Pentingnya Kolaborasi Rumah dan Taman

Sponsored Links

Rumah dan Taman

Ketika mendengar kata rumah dengan taman, tentunya yang terlintas dalam benak kita adalah jika digabungkan tentunya akan terjadi klaborasi yang sempurna. Jika salah mengawinkan model dan desainnya tentu akan menjadi pemadangan yang tidak indah lagi, akan menjadi hal yang aneh dan lucu. Inilah pentingnya mengkolaborasi, menggabungkan taman dan rumah dengan apik dan kompak.

Nilai Penting Taman dan Rumah Dalam Bangunan Setiap Rumah

Seberapa penting sih taman dan rumah dibangun bersandingan menjadi satu? Tentunya ini akan sangat relatif bagi siapa Anda bertanya. Ketika Anda bertanya kepada mereka yang betul-betul suka dengan desain dan arsitektur yang tinggi untuk bangunan sebuah rumah, tentunya akan menjawab sangat penting dan sangat diperlukan sekali.

Sebaliknya jika Anda pada mereka yang tak tahu menahu tentang desain rumah, atau mereka yang mempunyai rumah cuman asal memiliki saja, tentunya keberadaan taman di dalam rumah tak begitu bermanfaat dan penting. Jadi pola fikir dan cara pandang mereka tentunya akan berbeda, mungkin akan menganggap bermanfaat namun tak seberapa penting.

Inilah yang menjadikan perbedaan ide dan pendapat, seberapa manfaat dan seberapa penting. Ada yang menganggap memang keberadaan taman sangat bermanfaat,namun bagi beberapa orang, menganggap kurang penting, bahkan tidak begitu penting untuk di desain di dalam sebuah rumah.

Sedikit cerita tentang pentingnya sebuah taman untuk satu rumah adalah untuk mengurangi polusi udara. Ya, Anda tahu sendirikan, hari ini mungkin lebih banyak rumah yang di bangun di area perkotaan, area padat penduduk, namun kurang memiliki ruang terbuka hijau yang bagus. Pastinya dengan kondisi ini, mau tidak mau akan menjadikan polusi bagi sekitar rumah tersebut. So, salah satu media untuk menetralisir debu yang beterbangan, polusi yang makin tak terkendali, maka diperlukan sebuah taman yang minimal mampu mengurang polusi dari lingkungan sekitar atau polusi yang di timbulkan karena sesaknya jalan raya di sekitar Anda.

Kolaborasi Desain Rumah dan Taman
Kolaborasi Desain Rumah dan Taman

Tips Desain Taman dan Rumah Dengan Minimalis

Rumah dengan konsep minimalis hari ini sangat trend dan banyak diminati oleh masyarakat. Tentunya dengan model yang mini-mini ini, diperlukan pula taman yang mini untuk mempercantik rumah Anda. So, simaklah tips bagaimana merawat dan membuat taman dengan sederhana di rumah Anda. Meskipun tidak sempurna seratus persen, namun setidaknya Anda sudah ikut andil dalam rangka mengurangi panasnya bumi, mengurangi polusi yang panas banget di berbagai belahan bumi.

  1. Buat Satu Titik Fokus Untuk Taman Rumah

Tips sederhana dalam membangun taman rumah adalah dengan memilih satu titik fokus untuk taman rumah tersebut. Tips ini memang penting untuk Anda perhatikan mengingat pilihan desain yang Anda pilih adalah taman yang mungil namun dipaksa untuk memberikan efek bersih, sejuk dan hijua untuk rumah Anda.

Tips ini berlaku jika Anda memilih desain taman dengan model minimalis. Jika Anda memilih taman yang lebih luas, tentunya tips ini tidak berlaku lagi. Kembali pada tulisan kenapa Anda fokuskan pada satu titik untuk taman? Idealnya adalah untuk membuat taman tak harus mahal, namun cukup simpel, sedeherhana dan memberikan efek yang positif untuk taman rumah Anda secara utuh.

Desain Rumah dan Taman Minimalis
Desain Rumah dan Taman Minimalis
  1. Pilih Warna Yang Cerah Untuk Memberikan Efek Luas Dan Terang

Tips berikutnya untuk membuat taman rumah yang keren dan apik, pastinya wajib Anda pilih model taman yang memberikan kesan terang atau cerah. Kenapa? Karena taman yang Anda pilih adalah taman mungil dan taman mini. Pastinya jika berkesan gelap, berkesan seperti semak belukar akan memberikan pemandangan yang kurang oke terhadap taman rumah Anda.

Taman yang terang akan memberikan efek segar dan tak sempit, sebaliknya taman yang terang akan memberikan kesan taman yang lebih luas meskipun taman yang Anda pilih tak seluas-luas banget seperti taman sungguhan adanya. Efek ini cukup penting, karena memang Anda mau menghadirkan sesuatu taman yang simpel, praktis dan minimalis untuk melengkapi penampilan rumah Anda.

  1. Jangan Lupa Untuk Perawatan Jangka Panjang

Membangun taman kayaknya mudah sekali. Ya, yang perlu juga Anda fikir ulang adalah membangun taman plus perawatan jangka panjang. Masyarakta kita sebetulnya cukup pandai sekali dalam membangun segala sesuatu. Namun ada hal yang sering terlewat yaitu urusan perawatan. So, ketika Anda membangun sebuah taman, pastikan Anda mampu dan bisa merawatnya dengan baik.s Tak perlu super mewah, sederhana namun bisa di rawat dengan baik akan memberikan efek yang bagus untuk penampilan taman di rumah Anda.

Jadi jangan bangun taman yang terlalu rumit dan super rumit, namun cukup memilih taman yang sederhana dan memberikan efek yang terasa untuk kehijauan rumah Anda secara utuh.

  1. Pilih Elemen Dekoratif Taman Minimalis

Memilih taman dengan ide minimalis bukan berarti terlalu monoton dan cuman kayak gitu-gitu saja. Tentunya ketika anda ingin membangun taman rumah yang simpel, pastikan juga memilih dekorasi taman yang mendukung dengan baik. Pilih dekorasi taman yang memberikan kesan berbeda di bandingkan dengan taman kebanyakan. So, intinya adalah pemilihan warna, model, dan tekstur untuk rumah milik Anda.

Desain Rumah Plus Taman
Desain Rumah Plus Taman
  1. Pilihlah Tanaman Yang Pas Untuk Taman Anda

Tentunya ketika Anda ingin menghadirkan taman minimalis yang ideal untuk rumah milik Anda, pastinya yang tak kalah penting dari semua itu adalah dengan memilih jenis tanaman yang bagus, yang pas untuk taman rumah Anda. Jangan memilih tanaman yang terlalu cepat pertumbuhannya ketika Anda tak ada waktu untuk merawatnya dengan teratur.

Ideal pemilihan tanaman yang lain adalah memilih jenis tanaman yang mampu menyerap berbagai polusi dan racun untuk model pencemaran di sekitar Anda. Misalnya saja jenis polutan Formaldehida, jenis polusi ini biasanya di timbulkan oleh karpet, triplek, partcle board, produk yang berasal dari kertas, minyak tanah, asap rokok, resin dan sebagainya. Untuk menetralisir racun jenis ini, pilihlah tanaman seperti Palem Bambu, Lili Paris, Sri Rejeki, Azalea, Aglonema dan Bunga Krisan.

Sedang untuk jenis polutan dengan model Trikhloroetilena (TCE), yang polutan ini berasal dari cat, lem, pernis, dan tinta. Maka untuk menetralisir jenis polutan ini idealnya adalah Anda memilih tanaman Palem Bambu, bunga Krisan dan Hujuang.

Selanjutnya untuk jenis polutan Benzena, yaitu polutan yang banyak menggangu aktifitas Anda sehari-hari semisal deterjen, minyak, tinta, bensin, plastik maka pilihan tanaman minimalis yang bisa Anda pilih adalah Aglonema, Sansivera, Bunga Krisan dan hanjuang.

Itulah tulisan sederhana tentang pentingnya rumah dan taman. Semoga tulisan ini memberikan ide dan manfaat ketika Anda membangun rumah yang asri dengan di barengi taman rumah yang keren.