Kekurangan Dan Kelebihan Menggunakan Material Bangunan “BATAKO SEMEN PC/ BATAKO PRESS” (Bagian 2)

Sponsored Links

Bahan Bangunan BATAKO SEMEN PC/ BATAKO PRESS

Untuk tulisan kali ini akan kita bahas mengenai keistimewaan penggunaan material dinding dengan batako semen pc/batako press. Batako semen pc atau batako press yang ada di pasaran umumnya menggunakan bahan dasar semen di campur dengan batu pasir kasar yang di cetak menggunakan mesin press. Batu batako semen pc atau batako press kadang juga bisa menggunakan bahan baku material batu tras di campur dengan kapur plus di tambahkan sedikit air. Ada juga di pasaran bahan dasar batako menggunakan bahan batubara di campur dengan semen plus pasir.

Material batako mempunyai kekurangan soal kekuatan jika di bandingkan dengan batu bata merah dalam hal isi. Maksudnya jika batu bata merah tidak ada rongga di dalamnya, namun batako ada rongga di dalamnya. Sehingga ketika di aplikasikan dalam sebuah bangunan misalnya untuk dinding batako cenderung kurang kuat, karena rongga yang di miliki batako.

Satu hal lagi kekurangan penggunaan batako untuk dinding yaitu bahan dasar batako adalah semen sehingga ketika batako di jadikan sebagai dinding cenderung lebih panas atau kurang bisa menyerap panas ketika terjadi terik matahari dan menjadikan ruang yang dindingnya terbuat dari batako akan panas atau gerah.

Material batako memiliki spek sebagai berikut:

• Batako press atau pc memiliki berat dalam kondisi kering : 940 kg per m3
• Berat batako press dalam keadaan normal : 1000 kg per m3
• Kekuatan ketika di tekan  (daya tekan sebuah batako press): 5,5 N per mm²
• Konduktifitas termis sebuah batako biasanya sekitar : 0,339 W per mK
• Ketebalan sebuah batako : antara 20 – 30 mm
• Kekuatan di dalam menahan kebakaran api : sekitar 4 jam
• Untuk keperluan  luas dinding 1 meter persegi di butuhkan batako: 20 -25 biji batako (tanpa residual/construction waste)

Batako Indah Untuk Taman

Nilai Plus Penggunaan Material Batako Semen PC/Batako Press

  1. Kelebihan yang dimiliki dari penggunaan material batako, karena bentuknya yang rata dan halus, ketika dipasang (diikat) oleh seorang tukang yang rapi, tentu tidak di perlukan dinding untuk di plester, sehingga ada penghematan biaya untuk plester.
  2. Menggunakan material bangunan rumah dengan batako semen PC atau Batako press didalam pengerjaan lebih cepat, karena bentuk material yang cenderung seragam, sehingga mudah dalam proses pengerjaan.
  3. Karena bentuk batako press yang cukup besar jika di banding dengan batu bata merah, memberikan nilai plus dalam proses pengerjaan lebih murah, jika di banding dengan material batu bata merah yang ukurannya cenderung lebih kecil.
  4. Material batako semen PC/Batako Press lebih cenderung kedap air, sehingga ketika di jadikan dinding tidak berpotensi ada rembasan air atau bocor.

Nilai Minus Penggunaan Material Batako Semen PC/Batako Press

  1. Kelebihan sekaligus kekurangan yang dimiliki material batako semen PC atau batako press, karena fisiknya memiliki lubang di tengah menjadikan mudah pecah atau retak ketika di pasang. Memang di satu sisi ada rongga untuk sirkulasi udara, tapi secara kekuatan akan kalah jika dibanding batu bata merah yang bentuknya padat dan utuh.
  2. Material batako terdiri dari semen pc, sekitar bahan dasarnya 50% terdiri dari semen. Ketika batako press di jadikan sebagai dinding, material ini kurang baik dalam menyerap hawa panas. Sehingga ketika musim kemarau atau musim panas ada kecenderungan terasa gerah di dalam ruangan yang dindingnya terbuat dari batako.

Nah, itulah uraian dari kami tentang kekurangan dan kelebihan di dalam penggunaan material batako semen PC atau batako press sebagai bahan bangunan.

Semoga Bermanfaat!