Inspirasi Ide Desain Apotik Modern Minimalis

Sponsored Links

Desain Apotik Minimalis Modern

Usaha perapotikan adalah salah satu usaha yang cukup menjanjikan dimasa yang akan datang. Ya, usaha ini tentunya diperlukan sebuah standart-standart yang biasanya ditentukan oleh pemerintah. Pastinya Anda tahu sendirikan, untuk mendirikan usaha sekelas apotik memang diperlukan ijin macam-macam yang pada intinya harus memenuhi kualitas yang pemerintah tentukan. Jadi tdak sembarangan lho, untuk mendirikan sebuah toko obat, khususnya di bidang apotik. Mungkin jika Anda berjiwa pedagang, hanya berfikir simpel bahwa apotik adalah tak lebih dari toko obat, khususnya obat-obatan yang dijual untuk umum, bukan obat-obatan khusus. Eit..tunggu dulu, apotik adalah toko yang pendirianya lebih khusus, maksudnya tidak boleh sembarangan mendirikan toko obat ini. Obat-obat yang dijual harus aman untuk dipergunakan oleh masyarakat.

Desain Apotik Minimalis Modern
Desain Apotik Minimalis Modern

Apotik selain harus aman untuk masyarakat, idealnya juga mempunyai rak, desain perabot yang standart pula. Jadi untuk mendirikan apotik harus mempunyai tata ruang interior dan ekterior yang memenuhi standart mutu. Gak bisa asal rapi dan bagus saja, namun harus memenuhi standart operasioanal perapotikan. Berikut ini standart-standar minimal yang harus dipenuhi ketika mendesain bangunan toko, khususnya untuk desain apotik minimalis.

       A. Lokasi Serta Tempat

Sebuah apotik didirikan minimal harus memenuhi standart pemerataan dan penyebaran pelayanan kesehatan. Idelanya memang apotik didirikan untuk memudahkan pendistribusian obat-obatan kepada masyarakat. Adapaun indikator yang paling mudah untuk memenuhi standar pemerataan adalah jumlah penduduk setempat, kemampuan daya beli masyarakat sekitar apotik, kesehatan lingkungan, mudah dijangkau, berada di wilayah yang strategis tentunya, plus kemudahan untuk dijangkau oleh masyarakat sekitar oleh kendaraan.

B. Bangunan Dan Kelengkapannya

Syarat berikutnya pendirian sebuah apotik adalah apotik harus mempunyai bangunan yang luas serta mempunyai persyaratan yang cukup. Selain itu pendirian apotik harus memenuhi syarat teknis sehingga memudahkan serta memberikan sebuah kelancaran tugas plus fungsi apotik dalam menjaga standart mutu perfarmasian.

Sedangkan untuk desain sebuah apotik idealnya adalah ada ruang tunggu, ruang kerja apoteker, ruang untuk administrasi, ruang untuk menyimpan obat-obatan, ruang untuk meracik dan menyerhkan obat, ruang khusus untuk mencuci obat, toilet dan kamar mandi.

Untuk bangunan apotik seharusnya mempunyai sumber air bersih yang memenuhi standar kesehatan, penerangan yang cukup, alat pemadam kebakaran yang bisa difungsikan dengan baik, ventilasi serta sistem sanitasi yang memenuhi persyaratan untuk higienis, papan apotik untuk nama apotik itu sendiri yang berisi, nama apotik, nomor ijin, alamat dan kontak telpon apotik itu sendiri.

Sedangkan untuk model serta desain apotik, berikut inilah sebagai contoh dan inspirasinnya. Mungkin Anda berfikir, desain yang paling ideal saat ini adalah desain apotik minimalis.Ya, anda benar sekali, desain apotik dengan konsep serta ide minimalis adalah salah satu desain yang cukup optimal serta fungsional dalam bentuk bangunan, khsususnya ketika Anda memilih model desain untuk bangunan yang dipergunakan untuk menjual obat secara bebas ini.