Ini Dia, Pilihan Rumah Dengan Desain Rumah Bali Style

Sponsored Links

Sepintas Lalu Desain Rumah Adat Bali

Bali yang menyandang gelar sebagai Pulau Dewata sangat terkenal soal wisatanya. Namun Bali juga memiliki sisi keeksotikan dan seni yang tinggi didalam membangun serta mendesain rumah yang masih kental dengan budaya adat mereka, yaitu desain rumah Bali Style. Konon rumah dengan desain khas rumah adat traditional ini bukan saja di gandrungi oleh pecinta desainer rumah kelas lokalan tetapi juga desainer rumah manca negara. Sebagian mereka saking cintanya dengan keindahan pulau dewata ini, juga menginginkan desain rumah mereka di bangun dengan mengusung tema desain rumah model Bali ini.

Mungkin Anda tidak pernah kebayangkan? Iya, rumah yang mungkin sebagian dari kita (orang-orang Indonesia) pada umumnya mengangap desain rumah adat Bali adalah rumah yang biasa-biasa saja, atau rumah ya seperti itulah rumah adat orang Indonesia. Tetapi jangan salah kawan! Rumah traditional kita sangat dikagumi oleh desainer-desainer asing yang sangat menginginkan untuk mencuri indahnya keunikan rumah kita kedalam desainan mereka. Mungkin saja Anda pernah mendengar bahwa ada negara tertentu yang mengklaim bahwa rumah adat Bali juga asli karya nenek moyang mereka yang satu rumpun orang melayu. Anda mungkin bisa mendunga-duga bukan negara mana itu?

Bahkan saking ekstrimnya mereka juga menciptakan wisata model miniatur Pulau Dewata ini. Mereka menyebutnya duplikat wisata pulau Bali atau istilah kerennya Bali kw dua. Sesuatu yang kelewat ekstrim bukan? Dengan santainya mereka mencuri kebudayaan yang asli kita punya? So, tidak jarang pula mereka tentu akan sangat mudah mengklaim keeksotikan desain rumah adat Bali menjadi milik mereka.

Untuk itu mari kita mempelajari dengan teliti dan detail sebenarnya seperti apa sih keistimewaan desain rumah adat yang bergaya traditional Bali ini! Sehingga kita tidak mudah di bodohi begitu saja dengan desain rumah adat Bali adalah milik mereka. Dengan adanya tulisan ini, setidaknya kita menyadari bahwa kita juga memiliki kekayaan budaya yang sangat prestisius dalam urusan desain mendesain rumah. Tanpa lupa ketika kita menguplod desain luar negeri yang bernama rumah minimalis bahwa di negeri kita juga punya rumah yang memiliki nilai desain rumah yang cukup agung, desain rumah traditional gaya Bali.

desain rumah adat bali interior terbaru josss

Ciri Istimewa Desain Rumah Model Bali

Rumah traditional model Bali memiliki ciri khas yang sangat istimewa yaitu rumah yang kaya akan desain seni yang indah didalam menata interior dan eksterior rumahnya. Ketika Anda pernah tahu desan rumah dengan gaya tropis adalah rumah yang cukup nyaman serta sangat berkesan hijau alami disaat di tinggali. Tetapi rumah adat Bali lebih dari itu. Rumah dengan desain bergaya Bali ini cukup balance didalam menata unsur-unsur keindahan yang berkaitan dengan keenakan ketika dilihat mata, kesejukan di saat kita melihat rumah yang penuh hitung-hitungan desain baik itu kelihatan oleh kasat mata maupun perhitungan dengan tidak kasat mata.

Jika Anda pernah tahu orang-orang Cina memiliki keistimewaan didalam memperhitungkan feng shui soal tata letak bangunan, begitu pula rumah dengan di bangun model adat Bali rumah ini juga memiliki perhitungan yang berdasar kehinduan mereka, rumah ini berkesan sangat asri, adem serta berkesan mendinginkan gejolak hati ketika menempati rumah tersebut.

Selain keistimewaan model hitung-hitungan tersebut rumah adat Bali juga tidak kalah menarik didalam mendesain tata ruangan yang sungguh menarik. Biasanya rumah adat di Bali memiliki desain interior dan eksterior yang cukup manis ketika mata memandang. Akan sangat berbeda sekali ketika Anda melihat rumah dengan gaya minimalis kemudian melihat rumah dengan gaya desain rumah traditional di Bali ini. Sesuatu yang cukup kontradiksi ketika melihat rumah dengan tatanan anggun yang biasanya di cirikan dengan penggunaan material kayu kelas wahid yang cukup dominan. Seni ukir didalam bentuk perabot rumah juga tidak kalah apik ketika menghiasi rumah bergaya traditional Bali ini.

Akulturasi Desain Rumah Adat Bali Minimalis

Ketika deman trend desain rumah minimalis membombardir desain-desain perumahan di negeri kita ini, pasti akan muncul sebuah ide untuk menggabungkan desain rumah tradiotional dengan rumah minimalis. Salah satu ide yang cukup ciamik adalah mengkolaborasikan desain rumah adat Bali dengan desain rumah minimalis. Suatu kawinan dua desain rumah yang cukup kompak dan apik jika sang desainer mampu menggabungkan mana-mana yang perlu di ambil serta mana-mana desain rumah yang tidak perlu di sematkan ketika mendesain gabungan dua model desain rumah ini.

Ketika Anda bermimipi untuk membangun rumah dengan dua akulturasi buadaya yang berbeda ini tentu ada beberapa tips yang patut diperhatikan saat mendesain rumah adat Bali tersebut. Tips yang paling sederhana yaitu rumah yang ingin Anda bangun dengan desain rumah minimalis Bali ini bergaya half face atau full face? (Bergaya penuh atau cuma sebagian untuk mengambil aksesoris yang eksotik dari rumah adat Bali).

Jika Anda mendesain rumah minimalis adat Bali dengan gaya Full Face tentunya Anda harus mendesain dengan dominan rumah model Bali tersebut. Sebaliknya ketika Anda mendesain rumah minimalis bercorak Bali sebagian (Half Face) ini idealnya Anda menonjolkan ide dan konsep yang mampu mencerminkan bahwa rumah minimalis Anda memiliki sentuhan bergaya Bali traditional.