Keeksotikan Desain Rumah Jawa Joglo

Sponsored Links

Keeksotikan Desain Rumah Jawa Joglo

Desain rumah dengan gaya Joglo merupakan desain rumah tinggalan warisan leluhur nenek moyang soal karya ciamik serta moncer untuk rumah. Rumah joglo jika ditinjau dari estetika keindahan serta keunikan sebuah rumah sangat memenuhi unsur-unsur yang penting didalam sebuah rumah.

Rumah joglo jika di kaji secara ilmiah rumah ini sangat baik didalam menata sebuah aliran sirkulasi udara. Lho kok bisa? Wow, itulah yang penulis bingung ingin mengungkapkan dengan kata-kata. Jika ditinjau dari sisi perklenikan memang orang zaman dahulu sangat menyukai sesuatu yang berbau hitung-hitungan ala Jawa ketika membangun dan membuat rumah. Salah satu rumah yang terkena imbasnya adalah desain rumah model Joglo ini. Walaupun dibangun dari sisi-sisi yang tak nampak oleh kasat mata, namun secara ilmu keilmiahan modern rumah Joglo ini sangat memenuhi dari sisi Ying dan Yang jika itu ditinjau oleh teman-teman yang dari suku Thiong Hoa. Biasanya rumah-rumah keJawen ala Joglo ini sangat sempurna didalam mengaplikasikan ilmu tentang tata letak suatu tempat atau isltilah kerennya feng shui.Rumah Joglo sangat memenuhi estetika-estetika model seperti ini.

Anehkan? Yach sesuatu yang aneh untuk desain rumah Joglo. Rumah yang masa itu belum ada tehnologi secanggih saat ini, namun meampu mengkreasikan serta berimajinasi sebuah rumah yang sangat eksotik serta elegan. Rumah Jawa Joglo sangat unik dan eksotik jika di tinjau dari keindahan desain dan arsitektur pengaplikasian rumah. Bagaimana mungkin di zaman tempo dulu, jika membangun rumah Joglo ala Jawa Tengah yang khas dan kental ketika terjadi sebuah letusan dan gempuran erupsi Gunung Merapi di Jogjakarta, Rumah Jawa Joglo ini tahan tidak terjadi kerobohan hanya karena tidak kuat menahan goncangan Gempa.

Apa sih yang membuat kuatnya desain rumah Joglo?

Rumah Joglo memiliki sebuah keunikan serta keeksotikan didalam membuat tiang rumah, yaitu “Soko Guru”. Ciri khas rumah Joglo adalah memiliki tiang dengan model empat pilar utama sebagai penyangganya. Yach, rumah Joglo selalunya menggunakan tiang empat di tengah-tengah rumah sebagai penahan utama untuk rumah Joglo itu sendiri. Jadi dengan konsep Joglo menggunakan tiang Soko Guru ini diharapkan menjadi rumah yang super kokoh yang tahan dari gempa maupun rumah yang tahan dari terpaan angina yang kuat. Ibarat itu sebuah gajah berdiri dengan empat kaki, dengan empat kaki utama, gajah mampu berdiri kokoh dengan beban berat tubuhnya. Analog sederhana itulah yang sangat pas untuk menggambarkan kekuatan desain rumah Joglo dengan tiang penyangga model Joglo. Sebuah desain khas untuk tiang rumah yang tida bandingannya. Sebuah tehnologi desain zaman kuno alais jadul yang sangat relevan untuk rumah-rumah modern saat ini. Joglo dengan soko guru sebuah manifestasi peninggalan tehnologi pembuatan rumah yang sangat bagus jika di tinjau dari sisi keilmiahan sebuah displin ilmu teknik sipil. Gimana tidak ampuh, rumah ini sudah sangat teruji untuk desain-desain rumah ala orang Jawa klasik.

desain-rumah-joglo-modern-klasik-terbaru

Perpaduan Ciamik Rumah Joglo Modern Dengan Paduan Minimalis

Rumah Joglo mau dikawinkan dengan desain rumah minimalis??? Cocokkah? Wow, sebuah perpaduan desain yang mengakomodasi dari desain jadul dan desain rumah modern. Dengan kreatifitas yang mumpuni pastinya akan dihasilakan sebuah desain rumah gaya kuno klasik modern yang unik serta ciamik. Untuk mengawinkan kedua desain ini tentunya harus faham dan tahu betul dari plus minus dari kedua desain tersebut. Jika rumah Joglo keunggulannya ada pada kekohan di dalam membuat tiang untuk rumah serta agak ruwet ketika harus dihadapkan pada desain interior maupun eksterior sebuah rumah. Namun disisi lain rumah dengan gaya minimalis sangat memperhatikan kesederhanaan serta kepraktisan didalm menata dan mebuat tampilan interior eksterior rumah. Dengan kondisi demikian tentulah sang perancang harus faham konsep-konsep desain rumah yang aslinya sangat berseberangan, yaitu yang satu praktis dan sederhana sedangkan Joglo penuh dengan artistik serta ruwet didaalm desain-desainnya, namun demi sebuah keindahan serta keeksotikan rumah. Berkaca dari kedua kondisi ini jika mampu mengawinkan dengan ciamik serta sempurna, tentu akan dihaslkan rumah yang moncer dan ampuh dari sisi desain dan kekokohan sebuah rumah.

Itulah catatan inspirasi sederhana soal keeksotikan desain rumah Jawa Joglo. Sebuah rumah yang cukup elegan jika dikawinkan dengan konsep desain modern rumah minimalis. Semoga menjadikan sebuah inspirasi yang terbaik untuk mendesain serta merancang rumah terbaik Anda. Selamat berkarya dengan perpaduan desain rumah Jawa Joglo dengan rumah minimalis!