Modifikasi Keren Rumah Modern Desain Kolonial

Sponsored Links

Rumah Modern Ala Kolonial Belanda

Rumah modern memang tak selalu harus menggunakan desain yang terkini, namun rumah modern bisa di aplikasikan dengan mencomot desain masa lampau yang menarik kemudian di oplos menjadi desain bertema rumah modern. Idenya cukup sederhana memang, rumah desain klasik namun di poles serta di redesign menjadi desain rumah modern terbaru dengan menyesuaikan keadaan zaman. So, dalam tulisan sederhana kali ini, saya ingin memberikan sebuah obyek rumah terbaru dan modern dengan mengambil dari desain rumah zaman kolonial Belanda.

Ya, Anda tahu sendirikan, Indonesia memang pernah di jajah oleh Belanda yang kononnya sih lebih dari tiga setengah abad. Bukan waktu yang sebentar lho, untuk sebuah bangsa yang dikuasai oleh asing. Tentunya dengan waktu yang sedemikian lama, mau tak mau budaya kita akan di pengaruhi oleh penjajah tersebut, salah satu yang tak bisa dipungkiri adalah model dan bentuk desain rumah yang berangkat dari Eropa, khususnya dari negeri kincir angin tersebut, Nederland.

Memang disadari atau tidak disadari, sedikit demi sedikit budaya kita dalam membangun rumah sangat di pengaruhi oleh keeksotikan desain bergaya Belanda tersebut. Gimana kita tidak terpesona, lha memang negeri tersebut juga sangat terkenal dalam bangunan, khsusunya bangunan dalam urusan bangunan air, semisal jembatan, kanal dan seterusnya. Meskipun Belanda cukup dikenal dengan keahliannya dalam bangunan air, namun Belanda juga mempunyai seribu satu arsitek yang ahli dalam hal bangunan rumah atau perumahan termasuk perkantoran. Lihat saja sekarang, banyak sekali peninggalan bangunan-bangunan ala kolonial Belanda yang masih eksotik menawan berdiri kokoh dinegeri ini. Contoh yang paling simpel dan mencolok adalah bangunan stasiun kereta api, perkantran Kereta Api, gedung-gedung yang berdiri di area perkebunan, gedung-gedung bekas pabrik gula yang bernaung dalam PTPN, semua rata-rata masih memiliki peninggalan bangunan ala kolonial yang cukup eksotik dan menawan.

Anda masih penasaran, inilah satu diantara keeksotikan ispirasi yang menawan desain rumah modern ala kolonial Belanda.

Desain Rumah Zaman Kolonial Belanda
Desain Rumah Zaman Kolonial Belanda

Hemm…gimana, cukup menarik bukan?! Ini hanya satu diatara bangunan-bangunan yang dimiliki oleh desainer zaman Belanda tersebut. Memang rata-rata bangunan tersebut bertema ala Romawi yang berkembang di zaman itu. Tetapi jika Anda tertarik untuk mengoplos dengan bangunan desain minimalias akan semakin kelihatan ciamik serta artistik. Belum lagi jika Anda cukup pandai untuk mengawinkan desain rumah ini dengan model modifikasi Gebyok modern, tentunya akan semakin wow! Memang sepintas lalu, bangunan dan gedung ala kolonial ini berkesan kuno, tetapi jika Anda lihat dengan mata hati dengan mengedepankan unsur art, tentunya Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan dan keeksotikan desan ala Belanda tersebut.

Rumah modern ala Belanda tentunya akan cukup menarik dan menawan jika Anda bisa menempatkan sesuai dengan porsinya sekarang. Maksudnya gimana? Ya, tentunya wajib berimbang antara unsur art dengan kebutuhan zaman sekarang. Tinggal Anda mau mendominasi desain mana yang akan diaplikasikan. Semisal Anda cenderung ingin lebih modern, tentunya unsur-unsur bangunan yang membikin kuno, ya harus ditinggalakan. Semisal dengan model yang terlalu bertele-tele soal urusan aksesoris, berarti harus Anda kurangi porsinya. Selebihnya jika Anda ingin menggabungkan dan mendominasi dengan minimalisnya, berarti Anda juga harus mengedepankan prioritas fungsional ketimbang artistiknya. Simpel, sederhana namun berkesan modern adalah keunggulan desain rumah modern bergaya minimalis. Jika Anda ingin memodifikasi dengan seni bangunan zaman kolonial tentunya unsur minimalisnyalah yang wajib dominan dioptimalkan.