Rumah Cantik Dengan Hiasan Vertikal Garden (Taman Vertikal)

Sponsored Links

Rumah Cantik Dengan Hiasan Vertikal Garden (Taman Vertikal)

Apa sih taman dengan tema Vertikal Garden? Vertikal Garden mungkin belum banyak perbendaharaan kata yang bisa dipadankan dengan langsung bahasa Indonesia atau Melayu. Vertkal Garden adalah ide konsep untuk taman yang di desain dengan tanaman menempel di dinding secara vertikal. Jadi misalnya Anda mempunya pagar rumah, Anda hiasa dengan berbagai taman di dinding tersebut boleh dikatakan dengan istilah vertical garden.

Sesuatu yang unik bukan? Ketika Anda memilik rumah dengan berhiasakan taman yang berjenis vertikal. Sebenarnya, konsep taman dengan ide vertikal ini sudah ada sejak dulu, namun popularitasnya cenderung meningkat mengingat vertikal garden sangat pas jika disandingkan dengan taman atau rumah yang bernuansa minimalis, alias rumah dengan gaya minimalis. Memang sih pasangan atau kawinan yang cukup ideal untuk rumah minimalis adalah dengan menanamkan kebun secara vertikal. Jadi selain untuk memberikan kesan unik serta eksotik, vertikal garden juga memiliki keunggulan efisiensi didalam penggunaan ruang dan tempat. Tidak seperti taman-taman yang bersifat horisontal di tanah, yang memerlukan luas tanah yang tidak sedikit untuk memberikan nuansa hijau untuk tampilan rumah itu sendiri.

contoh vertikal garden
Contoh Vertikal Garden

Vertikal garden  atau taman vertikal memang ide awalnya sangat trend di wilayah Eropa, tetapi seiring dengan berkembangnya waktu trend vertikal garden mau tidak mau akan merambah di Indonesia. Jika Anda untuk pemula berfikir bahwa vertikal garden harus menggunakan bahan tanaman import adalah 100 persen kurang benar. Karena vertikal garden sangat potensial jika dikembangkan dari tanaman-tanaman lokal yang di miliki di negeri tercinta kita. Jadi untuk membuat vertikal garden gak harus melulu menggunakan tanaman import, lokal pun bisa di modifikasi sedemikan rupa sehingga menjadi vertikal garden yang unik serta ciamik.

Jenis Tanaman Yang Bagus Untuk Vertical Garden

Untuk menjadikan vertical garden menjadi taman vertikal yang bagus serta indah, tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa memilih jenis tanaman yang bagus serta berkualitas adalah  inti dari desain taman yang indah. Lalu tanaman lokal apa saja sih yang terbaik untuk dijadikan taman vertikal secara elegan? Berikut ini kami berikan beberapa list tanaman yang bisa Anda jadikan pilihan untuk membuat taman vertikal tersebut.

  1. Lili Paris (Chlorophytum Comosum), tanaman ini cukup bagus jika Anda gunakan sebagai salah satu vertical garden Anda. Bentuk daunya yang bagus serta mempunyai kekuatan yang bagus ketika terkena sinar matahari secara langsung. Jikapun tanaman lili paris ini tidak terkena sinar matahari secara langsung juga cukup bagus didalam proses perkembanannya, tentunya sebuah tanaman yang proporsional jika di gunakan untuk vertikal garden.
  2. Tanaman Kuping Gajah (Anthurium Christalinum), tanaman kuping gajah yang masih bermarga dengan jenis Anthurium sangat pas jika jadikan pilihan untuk mengisi salah satu taman vertikal Anda. Tips untuk memilih jenis tanaman kuping gajah ini yaitu pilihlah yang daunnya kecil-kecil. Ini bermaksud untuk menjadikan taman vertikal Anda tidak berkesan cepat rindang, tetapi teduh alami dengan dedaunan minimalis.
  3. Sirih Merah
  4. Tanduk Rusa
  5. Kucai
  6. Jenis tanaman Chriptantus

Sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman vertikal garden yang cocok untuk Anda kembangkan menjadi salah satu tanaman yang bisa di gunakan untuk vertikal garden tersebut. Yang pasti untuk menjadikan vertikal garden Anda tidak terlalu rimbun gunakan tanaman-tanaman yang memiliki jenis pertumbuhan tidak terlalu cepat, sehingga taman vertikal yang Anda desain untuk rumah Anda tidak terlalu cepat berkesan rimbun.