, bagi penulis bahwa strategi Unilever membanting harganya untuk mendapatkan tahta kembali di bidang penjulan pelembut pakaian. Apa yang akan terjadi? Bagaimana hasilnya? Mungkin kita lihat saja nanti? Ini adalah hanya analisa bodoh-bodohan bagi seorang blogger. Selanjutnya saya serahkan kembali kepada pemilik produk Wings, Unilever maupun P&G. Ok Thank You.

Disclaimer Tulisan:

Tulisan ini adalah hanya analisa semata, penulis tidak bertanggung jawab terhadap resiko dan seluruh kebenaran analisa ini. Ini hanyalah tulisan mean-maen mencoba menganalisa apa yang ada di pasaran tentang kedua produk tersebut, Molto Pewangi produk milik Unilever VS Downy milik P&G dan Wings.