Memilih Jenis Water Heater Untuk Di Rumah

Sponsored Links

Jenis-Jenis Water Heater Untuk Rumah

Apaan sih water heater? Ya water heater lebih familiar di negara kita di sebut pemanas air.Ya dengan memasang pemanas air dirumah, tentunya akan sangat asik jika seandainya kita pulang kerja, kehujanan kemudian mandi dengan air hangat layaknya di hotel-hotel berbintang. jadi gak harus kita nunggu menginap di hotel yang mewah untuk merasakan nikmatnya mandi air hangat, namun kita bisa memasang sendiri dirumah. Cukup asik dan menanatang bukan! Mempunyai water heater sendiri di rumah.

Pada dasarnya ada 3 jenis water heater yang di jual dipasaran. Maksudnya 3 jenis itu adalah cara atau energi yang digunakan untuk memanaskan air tersebut. Water heater yang pertama adalah menggunakan energi tenaga surya, lalu yang kedua menggunakan energi gas dan yang ketiga menggunakan listrik. Pada dasarnya ketiga kenis alat pemanas air tersebut mempunyai fungsi yang sama, untuk memanaskan air.

Water Heater
Water Heater

Ya,di zaman yang serba praktis ini, ketika kita dulu ingin mandi dengan air hangat, tentunya harus memanaskan air terlebih dahulu. Jika dulu harus menyalakan tungku untuk memasak air biar panas, namun dengan bergesernya kompor gas tentunya lebih mudah dan praktis menggunkan kompor gas tersebut. Lalu dengan ide dan kreatifitas manusia, hari ini banyak didesain alat khusus yang namanya water heater untuk memanaskan air yang includ (langsung) di kamar mandi. Tingal tekan-tekan tombol tertentu, air yang dialirkan di bak mandi sudah terasa hangat atau panas sesuai dengan yang kita inginkan.

Dari 3 model water heater yang dijual dipasaran, water heater dengan tenaga lsitrik masih menjadi favorit pilihan konsumen. Kenapa menjadi cukup diminati konsumen pengguna pemanas air? Tentunya lebih praktis jika dibandingkan dengan menggunakan gas. Sedangkan, jika dibandingkan kenapa konsumen tidak lebih memilih tenaga surya? Menggunkan water heater tenaga surya alasan sederhananya adalah water hetaer jenis ini lebih mahal jika dibandingkan dengan listrik dan gas.

Lebih lanjut mengenai water heater atau pemanas air yang mengggunakan energi listrik harganya cukup terjangkau. Hari ini cukup dengan merogoh kocek 2 juta rupiah, Anda sudah bisa membawa pulang water heater dengan kualitas menengah untuk Anda pasang di rumah Anda. Jenis water heater ini juga banyak dipakai di kalangan hotel, rumah sakit, apartemen, villa serta rumah tinggal biasa. Seterusnya untuk water heater yang menggunakan energi gas, mempunyai nilai plus dalam soal kecepatan memanaskan air. Jenis water heater energi gas ini juga banyak digunakan untuk rumah sakit, perumahan, hotel dan villa juga. Cuman, jika dibandingkan dengan water heater energi listrik, tentu menggunakan yang energi gas lebih sepi peminat. Alasannya cukup sederhana, menggunakan listrik tentu lebih praktis jika dibandingkan dengan menggunakan gas. Jika listrik tinggal colokin saja ke listrik tanpa harus kebingungan mengisi ulang gas, jika gas dalam tabung habis. Jadi jika dilihat kepraktisan amsih milik water heater tenaga listrik.

Untuk water heater jenis tenaga surya, istilah lainnya menggunakan solar panel, water heater ini juga cukup bagus marketnya di negeri khatulistiwa seperti Indonesia. Namun ada satu kekurangan yang menjadikan water heater ini tidak begitu disukai adalah ketika musim penghujan tiba, maka water heater akan kurang bisa difungsikan dengan optimal. Tapi jangan kuatir, sebetulnya water heater jenis solar panel sudah dilengapi dengan pemanas cadangan. Jadi bisa dioperasikan dengan energi listrik juga.

Hanya untuk menambah wawasan soal water heater, ada juga jenis water heater jenis jumbo atau biasa dikenal dengan sebutan boiler water hetaer. Boiler water heater ini lebih banyak digunakan di pabrik-pabrik, proses industri yang sangat membutuhkan air panas dalam kapasitas yang besar. Jadi semisal untuk hotel yang mewah serta super besar yang membutuhkan air panas dalam jumlah banyak untuk memenuhi kamar-kamar hotel, tentu boiler water heater inilah yang mampu memenuhi kebutuhan air panas tersebut.