Kelebihan dan Kekurangan Desain Masjid Minimalis

Sponsored Links

Inspirasi Desain Masjid Minimalis

Ketika kita mempunyai tempat ibadah yang bersih, indah serta nyaman pastinya secara tak langsung menjadikan tingkat yang tinggi dalam kekhusukan kita dalam beribadah, khususnya ketika kita sholat di masjid tesebut. Masjid yang memiliki keindahan desain kelas wahid pastinya secara tak langsung akan mengangkat tingkat ketakwaan kita pada Rabb-Nya. Ya..ya meskipun jika difikir hampir tidak memiliki korelasi antaara masjid yang bersih, masjidi yang indah dan masjid yang cantik dengan tingkat kekhusu’kan kita untuk beribadah. Namun untuk memperdalam logika ini coba Anda bayangkan dan bandingkan ketika Anda sholat di masjid yang berdebu, masjid yang sedikit sudah kusam dibandingkan dengan sholat di masjid yang setiap hari di bersihkan dan dipell dari debu-debu yang kotor. Tentunya akan sangat berbeda sekali efeknya. Masjid yang bersih akan menjadikan kita lebih kerasan untuk beribadah, sebaliknya masjid yang kotor, masjid yang berkesan kumuh dan jijik secara tak langsung akan menjadikan kita tak nyaman dan tak kerasan untuk beribadah di tempat tersebut. Masuk akal bukan? Ya tentu sangat masuk logika sekali ketika masjid yang indah secara langsung menjadikan kita nyaman untuk beribadah. So, tulisan sederhana kali ini saya ingin menulis tentang berbagai inspirasi desain masjid yang indah dan keren dengan konsep minimalis.

Masjid Modern Minimalis Terbaru
Masjid Modern Minimalis Terbaru

Kenapa dengan masjid minimalis? Ya, desain masjid minimalis adalah salah satu model desain masjid yang paling banyak di cari beberapa tahun terakhir ini. Desain masjid minimalis merupakan satu dari sekian desain yang paling di sukai oleh orang-orang dengan perilaku modern. Simpel, artistik dan keren adalah ciri khas desain masjid minimalis. Manusia modern umumnya kurang begitu suka dengan desain yang bersifat bertele-tele, desain yang sifatnya banyak sekali aksesoris serta penuh pernak-pernik yang menghiasinya. Tipikal orang-orang modern dalam membangun bangunan yang paling disukai adalah desain yang murah, bagus, hemat serta sangat mengandalkan tingkat efisiensi yang tinggi. Dan dari semua desain yang paling mumpuni untuk memenuhi kebutuhan desain tersebut adalah desain masjid minimalis.

Desain Masjid Modern Minimalis
Desain Masjid Modern Minimalis

Plus Minus Desain Masjid Minimalis

Hampir semua desain mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak ada desain yang sempurna menurut mereka yang mempunyai selera penilaian serta dalam menikmati yang berbeda. Jika Anda suka dengan desain masjid tema klasik tentunya ketika melihat dengan desain masjid minimalis,  Anda akan berpendapat bahwa desain minmimalis adalah desain yang tak memiliki rasa seni. Anda akan menambahkan kekurangan desain masjid minimalis hanya mengandalkan kepraktisan dan efisien dalam membangun masjid. Bangunan masjid minimalis miskin akan polesan interior dan eksterior yang indah dan artistik.

Sebaliknya ketika Anda cinta mati dengn model masjid bertema minimalis tentunya ketika melihat masjid dengan model klasik yang penuh dengan pernak-pernik yang bertele-tele, akan memberikan sebuah pendapat banyak memubazirkan disana sini, menghambur-hamburkan uang untuk aksesoris yang tak perlu. Tentu ini merupakan pendapat dari Anda yang suka dengan model masjid yang sederhana dan elegan.

Jadi indah tidak indahnya sebuah bangunan desain masjid sanagt bersifat subjektif, tergantung dari siapa yang menilai karya desain tersebut. Bukan dari karya desain itu sedniri serta selera dari yang menilai. Namun yang jelas dari kedua desain masjid dengan tema klasik maupun modern minimalis tetap memiliki nilai plus dan minus. Semua memliki nilai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tak ada karaya desain manusia yang sempurna, kesempurnaan hanya dimiliki Rabb, sebagai kreator asli desain.

Kelebihan Desain Masjid Minimalis

  1. Simpel Efisien Namun Artistik

Masjid minimalis jika dibilang artistik sebetulnya tidak artistik banget, namun memang desain yang sederhana dan simpel. Jika di bangun dengan kemas dan rapi tentunya sudah menjadi seni tersendiri dalam membangun masjid. Masjid minimalis meskipun cukup sederhana, simpel, tetapi bagi sebagian orang disitulah seninya membangun masjid dengan kehebatan yang simpel, justru disitulah keren dan asiknya masjid dengan desain masjid minimalis tersebut.

Jika Anda ingin membangun seni membangun masjid kelas wahid di zaman modern tentunya masjid yang bersih, kemas dan rapi adalah tuntutan utamanya. So, desain yang paling bisa mengakomodir semua kepentingan iini hanya dimiliki desain majsid mininmalis yang simpel dan sederhana itu. Kelebihan utama masjid model ini adalah kemudahan dan kepraktisan dalam membangunnya, gak perlu desain yang bertele-tele dalam mewujudkan masjid yang keren serta artistik. Artistiknya desain minimalis ada pada simpel dan efisiennya itu sendiri.

  1. Bisa Dibangun Dengan Dana Yang Hemat

Ketika Anda membangun masjid toh tak selamanya dana yang Anda miliki mencukupi. Kadang dengan dana seadanya Anda bertekad utuk membangun dan memiliki tempat ibadah sendiri. So, tentunya ide yang paling praktis untuk membangun masjid dengan dana yang hemat adalah di bangun dengan model desain masjid minimalis. Masuk akal kan? Ya, cukup masuk akan dan logis ketika Anda ingin membangun masjid yang murah namun masih cukup artistik dan keren sebagai masjid modern. Tak harus membangun masjid dengan banyak model serta seni yang kelas satu, namun masjid yang bersih, rapi sederhana serta fungsional bisa di bangun dengan dana yang hemat, So inilah kelebihan masjid minimalis, bisa di wujudkan dengan dana yang pas-pasan alias dana tebatas.

Toh buat apa membangun masjid dengan desain yang muluk-muluk, desain yang super bagus namun tak segera terwujud karena menunggu cukupnya dana. Tetapi jika Anda ingin segera memiliki masjid dan modelnya yang simpel, sederhana tentunya pilihan yang paling pas ada pada pilihan desain masjid sederhana minimalis modern.

  1. Bisa Di Kondisikan Untuk Membangun Masjid Instant

Seperti point nomor dua diatas, dengan dana yang terbatas Anda bisa segera untuk mewujudkan membangun masjid. Meskipun instant namun model dan betuknya cukup keren dan bagus, salah satu desain yang bisa memenuhi persyaratan ini adalah masjid minimalis, sangat mungkin dan bisa di bangun dengan dana dan model yang instant. Modelnya masih cukup bagus dan keren menjadi masjid yang artistik. Meskipun dengan dana yang terbatas Anda masih bisa membangun masjid dengan model yang simpel, sederhana, praktis dan keren. Desain yang bisa menampung ide ini adalah desain masjid minimalis modern terbaru.

Ya..ya..ide yang cukup bagus ketika hendak membangun masjid denagn cara instant serta dengan dana yang instant. Ilham yang mulai memang idealnya segar untuk di wujudkan, salah satunya adalah membangun masjid. So, ide membangun masjid yang paling keren dengan model instant adalah desain modern masjid yang simpel dengan konsep minimalis.

  1. Murah Dalam Perawatan

Salah satu kekurangan dan kebiasaan orang Indoensia adalah mereka pandai membangun namun tidak pintar dalam perawatan. Rata-rata perilaku orang Indonesia seperti ini adanya. So, sebagai salah satu solusi untuk mereka yang memiliki masjid namun tak banyak sumber daya untuk merawatnya adalah dengan membangun masjid yang sederhana, masjid yang simpel dan praktis, sehingga desain yang paling pas untuk kriteria itu adalah desain masjid dengan model minimalis.

Ya, dengan Anda membangun masjid minimalis memang idealnya tak memerlukan perawatan kelas tinggi jika di bandingkan dengan Anda membagun masjid yang kaya dengan pernak-pernik ukiran yang banyak serta memiliki tingkat ketelitian tingkat tinggi dalam membersihkan dan merawatnya. Memang jika Anda membangun masjid dengan penuh pesona ukiran, pesona lekuk-lekuk yang indah serta cantik berarti sudah sadar dengan konsekuensinya, memberikan perawatan yang kontinyu dan konsisten. Diperlukan sebuah perawatan ekstra dengan kondisi-kondisi masjid tersebut. Jika Anda tak lakukan ini pastinya masjid yang Anda punya akan mudah terkesan kusam dan tak tampak indah lagi ketika pertama kali di bangun. Meskipun indah tentunya akan tak terpancar keindahan asli masjid itu sendiri, karena kurangnya dalam hal perawatan yang intens.

Namun jika Anda tak mau susah-susah dan direpotkan dengan perawatan Yang ekstra ini, ya pilhan yang memungkinkan adalah Anda bangun masjid dengan desain minimalis. Sehingga tak perlu perawatan yang ekstra tinggi untuk membersikan dan merawatnya. Cukup simpel dan praktis. Yang penting selalu tetap terjaga kebersihan dan mengecat ulang secara berkala ketika cat-cat yang sudah kusam tentu masjid minimalis Anda akan berkesan seakan menjadi baru lagi. Masjid Anda akan berasa masjid yang baru terus meskipun memberikan perawatan tak seintens memiliki masjid dengan desain klasik penuh dengan hiasan yang bertabur.

  1. Fungsional Dalam Optimasi Ruangan

Masjid minimalis memang memiliki kelebihan dalam optimalisasi ruanagan masjid secara penuh. Inilah kesukaan orang-orang modern dalam membangun masjid yang optimal. Meskipun masjid Anda tak terlalu luas namun karena di bangun dengan model minimalis tentunya sangat positif untuk mengoptimalkan seluruh ruangan menjadi masjid. Coba bandingkan dengan desain masjid yang bertema klasik, rata-rata mereka harus memiliki desain masjid dengan tanah yang cukup luas kemudian di barengi dengan sekat-sekat ruang yang kadang tak efisien dan semuanya tak digunakan untuk ruangan masjid. Mungkin banyak di mubazirkan sebagai ruangan emperan masjid, bukan sebagai ruang utama masjid.

So, jika Anda mempunyai luas tanah yang terbatas untuk membangun masjid, Solusi yang paling pas adalah memilih desain bangunan yang bisa mengotimalkan seluruh ruangan untuk masjid, desain ini adalah desain masjid minimalis.

Kekurangan Desain Masjid Minimalis

Masjid minimalis meskipun memiliki beberapa kelebihan namun tetap juga mempunyai kekurangan. Namuanya juga sebuah desain tentunya tak ada yang perfek sempurna. So inilah beberapa kekurangan desain masjid jika Anda memilih dengan konsep minimalis.

  1. Miskin Desain Yang Artistik

Masjid minimalis meskipun simpel dan praktis ada kekurangan yang sangat mencolok yaitu miskin desain yang artistik rata-rata desain minimalis hanya seperti itu-itu saja, jarang desain masjid minimalis yang berkesan moncer denagn tingakt seni yang kelas tinggi.

So, jikapun Anda ingin membangun masjid yang mewah dan berkelas dengan ide minimalis Anda bisa membangunnya dengan desain nomor satu untuk mengurangi kekurangan dari desain masjid yang terkenal fungsional ini.

  1. Modelnya Terkesan Monoton

Kekurangan lainnya desain masjid minimalis adalah desain masjid ini sangat berkesan monoton dan miskin kreatifitas. Desain masjid dengan pola minimalis merupakan desain masjid yang itu-itu saja. So, kekurangan ini adalah hal yang wajar mengingat desain masjid dengan tema minimalis lebih mengandalkan efiseinsi bangunan serta fungsional ruangan secara utuh.

  1. Bukan Masjid Yang Ideal Untuk Anda Yang Suka Seni Arsitektur Masjid Kelas Wahid

Satu lagi kekurangan yang pasti untuk masjid desain minimalis adalah desain masjid ini merupakan masjid yang tidak ideal dalam membangun masjid dengan kualitas arsitektur nomor satu. Jika Anda ingin membangun masjid dengan desain yang wah lagi mewah tentunya minimalis belum bisa mengakomodir keinginan Anda. Salah satu masjid yang kaya akan seni dan arsitektur yang tinggi adalah desain masjid dengan model klasik yang elegan.

Itulah tulisan dari kami tentang desain masjid minimalis. Semua tetap mempunyai kelebihan dan kekurangan. Semoga tulisan ini memberikan wawasan baru tentang masjid bertema minimalis.