Inspirasi Desain Rumah Ukir Ala Kalimantan

Sponsored Links

Rumah Ukir Kalimantan

Jika Anda di Jawa sudah familiar dengan konsep desain beraroma Gebyok, tentu kekayaan kahs Indonesia lainnya yang tak kalah menarik adalah desain dengan model ukir-ukiran Kalimantan. Entah desain model Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalteng, atau Kalsel semua mempunyai keunikan serta keanekaragaman didalam seni ukir mengkir dalam aplikasinya terutama untuk pintu dan jendela. Jika dilihat dari ukir sebetulnya kurang lebih sama, namun motif dan dari bahan kayu yang membedakan. Lihat saja salah satu desain ukir untuk rumah jenis Kalimantan berikut ini:

Rumah ukir Kalimantan
Rumah ukir Kalimantan

Coba Anda perhatikan dengan baik, sebuah tradisi budaya lokal yang syarat dengan jiwa spritual soal desain. Desain rumah khas adat Kalimantan bukan semata-mata hanya urusan ukir mengukir di atas kayu, namun lebih dari semua itu. Desain ini menunjukkan kedalaman soal simbol etnik spritual budaya masyarakat setempat.

Jika Anda seorang penikmat seni sejati, tentu dengan melihat desain rumah ini akan tercermin sebuah budaya desain yang kelas wahid dikala itu. Lihat saja dari ukiran seni diatas kayu diatas. Dengan sentuhan kehalusan akan kreatifitas seni, masyarakat suku Dayak sudah faham dan mengerti arti sebuah seni dan keindahan dalam aksesoris rumah. Cukup menarik dan menawan bukan???

Rumah ukir Kalimantan memang mempunyai ciri yang berlainan dengan ukir-ukiran yang sudah sama melegenda, ukiran ala Sumatera, ukiran khas Jepara, ukiran Gebyok serta ukiran bergaya Bali. Namun untuk Kalimantan mempunyai ciri khas yaitu, halus serta motif etniknya yang kental. Ya, pantaslah dengan sebutan Borneo yang memiliki ciri khas seni ukir rumah yang mantap.