Meramal Nasib Bisnis Properti 2015 Karena Dampak Kenaikkan BBM

Sponsored Links

Meramal Nasib Bisnis Properti 2015 Karena Dampak Kenaikkan BBM

Gimana nasib bisnis properti di tahun 2015? Sebentar lagi akan memasuki tahun 2015. Jadi apa sih dampak isu kenaikkan BBM yang akan melanda di tahun 2015 ini. Tantu banyak sekali pengamat perbisnisan yang setidaknya ada sedikit kepastian soal gimana da bagaimana prospek bisnis yang pastinya semua orang ingin mengetahui kondisi yang akan terjadi di tahun 2015 tersebut. Semua orang kan tahu, pasti ada semacam kepanikan yang akan terjadi ketika pemerintah Jokowi JK akan betul-betul mengumumkan kenaikkan komoditi yang selalu menjadi polemik di negeri ini, yach Bahan Bakar Minyak yang jika seandainya dinaikkan sedigit atau dua digit pasti akan berdampak kemana-mana terhadap sendi-sendi ekonomi rakyat. Semua pengusaha pasti akan menghitung cost (biaya) yang akan dikeluarkan oleh perusahaan demi kelangsungan bisnis mereka.

Sepintas lalu, bisnis properti akan mengalami sedikit stagnant ketika pemerintah betul-betul menaikkan harga BBM tersebut. Yach, pengumuman BBM masih menjadi teka-teki bagi sebagian orang. Namun yang jelas, ketika harga BBM tersebut betul-betul di ketok palu dinaikkan maka secara langsung atau tidak langsung semua orang akan menyesuaikan dengan pola hidup mereka. Pastilah sebagian orang akan melakukan penghematan dimana-mana. Semua orang akan menghitung biaya-biaya ulang, mana post yang perlu dikeluarkan dan mana yang wajib di tahan. Dengan kondisi ini tentunya ketika di kaitkan dengan ramalan bisnis properti di tahun 2015 akan sedikit mengalami penurunan, namun bukan terlalu lama. Jika kita berandai-andai, kenaikan BBM menjelang awal tahun, tentunya di kwartal pertama tahun 2015, hampir semua sektor bisnis dipastikan akan mengalami penurunan. Termasuk sektor yang juga terkena adalah bisnis properti itu sendiri. Namun penulis yakin bahwa kondisi ini tidak akan berlangsung lama, karena dimungkinkan di kuartal kedua akan mulai sedikit kenaikkan di bandingkan kuartal sebelumnya. Jadi, di kuartal dua inilah kemungkinan ada mulai sedikit geliat pertumbuhan dari bisnis properti tersebut.

Prospek bisnis properti 2015
Prospek bisnis properti 2015

Seterusnya, di kuartal dua inilah mulai ada denyut nadi pergerakan pertumbuhan bisnis properti. Anda tahu sendirikan, mau tidak mau atau suka tidak suka dizaman dan kondisi apapun manusia tetap perlu tempat tinggal dan rumah, sehingga ketika orang sudah mulai tahu betul dengan kondisi-kondisi seperti ini, maka bisnis mulai tumbuh dan berkembang lagi. Mungkin di kuartal pertama masyarakat akan sedikit sock dengan kenaikkan harga BBM, namun di pertengahan tahun inilah manusia mulai menyesuaikan kondisi ini dengan mulai siap-siap bergerak untuk bangkit lagi. Semua orang justru akan berusaha lebih keras lagi untuk memenangkan di bisnis mereka masing-masing, termasuk bisnis properti ini. Jadi dititik inilah para pengusaha properti mulai bangkit untuk menggerakkan urat-urat nadi mereka, ketika di awal-awal start di awal tahun mengalami kelesuan. Di kwartal kedua inilah, mulai menggenjot pertumbuhan penjualan properti untuk mengejar ketertinggalan mereka di awal tahun tersebut.

So, ketika Anda ingin mengetahui prospek bisnis properti di tahun 2015 yang jelas tetap akan ada pertumbuhan walaupun ada kemungkinan terseok-seok di awal-awal bulan ketika ada kenaikkan BBM yang akan di umukan oleh pemerintah. Itu yang jelas tidak masalah, semua orang akan maklum dengan kondisi itu, akan terjadi sebuah lenturisasi terhadap semua aspek bisnis. Namun jika ditinjau dari sisi makro pertumbuhan bisnis properti ini akan mengalami landing yang bagus di akhir tahun. Jadi jangan pernah kuatir di akhir tahun bisnis properti akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Itulah sedikit analisa yang agak ngawur (mungkin), dari melihat kacamata panda-pandainya penulis melihat prospek masa depan bisnis properti di tahun 2015, jika seandainya pemerintah Jokowi JK mengumumkan kenaikkan BBM akan di umumkan di penghujung tahun 2014 ini. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi Anda , di dalam meramalkan nasib bisnis properti di tengah gonjang-ganjingnya bisnis properti karena dampak kenaikkan BBM. Tetap semangat walau badai akan menghadang bisnis properti, namun badai pasti akan berlalu jika saya dan Anda bertahan untuk terus survive di bisnis yang tidak ada matinya ini, yaitu bisnis properti.