Plus Minus Membeli Gebyok Dari Penjual Gebyok Jati Bekas

Sponsored Links

Dimana Jual Gebyok Jati Bekas?

Apa sih istimewanya membeli gebyok dengan kualitas bekas? Tentunya jika Anda memang betul-betul orang yang berburu keindahan dan keeksotikan desain masa lalu, Anda akan dengan rajin dan tertantang untuk mencari gebyok dengan desain bekas, alias desain gebyok lawas. Ini adalah sebuah eksplorasi untuk mencari kembali kekayaan negeri yang sudah mulai punah, khususnya soal urusan desain ukir-ukiran dari kayu jati.

Saya pernah jalan-jalan di daerah Trowulan Mojokerto, ada seorang daerah kampung bekas kerajaan majapahit tersebut mempunyai pintu dan jendela Gebyok yang sudah terbilang cukup kuno dan usang. Sebut saja namanya Ibu Ummi, beliau memang mempunyai rumah kuno yang memiliki ukir-ukiran untuk dinding rumahnya full Gebyok. Menurut beliau, rumah yang sudah terbilang kuno tersebut memang tinggalan embah dia. Jadi ketika di menempati rumah tersebut memang seperti itu adanya, jadi mempunyai pintu dengan model jati yang sudah betul-betul tua, namun diukir dengan motif gebyok yang cukup sederhana sekali. Menurutnya lagi, kata Ibu Ummi, bahwa Gebyok tersebut pernah di tawar orang dengan nilai barter senilai sepeda motor baru. Jadi kira-kira jika di taksir harga, calon pembeli yang berminat dengan desain gebyok bkeas tersebut dengan nilai Rp.13 jutaan. Hemm harga yang menurut saya gak ada apa-apanya dengan keeksotikan dan keindahan motif gebyok tersebut. Memang menurut saya, secara kasat mata desain pintu ukir gebyok tersebut berkesan gak ada istimewanya, namun jika ditelisik lebih dalam bahwa desain dari motif ukiran kayu tersebut memang cukup mencerminkan kepintaran orang zaman dahulu dalam seni ukir mengukir dengan teknologi yang terbilang cukup sederhana. Ya, cukup sederhana sekali, karena memang desainnya tidak seperti ukir gebyok zaman sekarang yang justru menurut saya terlalu wah, atau terlalu byor kebanyakan motif dan ramai.

Disinilah keeksotikan ketika kita hendak membeli gebyok dari penjual gebyok jati bekas yang sudah ada. Jika Anda ingin mencari gebyok bekas, di daerah Mojokerto khususnya yang daerah pedesaan yang masih pelosok, Jombang khususnya untuk wilayah kecamatan Gudo, Ngoro dan sekitarnya Anda akan banyak menjumpai rumah-rumah tempo dulu yang mempunyai gebyok khas Jawa Timur yang cukup mencerminkan kemewahan dan prestise rumah kala itu.

Gebyok Bekas Eksotik Di Jual
Contoh Gebyok Bekas Eksotik Di Jual

Plus Minus Beli Gebyok Jati Bekas

Kembali pada pokok utama tulisan ini adalah kelebihan dan kekurangan ketika Anda hendak membeli gebyok dengan kualitas bekas. Jika ngomong soal kelebihan dari membeli gebyok bekas ini adalah Andda akan mendapatkan benda, entah itu pintu, jendela yang cukup kuno serta bernuansa super klasik yang mencerminkan kejayaan dan keindahan indah masa lalu masyarakat Jawa. Orang Jawa kala itu sudah menyukai seni dalam ukir mengukir rumah yang dituangkan dalam keabadian desain gebyok tersebut. Inilah kelebihan menurut saya yang sebetulnya tidak bisa di beli dengan uang. Nilai kekunoan serta sejarah yang menjadikan Anda memiliki nilai plus ketika membeli gebyok bekas tersebut.

Sebaliknya jika cerita kekurangan membeli gebyok dari kayu jati bekas tersebut adalah sulitnya menemukan pemilik gebyok yang masih mempunyai gebyok dengan kualitas kelas wahid. Barang seperti ini sudah begitu langka di masyarakat kita, tentunya di perlukan sebuah seni tersendiri untuk berburu gebyok jati bekas. Kadang barangnya memang ada, namun kondisinya sudah tidak sutuh dulu, banyak yang sudah rusak atau lapuk. Sebetulnya jika ngomong lapuk hendak juga sih, karena memang keunggulan desain kayu jati, tidak mungkin di makan totor alias semacam predator yang merusak dan melapukkan kayu.

Ada seni ada harga, intinya ketika Anda memang betul-betul tertarik untuk mencari gebyok jati bekas dan betul-betul menemukan yang pas di hati, ini adalah sebuah seni tersendiri. Tentu kepuasannya akan berlebih dan tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata apalagi di bayar dengan materi, tentu akan jauh harganya. Ini soal urusan menikamti dan mengerti jiwa seni, khususnya dalam hal mencari dan membeli gebyok kuno yang terbuat dari kayu jati. Meskipun bekas, namun memang mempunyai ciri khas historis yang menawan.

Jual Gebyok Jati Bekas
Jual Gebyok Jati Bekas