Memilih Warna Cat Untuk Kamar Kost

Sponsored Links

Memilih Warna Cat Untuk Kamar Kost

Hidup ini penuh warna, berarti idealnya kehidupan Anda juga akan menjadi lebih baik jika sekitar kehidupan Anda juga dipenuhi dengan penuh warna yang indah. Ya, semacam kata-kata puitis kenapa sih hidup kita ini harus indah? Dengan warna dan selera tentu secara tak langsung mencerminkan siapa sebenarnya kita. Untuk pemilihan warna cat rumah, desain laptop yang kita pilih, warna dan motif baju yang kita pakai, cat paga rumah, semua menunjukkan siapa diri kita serta selera kita.

Untuk Anda yang mungkin masih dalam proses kehidupan belajar, entah mahasiswa, atau seorang pelajar yang jauh dari rumah kemudian kost di kota besar tempat Anda tinggal. Mungkin Anda ingin mengubah warna kamar kost yang Anda tinggali sesuai dengan karakter dan selera Anda. Kamar kost tak bukan dan tidak lain adalah tempat tinggal yang paling sering Anda keluar masuk untuk melakukan aktifitas dan istirahat. So, alangkan eloknya jika warna cat kamar kost tersebut sesuai dengan selera Anda. Untuk menata kamar kost, idealnya simaklah ide-ide berikut ini agar kamar kost yang Anda redesign akan sesuai dengan selera Anda.

Warna Cat Kamar Kost
Warna Cat Kamar Kost

Pilihlah Warna Yang Anda Suka

Mengecat kamar mungkin sangat identik dengan semangat dan hidup kita. Berarti secara tidak langsung memilih warna cat  kamar kost Anda adalah sesuatu yang wajib. Ada dari beberapa dari Anda sangat suka dengan merahnya tim AC Milan, so bukan hal yang salah dengan kamar kost yang akan Anda cat menggunakan tema tim bola dari Italia tersebut. Jika Anda cewek, Anda sangat terkagum-kagum dengan indahnya warna pink, so Anda memoles kamar kost Anda dengan warna pink adalah sebuah pilihan yang tepat.

Pastikan Anda memilih cat yang paling cocok dan sesuai dengan naluri kehidupan Anda. Inilah yang akan menjadikan kehidupan Anda lebih menyenangkan dan bergairah. Untuk itu jangan memilih warna-warna yang Anda tidak suka, jika dipaksakan tentunya secara tidak langsung akan menjadikan kehidupan Anda semacam dibelenggu dengan warna yang memedihkan mata, karena Anda tak suka.

Jangan Gunakan Warna Putih Cerah

Urusan warna sebetulnya urusan selera. Jika Anda meilih warna putih sih, sah-sah saja. Namun yang perlu diingat dengan warna putih akan memberikan efek, kamar kost Anda akan mudah nampak kotor dengan sedikit debu atau hujan. Jadi hindari warna putih untuk menjaga kebersihan, intinya sih itu saja. Jikapun Anda suka dengan warna-warna yang beraksen terang jangan gunakan warna putih yang mencolok, namun gunakan warna-warna terang yang kalem.

Dibalik semua kekurangan warna terang, juga ada kelebihan yaitu akan memberikan kesan yang cukup terang dengan kamar kost Anda. Jadi untuk memberikan kesan terang yang berlebih, silahkan menggunakan warna-warna terang ini. Jikapun Anda menginginkan sebuah efek yang lebih jelas dan tidak remang-remang untuk kamar kost milik Anda, berarti warna ini memang harus menjadi pilihan. Kenapa? Jika dibandingkan dengan warna-warna beraksen gelap, untuk memberikan efek hemat pada lampu Anda, warna-warna terang lebih hemat. Karena ada efek memantulkan cahaya yang disinari dari lampu yang dipancarkan dari ruang Anda.

Tata Ruang Kamar Kost
Tata Ruang Kamar Kost

Pastikan Bahan Material Yang Akan di Cat Sesuai

Beda material yang dicat berarti beda pula cara melakukan pengecatan. Jika material yang Anda gunakan adalah tembok maka cukup dibersihkan terlbih dahulu, kemudian di beri sedikit amplas tinggal dipoleskan cat yang Anda inginkan. Namun ketika material yang Anda punya terbuat dari kayu atau triplek tentunya diperlukan perlakuan khusus untuk menjadikan warna cat yang Anda poleskan menjadi nampak lebih bagus hasilnya. Intinya untuk menghasilkan warna cat kamar kost yang terbaik pastikan Anda menggunakan bahan atau jenis cat yang sesuai. Jadi tidak asal memoleskan untuk kamar kost milik Anda.

Warna-Warna Adem

Untuk memberikan efek nyaman serta sejuk untuk kamar kost, hindari memilih warna-warna yang kurang pas untuk kamar. Salah satu contoh warna yang kurang tepat untuk kamar berkesan sejuk adalah memilih warna hitam. Jika warna ini Anda paksakan untuk kamar tidur Anda, jika siang akan menyerap panas sehingga akan berdampak pada panas untuk rumah Anda. Jikapun malam ketika Anda menggunakan warna dasar hitam, berarti diperlukan penerangan yang sedikit ekstra, karena warna hitam bersifat menyerap sinar, bukan memantulkan warna seperti yang dimiliki oleh warna-warna terang.

Pilihan warna yang cukup ideal menjadikan kamar Anda berkesan sejuk adalah warna kuning, warna biru muda atau warna krem. Warna ini cenderung lebih kalem dan mampu memberikan efek adem pada kamar kost Anda.

Kombinasi Warna Campuran

Untuk menjadikan warna kamar kost lebih berwarna, Anda bisa memilih campuran warna atau kombinasi warna. Jadi bisa Anda gabungkan Anda antara warna biru laut dengan warna pink. Dengan kombinasi ini tentu kamar yang tadinya berkesan monoton akan menjadi lebih berwarna dengan asik dan unik sesuai dengan karakter Anda yang masih muda.

Sesuaikan Dengan Biaya Anda

Mengecat kamar kost hari ini akan berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Jika dulu harga material cat tak seberapa mahal, namun hari ini harganya sudah melambung tinggi tak semurah dulu. Untuk itu pastikan biaya atau budget yang akan Anda keluarkan sesuai dengan kantong Anda.

Kamar Kost Minimalis Simpel
Kamar Kost Minimalis Simpel

Pastikan Anda Meluangkan Sedikit Waktu Untuk Mengecat Kamar Kost Anda

Apapun pekerjaan walau sederhana untuk menyelesaikannya harus fokus. Jadi pastikan Anda mengalokasikan waktu yang cukup dari hari-hari Anda untuk mengecat kamar kost milik Anda. Jangan sampai pekerjaan mengecat kamar kost milik Anda menjadi tak karuan atau berantakan karena Anda memiliki waktu yang tidak pas dalam aktifitas belajar Anda. So, intinya pekerjaan ini jangan sampai berhenti ditengah jalan atau cuman setengah-setengah didalam melakukan pekerjaan. Anda fokus kemungkinan hasilnya bagus, Anda berantakan didalam mengerjakan pekerjaan sederhana ini tentu hasilnya juga kurang optimal.