Rumah Banglo, Jenis Rumah Kelas Atas Warga Malaysia

Sponsored Links

Rumah Banglo, Jenis Rumah Kelas Atas Warga Malaysia

Ketika Anda meyempatkan untuk jalan-jalan ke negeri Jiran, Malaysia tentu akan melihat banyak banget rumah berderet dengan desain mewah dan super anggun. Rumah siapakah itu? Rumah itu adalah biasa dimiliki oleh para-para pengusaha, warga kelas atas negeri tersebut, para datuk-datuk yang memiliki prestise yang ingin bergengsi hidupnya dengan membangun rumah ala banglo mewah di tempatnya. Jika dulu rakyat Malaysia cukup dengan menempati rumah traditional ala film cerita Ipin dan Upin, namun hari ini masyarakatnya sudah mulai bergerak berpindah perilaku konsumen dengan banyak membangun rumah modern.

Jika di lihat sepintas lalu perkembangan bisnis perpropertian di sana memang cukup menggeliat. Terbukti salah satu sektor inilah yang banyak menjadikan Warga Negara Indonesia (WNI) untuk masuk kerja secara ilegal ke negeri Jiran tersebut. Disadari atau tidak disadari pemerintah Malaysia sebetulnya cukup toleran menerima pekerja yang masuk ke Malaysia tanpa menggunakan dokumen yang resmi. Jadi di sektor inilah biasanya warga negara Indonesia banyak bekerja, karena di sektor ini pula yang biasanya mereka suka, karena perputaran duitnya cukup cepat.

Desain keren rumah Melayu
Desain keren rumah Melayu

Hal ini memang cukup diakui dan memang berjalan cukup lancar, karena Kerajaan Malaysia sendiri cukup bersahabat dengan para investor asing yang hendak melaburkan (Investasi) wangnya dalam sektor properti ini. Jadi mau tidak mau sektor bisnes properti di Malaysia selalu cukup tumbuh dengan bagus dan signifikan.

Bila Anda menyempatkan untuk berjalan-jalan ke negeri Jiran ini, tentu akan melihat rumah yang dulunya berkesan traditional, semisal rumah teres yang terbuat dari kayu atau rumah kongsi. Namun hari ini masyarakatnya sudah mulai terpengaruh dengan kapitalisasi modern, yaitu suka banget dengan model desain perumahan dengan gaya minimalis. Penulis sendiri sebagai orang yang sangat suka dengan keeksotikan desain rumah traditional, tentunya sangat menyayangkan bahwa budaya asli mereka, budaya Melayu mereka didalam mebangun rumah sudah mulai ditinggalkan. Jika dulu mereka mengangap rumah kayu sudah terbilang bagus dan eksotik namun hari ini mereka mempunyai pola fikir bahwa rumah batulah yang indah dan eksotik.

Sebagian masyarakat Melayu kini sudah mulai banyak berfikir macem mana nak buat rumah tembok ini. Mereka mulahi berlumba-lumba untuk membangun rumah agar berkesan moden dan terbaru minimalis, sehingga jenis rumah Banglolah yang menjadi impian masyarakat sekarang, terutama di tanah Melayu ini. Jadi rumah kayu seakan sudah mulai dilupakan oleh mereka. Padahal menurut penulis, rumah dari kayu untuk masyarakat Malaysia ini adalah rumah yang cukup eksotok serta menawan untuk dimiliki mengingat desain rumah ini cukup memberikan kesan traditional namun bukan murahan. So, semua saya kembalikan pada selera dan kesukaan tentang desain rumah. Mau desain rumah traditional maupun modern semua adalah hak masing-masing. Namun menurut penulis yang paling disayangkan adalah mulai punahnya rumah traditional yang menurut saya cukup bagus dan eksotik ini.