Mengenal 3 Jenis Pemanas Air, Water Heater Untuk Rumah

Sponsored Links

3 Jenis Pemanas Air, Water Heater Untuk Rumah

Ketika Anda menginginkan untuk menghadirkan mandi air hangat secara instant dirumah dengan simpel dan praktis, tentu ide yang luar biasa. Ya, tanpa harus menunggu menginap dihotel berbintang, di villa yang mewah, atau menunggu liburan di tempat-tempat wisata air panas untuk mandi air hangat. Namun kini dengan kecanggihan teknologi pemanas air bisa dihadirkan dirumah dengan instant melalui model dan jenis yang sederhana. Tentunya dengan harga yang terjangkau. Berikut ini, ada 3 jenis water heater yang wajib Anda tahu.

  1. Gas Water Heater

Gas Water Heater (pemanas air dengan sumber energi gas). Sesuai dengan namanya, pemanas jenis ini memang menggunakan energi gas untuk memanaskan air. Jadi cara kerjanya cukup simpel, seperti Anda memasak air dirumah dengan menggunakan tenaga elpiji gas. Ibarat kompor gas, namun spesial digunakan untuk memasak air yang dialirkan kedalam kamar mandi Anda.

Pemanas air dengan model gas water heater mempunyai bentuk biasanya tidak terlalu besar, tetapi juga tidak terlalu imut kecil. Ciri yang paling mudah dikenali adalah mempunyai lubang silinder yang digunakan untuk mengeluarkan asap gas. Jika dalam bahasa perpabrikan cerobong asap, namun untuk water heater jenis gas ini tidak sebesar cerobong asap untuk pabrikan, cukup untuk mengalirkan uap/gas dari proses pemanasan air.

Gas water heater memiliki keistimewaan, biayanya ckup murah dan terjangkau dalam proses pemananasan air. Cukup dengan cara instant Anda sudah dengan mudah menyediakan air panas dirumah. Alat ini memang dirancang secara otomatis dengan auto cut off gas, alat otomatis untuk memutus gas ketika air yang emngalir tidak terlalu deras/kencang. Jadi Anda tak perlu kuatir meledak atau terjadi sesuatu karena uncontrolled dari penggunaan gas water heater ini.

Jika Anda membeli gas water heater ini dirumah, point yang harus diperhatikan adalah diperlukan selang pipa yang difungsikan untuk suplai gas ke pemanas air milik Anda. Jika Anda mempunyai planning rumah yang matang, tentunya selang pipa ini bisa Anda tanam kedalam tembok, sehingga akan terlihat rapi dan aman dari sisi pemasangan.

Lebih aman lagi (safety), Anda bisa mengatur sedemikian rupa, sehingga tabung gas bisa diletakkan jauh dari penyalaan water heater jenis gas ini. Sehingga seandainya ada kebocoran, humman error lainnya, tentu lebih aman. Karena posisi tabung gas dengan sumber nyala api berjauhan.

Satu lagi catatan untuk keamanan gas water hetaer ini, idealnya adalah diberi exhaust fan, ya semacam kipas angin untuk mengeluarkan asap hasil dari proses pembakaran gas water heater. Jadi untuk jangka panjang memang sangat mengkhawatirkan jika terjadi penumpukan hasil proses pemanasan, asapnya maksudnya. Terlebih jika Anda pasang di daerah kamar mandi yang biasanya tidak terlalu lancar sirkulasi udaranya. Jadi diperlukan exhaust fan untuk mengeluarkan asap tersebut. Ini sanga vital kenapa? Meskipun asap tak berbau, asap hasil gas tak berasa namun jangka panjang jika menumpuk hasil dari proses pembakaran etrsebut bisa berbahaya juga dan sangat potensial menimbulkan kebakaran. Hanya sebagai tambahan informasi saja, gas water heater ini untuk harga dikisaran 700 ribuan hingga 1 juta rupiah. jadi cukup murah, namun tetap cukup bagus sebagai salah satu media pilihan alat pemanas air dirumah.

Jenis Water Heater
Jenis Water Heater
  1. Electric Water Heater

Jenis pemanas air yang nomor dua adalah electric water heater. Pemanas ini disebut elektrikal, karena memang menggunakan energi listrik untuk memanaskan air. Jadi alat pemanas air ini cukup simpel dan mudah untuk digunakan jika dibandingkan dengan gas water heater. Secara simpel, ada dua model pemanas air yang menggunakan tenaga listrik ini, yang pertama menggunakan tangki dan yang kedua tanpa menggunakan tangki, dalam bahasa bule, biasa dinamakan tankless water heater.

Ciri yang nampak jelas untuk water heater jenis ini adalah mempunyai tangki yang cukup besar yang biasanya berbentuk bundar horizontal, atau bundar vertikal untuk menampung air. Tangki ini biasanya memang ditaruh diluar rumah, mengingat bentuknya yang cukup besar. Proses kerja pemanas air ini cukup simpel dan sederhana, ketika air sudah dipanaskan, tentunya disimpan di dalam tangki tersebut. Jadi dengan pengaturan suhu tertentu, ketika air panas sudah mendekati dingin, maka water heater yang menggunakan energi listrik ini akan menyala secara otomatis. Sehingga ketika air hendak dugunakan selalu siap sedia panas.

Ketika air yang ada didalam tangki tidak digunakan, tentu airnya akan dingin. Karena proses alat pemanas jenis ini di setel secara otomatis untuk selalu panas, maka ketika mendekati dingin ya alat pemanasnya akan menyala, sehingga akan terjadi penggunaan listrik yang super boros, karena pemanas terus bekerja ketika air hendak dingin. Sehingga electrical water heater secara otomaits boros terhadap energi listrik. Sehingga ada kelemahan dari electrical water heater ini adalah lebih boros terhadap pemakaian lsitrik.

Soal harga, electrical water heater ini kisaran di angka 3 hingga 5 jutaan, biasanya tergantung dari besar tangki yang digunakan. Semakin besar tangki yang dipilih, biasanya harga lebih mahal.

Sedangkan untuk water heater jenis listrik yang tanpa tangki, tankless water heater memang lebih favorit untuk digunakan secara instant. Tapi juga masih mempunyai kekurangan yaitu sangat boros di tarikan pertama dalam konsumsi listrik.

  1. Solar Water Heater

Pemanas air berikutnya adalah solar water heater, atau lebih mudah disebut dengan pemanas air tenaga surya. Pemanas air dengan tenaga matahari ini biasanya satu paket dengan tangki yang cukup besar, kenapa? Sebagai cadangan ketika terik matahari tak bersinar atau ketika musim penghujan tiba.

Tangki yang berukuran jumbo, water heater jenis solar karena memang didesain untuk memenuhi kebutuhan air panas yang melimpah. Jadi ini adalah memang untuk cadangan dalam penggunaan air panas dalm jumlah besar. Kelebihan pemanas air dengan tenaga surya (solar panel) memang cukup unggul dari sisi penggunaan energi, yaitu cukup menggunkan panas matahari sebagai penggerak panasnya water heater.

Sekali pasang, water heater jenis solar mempunyai keunggulan seakan sudah tak perlu lagi diutak-atik. Cukup sekali pasang sudah bisa digunakan selamanya, sampai alat tersebut rusak, tanpa harus mengeluarkan biaya operasional lagi. Ya, memang harganya cukup lumayan mahal, namun akan cukup hemat jika berniat digunakan untuk jangka panjang. Satu lagi kekuranganya adalah ketika hendak memansang pertama kali biasanya butuh biaya ekstra untuk memasangnya.Selain alat-alatnya juga mahal, untuk memasangnya juga diperlukan biaya khusus, karena memang jenis water heater energi matahari ini membutuhkan dipasang diluar rumah.