Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2015

Sponsored Links

Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2015

Tren desain rumah dengan ide minimalis di tahun 2015 masih akan menjadi desain rumah yang difavoritkan. Ya, dengan keunggulan yang simpel namun memiliki desain yang fungsional, rumah dengan konsep minimalis akan dibutuhkan disaat manusia modern sudah begitu menghargai waktu. So, sederhana namun elegan adalah hal yang wajib ada untuk desain serta model rumah-rumah bertema modern. Desain klasik dengan aroma yang rumit dan memerlukan perawatan ekstra sudah mulai ditinggalkan. Manusia hari ini cukup dengan rumah yang sederhana, simpel dan memiliki keunggulan fungsional yang optimal adalah hal meski ada untuk tatanan rumah modern. Ya, biasa orang sebut dengan ide desain rumah minimalis.

Tahun 2015 sudah berjalan, lalu pertanyaannya “apakah desain rumah minimalis masih trend?” Ya,ya desain rumah minimalis masih akan trend, namun dengan konsep yang lebih inovatif serta variatif. Jika dulu pola-pola desain rumah minimalis masih mengandalkan ritme polosan dengan andalan garis lurus, irama teratur dengan pola sederhana bergaris baik vertikal maupun horisontal, namun hari ini, desain minimalis sudah mulai berakulturasi dengan desain-desain lokal. Lihat saja, jika Anda berada di daerah Jawa Tengah semisal Kudus, desain rumah minimalis sudah dikolaborasikan dengan desain Gebyok yang menjadi andalan ukir di wilayah ini. Jika Anda berada di Jogjakarta yang dominan dengan desain Joglo, tentu aroma Joglo minimalis menjadi gaya yang cukup trend dan populer untuk rumah-rumah daerah ini. Cukup beragam memang kreasi-kreasi desain yang mengawinkan keunggulan minimalis dengan desain lokal.

Bergerak lagi ke wilayah lain di Indonesia seperti Bali, tentu desain rumah minimalis juga akan berkembang dengan desain minimalis ala Bali. Desain elegan tanpa meninggalkan desain rumah gaya Bali yang biasa identik desain rumah tropis modern. Ya, desain rumah dengan model minimalis Bali memang menjadi karya unggulan untuk rumah-rumah bertema tropis. Apalagi dikombinasikan dengan desain yang bernuasa modern. Wow, akan menjadi kawinan desain sempurna yang mengawinkan konsep klasik dan modern. Sebuah paduan desain yang sempurna untuk penampilan rumah di tahun 2015 ini.

Desain rumah minimalis 2015

Kolaborasi Desain Modern Dengan Aroma Joglo Minimalis

Ketika Anda berinspirasi dengan trend desain modern di tahun 2015, dan Anda berkreasi model desain khas Jawa Joglo dengan rumah minimalis modern akan menjadi khas dan unik. Sebetulnya trend desain ini ditahun 2014 sudah mulai menggejala dan ada, namun belum begitu trend. Tetapi jika tahun 2015 ini, Anda mencoba model baru karya lokal yang disandingkan dengan rumah minimalis akan menjadi kresi karya unik tersendiri, apalagi Anda lebih memfokuskan untuk mendominasi rumah Joglonya ketimbang rumah minimalisnya. Tentu akan menjadi karya yang cukup elegan di tahun ini. Ya, desain yang aslinya biasa-biasa saja, namun dikolaborasikan dengan sempurna, bukan tidak mungkin akan menjadi trend desain baru khas dari tanah Jawa. Sesuatu kreatifitas yang mungkin akan menjadi embrio lahirnya kultur rumah orang-orang modern yang tidak meninggalkan warisan asli karya tanah Jawa ini. Akan menjadi sesuatu banget deh, jika Anda berkreasi mengawinkan dua desain yang simpel dengan desain yang boleh dibilang sedikit rumit. Ya, desain Joglo, adalah desain yang cukup terkenal dengan aerodinamisnya. Desain yang cukup ampuh untuk menahan gempuran gempa yang sewaktu-waktu melanda kawasan DIY dan sekitarnya ini. Sebuah desain yang cukup tahan terhadap terpaan tanah Jawa yang syarat dengan gempa, karena memang cukup dekat dengan gunung-gunung yang masih aktif. Joglo, memang ahlinya didalam mengakomodasi tanah Jawa yang sering terjadi gempa bumi, so jika dikawinkan dengan konsep minimalis ala Joglo atau rumah Joglo minimalis tentu akan menjadi karya yang boleh dibilang prestisius di tahun 2015 ini. Ya, bisa Anda coba! Pokoknya dijamin cukup ciamik deh rumah milik Anda.

Desain Joglo minimalis
Desain Joglo minimalis

Desain Rumah Minimalis 2015

Ketika Anda bertanya-tanya lagi, sebetulnya mau dibawa kemana sih desain rumah minimalis tahun 2015? Ya, tahun 2015 memang tahun yang cukup bagus untuk para developer perumahan membuat pola baru didalam mendesain trend rumah termodern. Diakui atau tidak diakui desain rumah traditional warisan nenek moyang kita, sudah cukup ampuh menjadi karya desain rumah yang syarat dengan estetika cipta, rasa dan karsa. Desain rumah yang cukup sempurna mengakomodasi iklim negara kita yang tropis, kadang musim panas dan kadang musim penghujan. So, desain rumah miniamlis yang paling ideal adalah desain yang mampu mengakomodasi terik panas dan hujan yang tak menentu.

Jika Anda hanya berkaca pada desain rumah minimalis saja, penulis merasa itu bukan sebuah karya desain yang cukup sempurna untuk menghadapi pola musim yang tak menentu di negeri ini. Rumah minimalis memang secara kultur barat rumah yang cukup simpel dan sederhana, tetapi jangan lupa bahwa dinegeri kita musimnya tak sama dengan musim-musim di negeri-negeri Eropa. Negeri kita di bilang negeri tropis yang membutuhkan suasana adem ketika kemarau tiba dan rumah yang nyaman ketika musim hujan datang. Trend desain rumah ini sebetulnya sudah dicontohkan oleh mbah-mbah kita yang mendesain rumah dengan cukup bagus dan sempurna yang mampu menahan panasnya kemarau serta membuat nyaman ketika musim hujan. Lihat saja tinggalan rumah-rumah kolonial zaman Belanda, mereka sudah faham dan tahu estetika yang anggun ketika mendesain rumah. Mereka sudah cukup hafal dengan perubahan musim di Indonesia, sehingga mereka cukup pandai serta anggun didalam mendesain rumah yang biasanya digunakan atap yang menjulang tinggi. Desain rumah seperti ini akan cukup dingin ketika menerima terik matahari yang menyengat serta akan cepat melemparkan air hujan kebawah ketika musim hujan melanda. Ya, biasanya memang atap untuk rumah-rumah model ini memiliki kemiringan yang cukup tajam. Sehingga ketika turun hujan tidak sempat air hujan tinggal lama-lama digenteng, namun cukup cepat mengalir turun kebawah. Rumah yang cukup sempurna bukan, untuk menghadapi dua musim yang cukup ekstrim ini.