Prospek Investasi Tanah Kavling Di Sidoarjo dan Sekitarnya

Sponsored Links

Prospek Investasi Tanah Kavling Di Sidoarjo 

Surabaya sebagai denyut nadi bisnis Indonesia dan sebagai penyokong ekonomi bagian timur Indonesia memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan daerah sekitarnya. Salah satu perbatasan yang paling dekat dengan Surabaya adalah kota Sidoarjo, Pasuruan Bangil dan Mojokerto. Semua bisnis di sekitar Surabaya ikut merasakan perkembangannya termasuk sampai Madura dan sekitarnya. Yach, sebuah fenomena yang cukup memberikan iklim yang positif untuk bisnis hilir hingga mudik di sekitar wilayah ini. Belum lagi jika melihat perkembangan harga tanah dan properti di wilayah ini, tentu cenderung akan mengalami kenaikan signifikan hingga dua bahkan hingga 10 kali lipat. Mengapa? Tentunya, karena faktor tingginya demand yang tidak diimbangi dengan supply yang mencukupi. Hukum ekonomi sederhana soal penawaran dan permintaan, ketika sebuah permintaan cukup tinggi namun tidak diimbangi dengan penawaran yang cukup tentunya secara otomatis harga terus akan naik mengikuti jumlah permintaan tersebut. Logika sederhana untuk urusan permintaan tanah untuk harga tanah di wilayah Siodoarjo, makin tahun akan makin meningkat karena penduduk di wilayah ini semakin padat karena kaum urban dari kampung sekitar yang merantau ke wilayah ini. Dengan kondisi ini hampir bisa di pastikan permintaan kebutuhan untuk papan makin meningkat, sehingga memberikan efek naiknya harga-harga tanah di sekitar Sidoarjo ini. Suatu alasan yang cukup masuk akal bukan?

Tanah kavling dijual
Tanah kavling dijual (Illustrasi)

Fenomena kenaikan harga tanah yang terus meroket sebetulnya, bukan saja untuk wilayah Sidoarjo, namun daerah-daerah lain antara kiri dan kanan Surabaya juga akan terus mengalami kenaikan yang signifikan. Lihat saja Gresik, Pasuruan, Mojokerto dan bahkan akan terus merembet hingga mendekati Kertosono. Kenapa? Ada hal lain yang membuat daerah-daerah ini makin hidup, yaitu dengan di bangunnya Tol Gerbang Kerta Susila, Tol dengan area, Surabaya, Mojokerto, hingga Kertosono. Sebuah terobosan baru yang betul-betul ingin diwujudkan oleh pemerintah dalam rangka untuk kelancaran distribusi barang, maupun lalu lintas untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Sekitarnya.

Belum lagi, saat ini trend pengalihan pembangunan pabrik-pabrik berskala International dialihkan ke wilayah-wilayah luar Surabaya dan Sidoarjo, seperti pabrik asal Korea Chail Cedang yang ekspansi di daerah kabupaten Jombang. Pabrik pengolahan kayu yang dan MSG yang banyak bercokol di sekitar Pasuruan. Fenomena pembangunan dan perkembangan daerah yang cukup besar ini, memicu untuk naiknya harga tanah dan properti di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya.

Jadi kesimpulan sederhana, jika Anda berniat untuk investasi tanah kavling di sekitar Sidoarjo dan sekitarnya, tentu akan memiliki nilai jual yang akan terus naik untuk dua atau lima tahun kedepan. Dimanapun daerah sekitar Sidoarjo akan mengalami perkemabangan ekonomi yang cukup cepat, sehingga harga tanah dan properti hampir bisa dipastikan akan mengalami kenaikan yang cukup fantastis. Jika hari ini Anda membeli sebidang tanah di sekitar Sidoarjo yang boleh di bilang bukan daerah strategis, coba lihat lima tahun yang akan datang, tentu tanah Anda tersebut berubah menjadi daerah emas, yang memiliki nilai jual yang memiliki harga berlipat-lipat dari satu atau dua tahun sebelumnya. Jadi jika ingin investasi tanah, silahkan beli di daerah yang harganya cukup agak murah-murah walaupun agak terpelosok tidak masalah, namun lihatlah dengan bagus, tentu dua atau tiga tahun kedepan tempat tersebut akan lebih cepat naik harga tanahnya.