Menciptakan Karakter Anak Melalui Desain Kamar Tidur

Sponsored Links

Menciptakan Karakter Anak Melalui Desain Kamar Tidur

Mempunyai anak tentu mempunyai kewajiban untuk mendidik serta merawat sebaik mungkin. Selain kebutuhan jasmani, kebutuhan rohani anak pun juga harus di berikan dengan cukup. Salah satu kebutuhan untuk anak soal jasmani yaitu tempat tinggal yang layak. Adapun tempat tinggal yang layak untuk anak salah satu implikasi yang paling sederhana adalah menyediakan kamar tidur yang baik untuk anak. So, ketika Anda memberikan fasilitas kamar tidur yang baik untuk anak, mau tidak mau berarti Anda ikut peduli terhadap perkembangan anak. Lalu, bagaimana sih sebetulnya memberikan kamar yang paling ideal untuk anak Anda?

Ok, dalam tulisan kali ini penulis akan membahas apa dan bagaimana mendesain kamar tidur anak yang paling cocok dan ideal untuk anak Anda. Tips ini di tulis berdasarkan pengamatan soal desain mendesain kamar tidur anak yang terbaik untuk Anda. Jadi bukan semata-mata teori, namun melihat praktek langsung dampak kamar tidur yang nyaman dengan kamar tidur yang kurang layak untuk anak.

Kamar tidur anak berkarakter
Kamar tidur anak berkarakter

Sebelum jauh melangkah bicara soal desain kamar yang terbaik untuk anak, tentunya Anda harus tahu, peneglompokan anak Anda ikut yang mana? Maksudnya seperti apa? Jadi, ketika Anda ingin membuat desain dan model kamar untuk anak, setiadaknya harus dikelompokkan atau di golongkan terlebih dahulu, anak Anda usia berapa? Jenis kelamin laki-laki atau perempuan? Hobby atau kesukaanya apa? Suka tentang film kartun apa tidak? Lalu cita-citanya kira-kira apa? Jadi semua informasi diatas sangat membantu untuk menggolongkan jenis dan model desain yang terbaik untuk kamar tidur anak Anda.

Adapun pengelompokkan yang paling sederhana untuk desain kamar tidur anak adalah berdasarkan jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Ketika anak Anda laki-laki berarti idealnya adalah mengkonsep kamar tidur anak laki-laki. Biasa tema yang paling ideal untuk kamar tidur anak laki-laki adalah di beri sentuhan tokoh-tokoh kartun, seperti Spider Man, Super Man dan seterusnya. Kenapa desain tokoh ini sangat pas untuk anak? Kenapa tidak desain yang semodel sailor moon, Masha dan semacamnya itu? Jawabannya, mau anak laki-laki Anda mempunyai karakter banci? Tentu tidak maukan? Ini memang ide sepele soal desain kamar tidur, namun besar dampaknya terhadap perkemabangan anak Anda. Jika kamar tidur anak Anda laki-laki, dan model konsep kamar tidur anak Anda adalah kecewek-cewekan tentunya akan berdampak pada sifat dan mempengaruhi gaya kelelakiannya menjadi banci.

Untuk urusan desain kamar anak perempuan, pastinya desain-desain kamar yang beraroma anak perempuan adalah karakter yang terbaik untuk anak. Jadi model winni the pooh adalah desain kamar tidur yang pas untuk anak perempuan dan itu berkesan netral. Atau tokoh-tokoh kartun lainnya, yang intinya adalah untuk mendukung pola dan karakter perkembangan anak, agar menjiwai dengan kewanitaannya. Akan gak lucu dong, jika anak Anda perempuan namun memiliki sifat-sifat yang dominan laki-laki karena pengaruh tema desain kamar tidur anak laki-laki. Sebaiknya ini dihin dari sejak dini, karena mau tidak mau sifat dan karakter anak adalah bentukan dan didikan dari kedua orang tua.

Anak adalah ibarat kertas putih yang masih kosong, mau ditulis sifat dan karakter apapun adalah tergantung dari cara dan bagaimana orang tua mendidik anak itu sendiri. Salah satu karakter yang paling sederhana adalah dengan menciptakan suasana kamar tidur sesuai dengan gender anak. Jika laki-laki yang perkuatlah karakter laki-lakinya, selanjutnya jika anak Anda perempuan maka perkuatlah jiwa perempuannya ketika membuat kamar yang terbaik untuk anak.

Selanjutnya hindari membuat tema anak yang bersifat tidak mendidik seperti, tema tokoh kartun Sin Chan. Ini sangat kurang bagus untuk perkembangan anak, karena mau tidak mau akan mendidik menjadi anak untuk menjadi berani kepada orang tua. Simple dan sederhana bukan? Namun cukup merusak menjadikan karakter anak menjadi kurang baik serta bersifat nakal dan bandel. Jadi seyogyanya dihindari memasang tokoh ini untuk karakter desain kamar tidur anak Anda. Jika Anda setuju anak Anda seperti Sin Chan, ya silahkan! Itu adalah hak Anda! He heh

Jadi cukup rumit bukan mencetak karakter anak dengan membuat desain kamar anak sedemikian rupa. Satu ide yang tidak kalah menarik adalah jangan lupa menyisipkan unsur-unsur agama di dalam mendesain kamar tidur untuk anak. Ini penting untuk penciptaan karakter yang bagus untuk anak. Untuk desain sederhana kamar tidur anak bertema agama ini, misalnya Anda taruh lembaran poster dengan tulisan ayat qursi, atau sepenggal doa tentang kebaikan untuk kehidupan dunia dan akhirat dan seterusnya. Semua point-pont kecil tersebut secara tidak langsung akan memicu anak kedalam dunia religi yang lebih kental. So, pastikan ada didalam desain kamar tidur anak Anda, nuansa agamis untuk menciptakan karakter agama yang kuat untuk anak.Jangan hanya melulu poster Winnie The Pooh, Super Man, Spyder Man, poster Sailor Moon apalagi Doraemon dan saudara-saudaranya, namun sisipkan nuansa agama untuk menciptakan perilaku yang positif untuk anak.

Efek positif ketika Anda membuat karakter anak yang berperilaku yang agamis dengan memasang poster atau wallpapaper dengan nuasa agamis, tentunya efek ini akan berdampak pada mental anak di masa dewasa nantinya. Walaupun hari ini tidak begitu dhasyat efeknya, namun jika anak sudah dewasa maka rekam jejak soal untuk berdoa, untuk menghafalkan doa yang baik-baik yang di tulis melalui pesan yang ada di kamar anak tersebut akan berdampak hingga dewasa nanti. Inilah yang terpenting ketika Anda mendesain kamar tidur dengan nuansa agama yang intinya untuk membentuk karakter anak. Jadi pastikan desain kamar tidur anak memiliki muatan pendidikan anak soal agama.