Inspirasi Gambar dan Foto Denah Rumah Minimalis Paling Baru

Sponsored Links

Inspirasi Gambar dan Foto Denah Rumah Minimalis Paling Baru

Memiliki rumah dengan desain terbaru adalah sebuah gaya hidup manusia modern terkini. Jika ngomong soal desain dan keinginan manusia pasti tidak akan ada habisnya jika bercerita rumah. Semua orang memiliki selera yang berbeda-beda soal model bangunan rumah, namun yang jelas untuk saat ini trend desain rumah minimalis masih menjadi buruan untuk dijadikan sebagai desain rumah idaman.

Rumah minimalis masih dikenal sebagai model desain rumah yang mengandalkan hunian yang simple, murah namun tetap stylish untuk ukuran rumah sederhana. Keunggulan soal efisiensi dalam urusan bangunan rumah ini banyak dijadikan oleh para pengembang, rumah minimalis menjadi produk andalan mereka. Bukan sosok rumah semi traditional semisal Joglo ataupun rumah bergaya adat Bali yang syarat dengan pernak-pernik aksesoris yang mewah yang tampak tidak begitu efisien.

Jika Anda mengenal istilah makanan dengan mie instant, kopi instant dan juga bumbu racik instant. Begitupun untuk rumah, tentu yang termasuk kedalam desain rumah instant adalah rumah minimalis ini. Kenapa bisa dikategorikan instant, ya tentunya melihat dari sisi rumah yang simple, efisien namun cukup fungsional adalah trade merk untuk rumah sederhana minimalis ini.

Desain Denah Rumah Minimalis Beserta Ukurannya

Ide untuk mewujudkan rumah minimalis kedalam bentuk bangunan nyata tentu harus didukung dengan konsep denah rumah yang matang. Yach, Anda tahu sendirikan, kebanyakan desain rumah minimalis memang tidak dibangun kedalam bangunan yang super luas, rata-rata ukuran rumah minimalis di kisaran ukuran type 45, type 72 atau maksimum di type rumah 90 lebih-lebih sedikit. Sehingga melihat ukuran rumah yang tidak terlalu luas diperlukan sebuah penataan ruang yang tepat untuk kepentingan optimalisasi tata ruang rumah itu sendiri.

Untuk mengkonsep denah rumah, jika didalam ilmu estetika keseimbangan ruang intinya adalah bagaimana mengatur sebuah ruangan untuk rumah menjadi berimbang, teratur, tertata dengan rapi plus memiliki sirkulasi udara yang balance. Anda tahu sendirikan, jika melihat desain-desain rumah traditional seperti rumah Jawa Joglo, desain rumah Betang untuk Kalimantan semua memiliki keseimbangan didalam menata denah rumah itu sendiri. Sesuatu yang nampak sederhana namun cukup istimewa bagi peneliti yang memperdalam ilmu soal desain dan denah rumah yang terbaik. Kesimbangan didalam menata dan mengatur denah inilah yang jika seorang pemula mungkin belum paham betul bagaimana mengoptimalisasi serta meletakkan ruang-ruang yang terbaik untuk rumah minimalis ini.

Jikapun ada sebagian dari pembaca mengetahui ilmu ying dan yang dalam mengatur kesimbangan ruangan tentunya memang denah yang terbaik adalah mengacu pada sisi dimensi ini. Sebuah dimensi pengaturan tata ruang dengan melihat sesuatu yang tidak kasat mata, namun sebetulnya ada didalam keseimbangan model dan denah suatu rumah. Tetapi untuk mereka yang kurang percaya dengan hal-hal yang berbau klenik dan sejenisnya itu, inti dari denah rumah adalah untuk mengoptimalkan serta menyeimbangkan tata ruang rumah itu sendiri. Mungkin Anda sendiri pernah tahukan, ada bangunan rumah yang terlihat secara fisik cukup luas, namun terasa kurang nyaman karena dampak peletakan dan pengaturan denah rumah yang kurang tepat. Kondisi ini bisa saja terjadi, karena sirkulasi udara yang kurang tepat sehingga mengakibatkan ruangan berkesan sumpek serta gak nyaman.

Untuk ukuran denah rumah minimalis sebetulnya tidak ada ukuran yang standart, namun bisa disesuaikan dengan selera Anda. Jika Anda menginginkan ruangan yang luas misalnya untuk kamar tidur utama bisa Anda pilih ukuran 3 kali 4 meter. Sebuah kamar yang sudah terbilang cukup luas untuk ukuran rumah sederhana hari ini. Apalagi desain rumah yang akan Anda bangun menganut konsep desain rumah minimalis. Sedangkan untuk kamar tambahan bisa Anda beri ukuran 3 kali 3 meter atau 3 kali 2 meter. Semua tergantung dengan kebutuhan Anda. Tetapi jangan sampai didalam mengatur tata letak kamar tidur ini, ada semacam ketidak berimbangan anatara kamar tidur satu dengan kamar tidur lainnya. Disinilah letak seni didalam mengatur desain rumah yang aplikasinya pada proses pemilihan denah rumah itu sendiri.

Denah kamar mandi
Denah kamar mandi

Pengaturan Denah Kamar Mandi Yang Terbaik

Seterusnya untuk ukuran kamar mandi silahkan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Jika Anda menyukai denah desain kamar mandi yang luas, silahkan di optimalisasi untuk kamar mandi tersebut. Sebaliknya jika Anda menginginkan kamar mandi yang simple dan sederhana, tentunya kamar mandi yang mungil namun cukup fungsional akan sangat tepat untuk dijadikan denah kamar mandi milik Anda.

Denah kamar mandi yang ideal adalah denah yang mampu menjadikan kamar mandi tersebut nyaman ketika digunakan. Tidak perlu terlalu luas, namun cukup memberikan rasa nyaman ketika digunakan untuk aktifitas di kamar mandi. Jika Anda suka desain kamar mandi plus closet jadi satu tentu akan menghemat untuk peletakan denah kamar mandi. Seterusnya jika Anda suka memisahkan antara closed dan kamar mandi tentu akan sedikit memakan ruangan, namun jika rasa itu yang ternyaman bagi Anda bukan sebuah pilihan yang salah ketika memilih desain denah model seperti itu.

Pengaturan denah kamar mandi untuk ukuran mungil sekelas rumah minimalis type 36 dan ukuran 45 tentu memilih antara closed dan kamar mandi adalah denah yang terbaik. Selain tidak memakan ruangan, juga untuk optimalisasi penggunaan tata letak ruang untuk rumah itu sendiri. Jadi untuk denah kamar mandi ukuran rumah type mini, idealnya adalah menggabungkan bak mandi dengan closed itu sendiri.

Tips Terbaik Untuk Membuat Denah Rumah Minimalis

Barometer apa yang terbaik ketika membuat denah rumah minimalis? Tips terbaik untuk menjadikan barometer yang paling ideal untuk desain tata ruang rumah adalah kenyamanan. Sebagus apapun rumah Anda, namun ketika bercerita soal denah rumah yang tidak menjadikan Anda nyaman, berarti itu masih belum dikategorikan rumah yang memanusiakan manusia. Yach, kadang kita sering menjumpai rumahnya secara desain eksterior cukup menawan, namun jika Anda masuk didalamnya bukan termasuk rumah yang nyaman untuk ditinggali yang disebakan peletakan denah rumah yang kurang balance.

Ada ruang yang cukup luas di satu sisi, namun sebaliknya ada kamar yang terlampau sempit diruangan sebelahnya. Tentu Anda pernah melihatkan, rumahnya kelihatan sangat bagus dari luar, tetapi ketika masuk didalamnya pengaturan kamar satu dengan kamar yang lain terkesan berantakan, atau tambal sulam sehingga rumah yang idealnya luas memiliki kenyamanan tidak lagi terasa nyaman karena denah rumahnya yang amburadul.

So, kesimpulan sederhana dari konsep denah rumah minimalis adalah sebuah ruangan yang mampu menjadikan pemilinya nyaman, plus cukup memenuhi estetika keindahan desain rumah itu sendiri. Bukan rumah yang kelihatan terlalu luas namun cukup banyak memubazirkan ruangan yang tidak perlu, sehingga unsur efisiensi serta fungsional dari sebuah rumah menjadi kurang maksimal. Itulah inspirasi sederhana dari kami, soal denah rumah minimalis yang ideal. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi Anda didalam mencari ide yang terbaik untuk membuat denah rumah minimalis.