Manajemen Rumah Kost, Perbedaan Investasi Rumah Kost Di Banding Rumah Kontrakan

Sponsored Links

Manajemen Rumah Kost, Perbedaan Investasi Rumah Kost Di Banding Rumah Kontrakan

Rumah kost – Setelah pembahasan mengenai desain dari rumah kost yang anggun, sekarang mari lebih lanjut membahas mengenai rumah kost. Usaha rumah kost adalah usaha yang enak, karena Anda akan mendapatkan passive income setiap bulannya tanpa bersusah payah, paling hanya membayar PBB dan PPH saja. Namun supaya sukses Anda harus dapat menjadikan rumah kost Anda menjadi rumah kost idaman, dan ini memerlukan konsep desain arsitektur yang tepat. Minimal rumah kost harus bersih, minimalis, dan fungsional. Harus memiliki dapur, kamar mandi (Tergantung mau menyediakan kamar mandi luar atau dalam). Anda jangan karena menang posisi rumah kemudian membuat desain rumah kost asal-asalan. Walau posisi bagus, jika rumah kost an jelek, yang ada semua penyewa akan lari. Persaingan rumah kost sekarang ketat, semakin banyak orang menyediakan kost-kostan, baik kost untuk pekerja dan juga mahasiswa.

Ruang Kost Minimalist
Ruang Kost Minimalist

Investasi Rumah Kost

Jenis investasi kostan adalah minat banyak pemilik properti. Jenis ini termasuk dalam jenis properti untuk dikontrakkan lagi. Harapan dari pemilik rumah kost yaitu tingkat hunian yang tinggi, di mana tingkat hunian yang tinggi berarti pengembalian investasi yang cepat. Harga rumah terus naik, asalkan tidak ada gangguan ekonomi makro di negara Indonesia. Investasi rumah kost adalah pilihan tepat. Anda bisa menjadikan pilihan investasi membangun rumah kost sebagai diversifikasi sumber pendapatan Anda. Seperti peribahasa jangan menaruh telur di dalam satu keranjang, sama halnya dengan ini, dengan harapan jika satu telur pecah masih ada telur di kantong yang lainnya. Desain dari rumah kost sendiri ada beberapa yaitu desain mewah dan desain elegan. Rumah kost harus didesain sedemikian rupa sehingga tidak memakan biaya banyak supaya investasi rendah, namun hasil harus maksimal, walaupun ada kost-kostan yang bergaya mewah. Jika sebuah rumah kost dibangun dengan harga lebih, maka harga sewa kost tentu lebih mahal karena kost-kostannya tidak asal-asalan, jadi berkualitas, sehingga penyewa tetap senang membayar dengan harga yang lebih mahal.

Perbedaan Rumah Kontrakan Dengan Rumah Kost

Anda perlu tahu bahwa ternyata ada perbedaan di antara kedua jenis rumah ini, yaitu rumah kontrakan vs rumah kost. Perbedaannya yaitu:

  • Sistem pembayaran

Rumah kost perbulan, rumah kontrakan pertahun

  • Jangka waktu sewa

Rumah kost bulanan jangka pendek, rumah kontrakan tahunan jangka panjang

  • Garasi kendaraan

Rumah kost satu garasi untuk seluruh penghuni kost, rumah kontrakan garasi masing-masing

  • Pengawasan

Rumah kost ada bapak atau ibu kos pengawas, rumah kontrakan layaknya rumah sendiri, berhubungan dengan perangkat desa setempat dan RT

  • Tagihan air dan listrik

Rumah kost satu meteran seluruh kamar kos. Rumah kontrakan masing-masing rumah satu meteran

Tata Ruang Rumah Kost Minimalis
Tata Ruang Rumah Kost Minimalis

Perbedaan di atas harus Anda pikirkan dalam mendesain rumah kost dan harus dimasukkan dalam design plan (rencana pembangunan). Untuk rumah kost misalnya, mengenai masalah garasi akan berpengaruh juga. Dan poin paling utama yaitu saat membangun rumah kost, manfaatkan semaksimal mungkin space yang ada untuk membangun kamar, sehingga rumah bisa dihuni lebih banyak penyewa yang berarti pendapatan per bulan semakin besar. Namun, perhatikan juga kemampuan luas bangunan, jika terlalu kecil, jangan dipaksa dijadikan kamar, karena penghuninya adalah manusia nantinya, terlalu sempit tidak akan nyaman.

Sekarang Anda sudah mengerti mengenai rumah kost, Anda bisa memutuskan apakah hendak berinvestasi di sini atau memilih jenis investasi lainnya, semuanya bebas terserah Anda. Sekian artikel mengenai rumah kost, semoga menambah wawasan Anda.