Inspirasi Desain Rumah Sepanjang Masa Gaya Kolonial dan Type Gothic

Sponsored Links

Inspirasi Desain Rumah Sepanjang Masa Gaya Kolonial dan Type Gothic

Inspirasi tulisan sebelum ini, yaitu ide desain rumah sepanjang masa dengan desain rumah model mediterania dan desain rumah Klasik. Artikel kali ini akan membahas uniknya desain rumah dengan gaya Kolonial dan model Gothic.

Dua desain type kolonial dengan type gothic sama-sama inspirasi desain rumah yang berangkat dari Eropa. Desain dengan gaya kolonial dan gaya gothic di Indonesia merupakan bawaan pengaruh dari peninggalan kolonial belanda. Namun untuk desain rumah gaya gothic masih sangat jarang di jumpai di Indonesia. Dengan fakta sejarah Indonesia di jajah Belanda selama 350 tahun mau tidak mau pengaruh dalam mendesain bangunan juga memberikan pengaruh terhadap bangunan-bangunan masa itu.

Dengan elegannya desain rumah gaya kolonial dan desain rumah gaya gothic sampai hari ini masih menjadikan inspirasi indahnya dalam arsitektur rumah. Rumah Gaya ini memberikan “brand” serta kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Betapa tidak! Jika Anda mempunyai rumah dengan salah satu desain kolonial atau desain gaya model gothic secara tidak langsung memberikan pamor tersendiri bagi Anda. Jauh sekali kesan sederhana yang di miliki type rumah model ini. Dengan gayanya khas desain rumah model eropa sehingga kedua desain rumah model kolonial serta gothic masih layak di jadikan pilihan desain rumah sepanjang masa.

Keistimewaan Desain Model Kolonial

Desain rumah dengan gaya kolonial layak di jadikan pilihan inspirasi desain rumah sepanjang masa karena memiliki desain yang khas serta klasik. Jika Anda menyukai type rumah dengan gaya klasik, desain dengan gaya kolonial sangat memberikan sebuah keistimewaan bagi pemiliknya, sebuah pilihan yang sempurna.

Desain ini trend sekitar abad 18, dengan ciri khas pondasi bangunan yang sangat kokoh. Jika kita melihat desain ini aksesoris yang mecolok adalah hiasan dinding batu kali yang di cat hitam dan putih. Desain ini jika di belanda sendiri memiliki nama yang cukup unik “Duth Colonial Homes in Natural Brick Color”. Dengan gaya eropanya yang khas biasanya memiliki cerobong asap untuk membuat perapian. Namun jika Anda membangunnya di daerah tropis tidak wajib menggunakan cerobong untuk rumah Anda, karena sifatnya hanya aksesoris untuk daerah tropis. Tetapi alangkah elegannya jika menambahkan untuk keanggunan rumah Anda.

Keistimewaan Desain untuk rumah dengan type kolonial adalah menggunakan atap dengan kemiringan yang tajam. Kenapa dengan kemiringan sangat tajam? Desain atap dengan kemiringan yang tajam untuk mengkondisikan ketika turun hujan air tidak berlama-lama mengendap di genteng tapi langsung mengalir ke tanah.

Desain model rumah kolonial mengacu kepada gaya orang eropa yang sangat menyukai views pemandangan, sehingga ciri istimewa yang lain desain bangunan ini memiliki gaya teras terbuka. Ketika ada waktu senggang sangat nikmat untuk bermalas-malas dengan secangkir kopi di depan rumah sambil menikmati views pemandangan di sekitarnya, atau sekedar menghabiskan waktu untuk membuka koran pagi hari.

Interior Rumah Model Gaya Gothic

Keunikan Desain Rumah Gaya Gothic

Desain rumah gaya gothic merupakan desain rumah dengan gaya arsitektur eropa klasik yaitu dari daerah Perancis. Desain rumah type gothic mencerminkan rumah orang-orang kelas borjuis masayarakat eropa abad 18an. Jika hari Anda melihat rumah dengan desain gothic mungkin yang terkesan adalah rumah yang syarat dengan nuansa angker. Kesan angker ini di timbulkan karena luasnya rumah dan banyaknya kamar yang dimiliki rumah ini. Rumah gothic jika di eropa, biasanya untuk syuting film tentang drakula, atau film-film horor lainnya.

Namun, jika hari ini Anda membangun rumah dengan desain model gothic bisa berkesan lain. Pasalnya rumah dengan gaya gothic biasanya memerlukan luas tanah yang bukan sedikit, serta memiliki ruang yang banyak. Kesan yang di tampilkan rumah gothic jika Anda bangun di lahan Anda, akan berkesan sangat wah. Selain bentuk bangunan yang menjulang tinggi, bangunan rumah model gothic ini seakan-akan mewarisi megahnya kebudayaan bangsa eropa di masa lampau.

Gaya klasik yang di tampilkan dari rumah gothic yaitu dengan indahnya ukir-ukiran untuk aksesoris rumah. Kesan kokoh serta kuat sangat di munculkan karakter rumah type gothic.

Sebenarnya jika kita melihat sejarah pembangunan rumah model gothic inspirasinya berasal dari konsep Ketuhanan yang kala itu di desain untuk pengabdian kepada Nabi Isa Alaihi Salam (jika orang nasrani menyebutnya Tuhan Yesus). Bentuk bangunannya memang terlihat sangat artistik serta mengedepankan sentuhan seni.

So, Jika Anda mendesain rumah type ini, harus siap-siap dengan tatanan desain yang “jlimet” serta memiliki ketelitian tingkat tinggi.

Itulah, inspirasi dari kami tentang dua desain rumah sepanjang masa dengan mengusung konsep desain rumah dengan gaya kolonial dan rumah dengan desain gaya gothic.

SELAMAT BERINSPIRASI DEGAN BANGUNAN KLASIK RUMAH ANDA!