Inspirasi Rumah Klasik Sederhana Indonesia

Sponsored Links

Inspirasi Rumah Klasik Sederhana Indonesia

Rumah klasik sederhana peminatnya semakin banyak. Konsep utama dari rumah klasik yaitu kesederhanaan dan bergaya retro, walaupun sekarang sudah ada konsep klasik yang berpadu gaya modern. Rumah klasik terbaru sudah tidak terkesan membosankan desainnya, bahkan terlihat sedikit mewah dan juga modern. Namun, rumah klasik yang benar seharusnya terlihat jauh dari kesan modern. Yang ada kesan modern, adalah rumah klasik modern, bukan rumah klasik sederhana. Selain tatanan arsitektur, rumah klasik juga harus klasik pada bagian furniturenya, pemilihan furniture yang tepat akan mempengaruhi keklasikan dari sebuah desain rumah. Mungkin penerapan rumah klasik banyak di kota besar, namun jarang di pedesaan, dikarenakan orang pedesaan lebih memilih rumah sangat sederhana, yang penting bisa untuk tempat tinggal, jadi berbeda.

Rumah Klasik Mewah
Rumah Klasik Mewah

Lebih Jauh Mengenai Rumah Klasik Sederhana

Furniture seperti sudah dijelaskan sebelumnya sangat mempengaruhi desain dari rumah type ini. Lalu seperti apakah ciri-ciri furniture klasik? Furniture ini memiliki ciri-ciri berbentuk besar, warna natural, berbahan tanah liat, dan dipenuhi ukiran bergaya Romawi. Zaman sekarang orang-orang mengubah sedikit gaya furniture supaya terlihat modern, dengan perpaduan antara furniture modern dan furniture klasik diletakkan berdekatan. Tindakan kecil yang Anda lakukan pada interior rumah akan dapat mengubah suasana rumah secara garis besar, contohnya misalkan Anda menambahkan lukisan di dinding, namun sesuaikan lukisan dengan gaya klasik.

Atap Rumah Klasik Sederhana

Rumah klasik sederhana memiliki desain meruncing, tidak sama dengan gaya modern yang modelnya rata. Bahan-bahan gentingnya pun masih tradisional, ya karena ini rumah klasik sederhana, maka menggunakan atap model lama yaitu genting tanah liat. Genting tanah liat itu semakin kena hujan, akan semakin kuat karena sifat dasar dari tanah liat. Untuk warna genting, rata-rata rumah klasik yang sederhana menggunakan warna gelap, contohnya warna coklat, warna hitam, dan warna abu-abu. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda menggunakan warna cerah untuk genting Anda seperti coklat kekuningan, tetapi tidak disarankan menggunakan warna yang terlalu cerah, karena tidak enak dipandang.

Eksterior rumah klasik sederhana

Eksterior rumah walaupun sederhana, bisa menarik juga, tidak harus yang mahal. Sebagai pemanis, Anda bisa membuat kebun kecil di depan rumah, dengan tanaman-tanaman yang tidak berdaun lebat. Penanaman rumput Jepang juga bagus, rumput Jepang bisa banyak Anda temukan di penjual tanaman hias di kota besar, mungkin untuk daerah pedesaan masih susah mencari rumput Jepang. Yang perlu diingat adalah Anda harus merawat tanaman Anda, jangan sampai kebun Anda dari hijau menjadi kuning karena banyak yang layu, kesan klasik dan sederhana akan hilang dari pandangan jika itu sampai terjadi. Anda tentu tidak mengharapkan itu kan? Selain itu, Anda juga bisa menambahkan 1 lampu kebun, lampu kebun tidak perlu cari yang mahal-mahal, masih utamakan prinsip sederhana, cari desain lampu kebun yang klasik, supaya sesuai dengan arsitektur rumah.

Tips: Untuk tanaman yang ditanam di kebun depan sebagai hiasan eksterior, Anda bisa menggunakan pohon bonsai, pohon palm, dan tanaman bunga yang berwarna merah muda.

Tips memasang pagar untuk rumah klasik sederhana

Masih dalam tahap eksterior, setelah tips membuat kebun sebagai ornamen depan rumah, sekarang mari membahas mengenai pemasangan pagar. Pagar yang bisa Anda gunakan boleh pagar tinggi atau pagar agak tinggi. Namun, jangan gunakan pagar kayu karena kesan klasik nanti berkurang, kita buat pagar seperti bangsa Romawi jaman dahulu, supaya lebih terkesan klasik. Sekian artikel mengenai desain rumah klasik sederhana, semoga menginspirasi !