Pentingnya Membuat Konsep Ide Untuk Sketsa Rumah Minimalis 1 Lantai

Sponsored Links

Trend pergerakan rumah dengan desain minimalis sudah mengakar kuat di masyarakat Indonesia. Trend rumah yang aslinya berasal dari negara Eropa ini sudah menjadi semacam bagian trend rumah di negeri kita tercinta ini. Booming trend desain rumah minimalis peluangnya ditangkap oleh para developer perumahan dengan menjadikan desain rumah minimalis sebagai produk andalan untuk komoditi perumahan mereka.
Tidak dipungkiri dengan berkembangnya trend desain rumah dengan model sederhana lagi simple ini menjadi banyak buruan masyarakat calon pembeli properti. Minimalis menurut mereka adalah sebuah solusi disaat harga bahan bangunan serta material untuk membangun rumah sudah begitu mahal serta langka. Jika beberapa tahun yang lalu membangun rumah dengan type paling sederhana type 36 hanya berkisar di angka 50 juta rupiah namun hari ini bisa mendekati angka 80 hingga 90 juta rupiah. Ini semua karena dampak inflasi yang secara otomatis berpengaruh terhadap lonjakan harga-harga material untuk bahan bangunan rumah.
Ilustrasi diatas semakin melengkapi sebuah penderitaan para pemula yang menginginkan untuk memiliki atau membeli rumah. Harga material mahal, harga tanah mahal, ongkos tukang juga sudah mulai menggila sehingga mau tidak mau harus memiliki sebuah perencanaan yang matang serta terukur untuk membuat rumah dengan model minimalis ini.
Ketika kita hendak membangun rumah tentunya sebuah perencanaan  yang akurat adalah salah satu tips untuk menghindari biaya-biaya yang tidak terencana serta tidak terduga. Untuk itu diperlukanlah sebuah corat-coret konsep yang semi matang didalam mewujudkan keinginanan membangun rumah minimalis ini, atau biasa dinamakan sketsa rumah minimalis.
Apa sih pentingnya coretan yang cukup sederhana namun berharga mahal tersebut? Coretan yang mahal serta berisi ide sederhana sangat mahal karena berisi tentang ide kasar yang hendak diwujudkan kedalam pembangunan rumah itu sendiri. Jadi sebuah rumah nanti hasilnya mengesankan atau tidak bisa dilihat dari denah sketsa kasar rumah tersebut.
Arti dari sebuah denah rumah yang berangkatnya dari sketsa rumah bisa berarti sangat mahal harganya karena mengacu pada ide serta konsepnya. Ide ini dituangkan kedalam sebuah kertas yang biasa disebut dengan sketsa rumah. Mau rumah satu atau dua lantai semua konsepnya berangkat dari corat-coret yang biasa disebut sketsa rumah.

sketsa hasil rumah minimalis
Ide Sketsa Rumah Minimalis Satu Lantai
Untuk mewujudkan sebuah rumah dengan gaya minimalis yang dibuat dengan satu lantai tentunya diperlukan beberapa referensi serta ide didalam mewujudkan impian rumah sederhana satu lantai tersebut. Sketsa rumah minimalis satu lantai bisa di desain berdasarkan kebutuhan yang ingin kita wujudkan kedalam rumah satu lantai itu. Mengingat rumah dengan desain satu lantai banyak sekali model serta typenya, mulai dari yang paling sederhana yaitu type 36 hingga desain yang terluas, yaitu diatas 120 meter persegi. Jadi untuk merealisasikan ide sketsa rumah satu lantai sebelum mendesainnya diperlukan sebuah gambaran berupa ruangan yang ingin Anda kembangkan didalam rumah tersebut. Ambil saja contoh rumah dengan desain sedang misalnya rumah satu lantai dengan ukuruan luas 72 / 100, berarti rumah dengan desain satu lantai ini dibangun dengan luas satu lantai seluas 72 meter persegi di areal tanah 100 meter.
Ada lagi ide sederhana untuk rumah type minimalis paling mini yaitu rumah dengan desain 36/45 atau rumah dengan type 45/60, kedua desain rumah ini adalah type desain yang paling sedehana untuk desain rumah minimalis satu lantai. Dengan ukurannya yang kecil yaitu 36 meter persegi dibangun di areal tanah yang juga termasuk mini, seluas 45 meter persegi. Sebuah rumah yang cukup imut namun elegan serta sederhana untuk diwujudkannya. Atau type berikutnya dengan konsep minimalis 45 / 60 juga rumah selevel diatas sedikit dengan type 36 tersebut. Jika type 45/60 ini di bangun di areal perumahan,  ini termasuk desain rumah yang cukup anggun dan unik. Jadi untuk mendesain rumah idealnya memang kita harus punya sketsa rumah dengan satu lantai, agar dikemudian hari kita tidak salah arah atau kecewa untuk mewujudkan rumah impian satu lantai hanya gara-gara tidak memiliki sketsa rumah sebelumnya.
Aplikasi rumah setelah Anda mempunyai sketsa yang masih setengah jadi kemudian di serahkan kepada desainer atau seorang arsitektur untuk mewujudkan rumah tersebut kedalam gambar yang matang, berikut lengkap denga RAB rumah, disertai gambar denah rumah dengan keterangan tampak depan, tampak samping ataupun tampak belakang.
Itulah sedikit tulisan tentang kegunaan serta pentingnya sketsa rumah minimlis satu lantai. Sketsa adalah semacam gambaran sederhana diatas kertas sebelum membangun rumah. Jadi dari sketsa tersebut kemudian di telorkan kedalam bentuk gambar dengan rumah plus aksesorisnya. Sketsa rumah sangat dianjurkan mengingat kadang sebuah perencanaan yang matang bisa saja meleset dari kenyataan rumah yang hendak dibangun. Jadi sangat penting sekali menggunakan sketsa sederhana sebagai awal ide untuk mendesain rumah. Semoga tulisan sederhana ini bermanafaat untuk Anda, dalam membuat serta mendesain ide sederhana untuk membuat sketsa rumah, khususnya rumah minimalis satu lantai. Salam sukses untuk Anda.