Interior Keren Desain Rumah Joglo

Sponsored Links

Sepintas Sejarah Desain Rumah Jawa Joglo

Rumah Joglo adalah salah satu kebanggaan desain rumah Jawa traditional. Desain rumah ini memang merupakan termasuk desain klasik yang mungkin beberapa orang masih menyukainya. Bagi Anda pecinta seni, tentunya rumah Joglo dengan kolaborasi desain modern adalah desain yang ciamik serta berkesan modern. So, dalam tulisan sederhana kali ini, penulis ingin fokus menulis tentang desain keren rumah Joglo dengan hiasan interior yang menawan.

Sebelum jauh bercerita soal rumah Joglo, tentunya rumah arsitektur traditional ini merupakan satu dari sekian warisan rumah traditional Indonesia. Jika di Sumatera dengan rumah adat kebanggaan rumah Gadang, namun di Pulau Jawa, rumah traditional yang cukup keren dan menawan tempo dulu adalah rumah dengan gaya khas Joglo. Meskipun dalam kenyataanya rumah Joglonya orang Jawa Tengah tentunya sedikit berbeda dengan rumah Joglo orang Jawa Timur, bahkan rumah Joglo ala Jawa Barat, tentu akan mempunyai daya kreasi dan kreatifitas yang berbeda. Meskipun sama-sama Jawa namun mempunyai karakter dan ciri khas masing-masing.

Inilah seni dan uniknya desain rumah dengan gaya dan model traditional Jawa, yang sebetulnya jika diteliti lebih lanjut, bisa diunggulkan kedalam salah satu warisan budaya dunia dalam hal desain rumah. Lho kok bisa sejauh itu? Ya, tentu saja bisa, karena memang desain rumah Joglo memiliki keistimewaan dalam urusan kekuatan dan daya tahan terhadap gempa. Tentu saja tulisan ini perlu bukti yang nyata, dari mana asalnya rumah Jawa ini kok bisa tahan gempa.

Desain Interior Rumah Joglo
Desain Interior Rumah Joglo

Sebelum bercerita jauh tentang rumah Joglo, pastinya jika Anda memang orang Jawa dan tahu betul tentang adat serta kebiasaan orang Jawa, khususnya daerah Jawa Tengah, tentu tak asing lagi dengan namanya gempa bumi. Ya, daerah Jawa Tengah khususnya yang bersekitaran dengan Jogjakarta, seringkali di landa yang namanya gempa bumi, karena memang bertetangga dengan Gunung Merapi. Ya, saat itu, memang rumah di daerah ini sangat potansil terkena gempa. Sehingga dengan kondisi ini mengharuskan rumah daerah Jogjakarta wajib didesain untuk tahan gempa.

Entah idenya dari mana, ilhamnya dari mana, wangsitnya dari mana, saya belum mendapatkan informasi yang lebih dalam, namun keraton Jogjakarta memberikan contoh desain dan model rumah yang cukup unik dan ciamik, yaitu rumah yang tahan dengan gempa dengan konsep Joglo Soko guru. Denger-denger, konon kabarnya sih, ini adalah hasil dari wangsit orang Keraton dalam Jogjakarta. Orang abdi dalem yang ada di Keraton Jogja.

Adapun idenya adalah membangun rumah dengan Soko Guru. Dengan kehebatan desain, 4 pilar sebagi penyangga utaman, rumah Joglo ternyata cukup kuat dan cukup tahan, ketika terjadi gempa berkai-kali di Jogja. Dengan konsap ini dapat diharapkan rumah-rumah yang berada di sekitar lereng Gunung Merapi dan sekitarnya, ketika terjadi gempa akan bahaya gunung, rumah dengan desain khas Jawa Joglo sangat kuat terhadap goncangan gempa. Tentu ini bukan hanya tulisan omong kosong doang, dan perlu di buktikan dengan ilmiah. Namun yang jelas secara filosofi dan harmoni, rumah Joglo dengan Soko Gurunya, mampu membuktikan semua itu, sangat kuat dan tahan terhadap goncangan gempa. Bisa di bandingkan dengan rumah-rumah modern hari ni, sangat kurang bagus untuk ketahanan gempa, sering retak ketika terjadi gempa yang kadar kekuatannya tak seberapa dahsyat seperti di sekitar lereng Gunug Merapi.

Interior Keren Rumah Joglo
Interior Keren Rumah Joglo

Interior Keren Desain Rumah Joglo

Jika ngomong soal desain interior rumah, tentunya rumah Jawa Joglo ini merupakan desain rumah yang cukup keren dan bagus dalam urusan tata ruang. Desain Jawa Joglo sangat mengerti akan keseimbangan untuk sirkulasi udara. Buktinya, ketika siang hari yang terik dan panas, coba Anda singgah di salah satu rumah dengan Gaya Joglo traditional ini, biasanya tidak akan terjadi panas yang menyengat ketika Anda berada dalam rumah tersebut, justru akan ada kesan adem, meskipun diluar rumah cukup terik dan panas. Coba Anda tebak, sebetulnya ada apa, kok bisa seperti itu? Ternyata setelah di amati lebih dalam, memang desain rumah dengan gaya Joglo, mampu menetralisir panasnya hawa ruangan dengan membuat atap rumah yang menjulang tinggi. Ini biasanya ada pada model-model bangunan rumah pendopo. Biasanya memang atap untuk bangunan utama sangat menjulang tinggi. Hal inilah yang menjadikan hawa adem secara tidak langsung ketika panas menyinari rumah tersebut.

Untuk urusan interior rumah Jawa Joglo, tentunya tetap di padu dan dikonsep sedemikian rupa, sehingga menjadikan desain rumah bergaya arsitektur Jawa ini, enak di tinggali serta nyaman untuk dihuni. Inilah keren serta ciamiknya desain rumah dengan konsep Jawa Joglo, cukup memperhitungkan sisi-sisi keseimbangan dalam desain rumah. Bukan membangun rumah semata-mata untuk berteduh, namun juga cukup memperhatikan sisi kenyamanan serta nikmatnya tinggal di rumah dengan gaya klasik ini, interior yang menarik dan menawan.

Seni adalah seni, arsitek adalah arsitek. Jika bercerita lebih lanjut tentang desain interior untuk rumah bergaya Jawa Joglo, tentunya desain rumah ini bisa diutak atik serta dikreasikan menjadi desain yang bertema modern mapun rumah bergaya klasik. Cukup fleksibel untuk tatanan serta desain interior untuk ruangan rumah bergaya khas Jawa ini. Meskipun aslinya ini adalah desain klasik, namun rumah berarsitektur Joglo cukup mudah di model-model menjadi desain beraliran klasik maupun beraliran modern yang minimalis.