Keistimewaan Desain Rumah Traditional Yang Tak Lekang Oleh Waktu “Rumah Joglo Jawa”

Sponsored Links

Desain Rumah Jawa Joglo

Bercerita soal desain rumah seakan tidak ada habisnya. Baik rumah modern maupun rumah klasik traditional. Salah satu desain yang akan kita bahas kali ini adalah desain yang tidak lekang oleh waktu yaitu “Rumah Joglo Jawa”

Walaupun hari ini banyak berhembus trend rumah model Eropa, Desain Mediterania, desain rumah Gothic maupun desain rumah yang lain  baik yang desain rumit maupun sederhana seperti desain rumah minimalis. Tapi desain rumah traditional klasik warisan budaya nenek moyang kita yaitu rumah Joglo Jawa tetap akan punya peminatnya.

Dimana sih letak keistimewaan desain rumah traditional “Rumah Joglo Jawa”???

Rumah dengan model Joglo ala Jawa memiliki sebuah keistimewaan yang unik yang merupakan ciri khas desain rumah traditional-traditional lain yang juga di punyai rumah traditional daerah lain di Indonesia. Seperti rumah traditional ala Sumatera, rumah traditional ala Bali dan rumah traditional model Madura.

Beberapa Keistimewaan Rumah Joglo Jawa:

  1. Material kayu jati yang di gunakan kualitas nomor satu

Keistimewaan bangunan Jawa untuk rumah joglo yaitu material yang digunakan adalah material kelas satu. Kayu jati yang di gunakan biasanya menggunakan kayu jati yang sudah tua dan betul-betul tua. Dengan material kayu jati yang super ini secara tidak langsung memberikan aura kokoh dan kuat di dalam sebuah bangunan.

Selain menggunakan material kayu jati yang kelas wahid, material-material lain yang di gunakan juga berkualitas sangat bagus.

  1. Mempunyai soko guru (4 tiang penyagga utama) sebagai penyangga utama rumah

Desain khas yang di miliki rumah joglo jawa adalah mempunyai tiang soko guru yang terdiri dari 4 tiang di tengah-tengah bangunan sebagi penyangga utama sebuah bangunan model joglo simple kata bangunan jawa memiliki 4 pilar utama.

Kata soko guru juga dipercaya memiliki sebuah filosofi kehidupan, kata soko guru ini pernah di aplikasikan zaman orde baru sebuah filosofi pentingnya sebuah koperasi. Koperasi di propagandakan sebagai soko guru perekonomian Indonesia. Soko guru merupakan penyangga utama sebuah bangunan, begitupun koperasi juga soko guru ekonomi Indonesia.

Keistimewaan bangunan jawa joglo dengan soko guru merupakan sebuah desain yang betul-betul matang diperhitungkan. Mana buktinya? Buktinya dengan soko guru bangunan-bangunan di jawa diperhitungakan kuat untuk menahan daerah yang rawan dengan gempa. Banyak bangunan kuno desain khas joglo yang masih bertahan kokoh, walaupun sudah berkali-kali terjadi bencana di Indonesia khususnya di tanah jawa. Untuk mempersempit ilustrasi ini, sebagi contoh bangunan-bangunan dengan desain joglo di wilayah kasultanan Jogjakarta dan kasulatanan Solo, tidak sedikit  bangunan kuno ala Jawa yang masih berdiri kokoh walaupun sudah melewati berbagai bencana gempa di jawa.

Rumah Joglo Jawa Timur

  1. Memiliki atap model semi-semi piramid

Ciri khas lain yang dimilki bangunan jawa joglo adalah desainatapnya yang khas yaitu memiliki atap model semi-semi piramid. Atap model piramid ini bukan berarti lancip seratus persen ala piramid di mesir. Namun rumah khas joglo jawa ini mempunyai desain atapnya memiliki kemiringan agak ekstrim.

Keistimewaan atap model ini adalah cepatnya untuk mengalirkan aliran hujan, sehingga atap akan cenderung cepat kering jika terjadi hujan. Ciri khas atap bangunan ini tidak dimiliki oleh atap-atap di dunia manapun. Atap ini khas milik bangunan jawa joglo.

  1. Sebelum membangun memiliki hitungan-hitungan dimensi lain  yang

Bangunan model jawa ini jika Anda percaya soal-soal klenik memang biasanya menggunakan perhitungan-perhitungan tertentu ala orang jawa.

Namun hari ini perhitungan-perhitungan tersebut tidak semua orang Jawa tahu. Mereka dalam membangun rumah ada hitungan tanggal tertentu yang tidak boleh di langgar.

Terkesan agak berbau-bau klenik memang, namun kondisi seperti itulah yang ada zaman tempo dulu ketika orang Jawa di dalam membangun rumah.

Kalo di dalam masyarakat Jawa biasanya di sebut dengan ilmu kejawen. Dinamakan kejawen, karena itu ciri khas ilmu-ilmu yang di miliki orang Jawa.

Namun jauh dari semua itu, sebenarnya desain dan material bangunan yang di gunakan semuanya menggunakan kelas wahid, sehingga mau-tidak mau menjadikan eksotiknya sebuah bangunan joglo jawa ini.

Desain rumah joglo memiliki keistimewaan-keistimewaan lain yang mungkin belum terungkap dalam tulisan ini, namun yang jelas model bangunan ini kaya akan filosofi dan pelajaran kehidupan. Bukan melulu sebuah bangunan rumah yang hanya untuk melindungi penghuninya dari sengatan panas matahari dan melindungi dari hujan, tapi sebuah rumah yang di bangun dengan hitungan-hitungan tertentu namun penuh dengan misteri.

Selamat berinspirasi dengan bangunan desain khas jawa, yaitu rumah “Joglo Jawa”