Inspirasi Desain Rumah Kost Minimalis Dua Lantai Terbaru 2014

Sponsored Links

Desain Rumah Kost Minimalist 2 Lantai Modern – Membangun rumah kost dua lantai untuk jenis bangunan minimalis memang  gampang-gampang susah. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan agar rumah kost yang kita sewakan natinya nyaman untuk para penghuninya. Sebelum kita medesain rumah kost dua lantai tersebut perlu memperhatikan beberapa hal agar kamar yang kita sewakan nantinya efektif dan efisien. Untung menguntungkan bagi pemilik rumah kost serta untung bagi penyewa rumah kost. Lho kok bisa? Ya tentulah, karena bisa jadi menurut pemilik kost sudah memenuhi ukuran kamar standar untuk sebuah kost, tapi disisi penyewa rumah kost tersebut terlalu sempit.

Memang ada dua sisi yang perlu di perhatikan dalam mendesain rumah kost dua lantai ini. Pastikan para penyewa kamar kost Anda nantinya merasa nyaman tinggal di tempat Anda. Berikut ini kami tuliskan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mendesain rumah kost minimalis dua lantai.

  • Perhatikan luas kamar yang ideal untuk kost yang akan Anda sewakan.

Dalam mendesain rumah kost type minimalis yang ingin Anda bangun tetunya tidak lepas dari konsumen yang  Anda bidik. Akan berbeda desain rumah kost untuk para pelajar  atau mahasiswa dengan desain kamar kost untuk keluarga. Jika Anda nantinya berencana menyewakan kamar kost tersebut untuk mahasiswa dan pelajar tidak memerlukan kamar yang begitu luas. Tapi lain cerita jika Anda mendesain kamar kost untuk para pekerja atau karyawan. Tentunya luas kamarnya harus sedikit lebih luas. Karena biasanya mereka yang kost memerlukan tempat agak luas. Sedangkan para pelajar cukup yang simple tapi mencukupi untuk ditinggali.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kamar yang anda desain untuk kost satu kamar dua orang atau satu kamar khusus satu orang. Tentunya jika memperhatikan faktor ini Anda harus mempertimbangkan tata letak kasur yang akan Anda tempatkan nantinya.

Desain Tata Letak Kamar Kost

So, fikirkan juga mengenai tarif yang akan Anda kenakan nantinya, tentu semuanya berkaitan dengan luas kamar yang hendak Anda sewakan. Anda ingin membidik konsumen kamar kecil-kecil tapi banyak penghuni, atau kamar agak luas tapi sedikit penghuni. Semuanya nanti berkaitan dengan biaya sewa yang akan Anda kenakan. Karena rumah kost Anda terdiri dari dua lantai, jangan lupakan aspek kenyamanan dengan sesama penghuni kost.

  • Kamar mandi

Idealnya satu kamar mandi dalam satu satuan waktu misalnya pagi hari, di antri oleh tiga orang. Jadi jangan sampai Anda memiliki banyak kamar kost tapi tidak memiliki jumlah ideal kamar mandi. Hal ini kelihatan sederhana namun jika Anda meremehkanya akan membuat tidak nyaman para penghuni kost yang menyewa di tempat Anda.

  • Dapur

Untuk desain dapur silahkan Anda pilih dapur bersama-sama. Karena kamar kost Anda, di desain dua lantai, jika memungkinkan buat dapur di tiap-tiap lantai. Semua tergantung berapa kamar yang akan Anda bangun. Untuk dapur sebenarnya tidak seribet kamar mandi. Dapur yang penting bisa menampung mereka untuk memasak. Jangan terlalu sempit dan juga tidak perlu terlalu luas, mengingat semuanya berkenaan dengan biaya yang akan Anda keluarkan dalam membangun rumah kost tersebut.

  • Ruang Tamu

Usahakan memberikan satu ruang khusus untuk menerima tamu. Gak lucu dong, ketika penghuni kost hendak menerima tamu tapi harus di tempatkan di kamar tidur atau ruang tidur. Jadi walaupun tidak luas usahakan harus ada satu ruang untuk menerima tamu.

  • Tata ruang (desain interior) kamar kost

Penataan desain interior berkenaan dengan kenyamanan penghuni kost. Desain interior bukan hanya berkenaan penataan ruang bangunan atau kamar kost, tapi juga meliputi penataan atau tata letak kamar tidur yang akan Anda sewakan. Tata letak kasur untuk satu tingkat atau dua tingkat.

  • Instalasi  Listrik

Rumah yang akan Anda sewakan adalah untuk kost. Jadi idealnya satu kamar memiliki instalasi listrik yang minim ada, seperti stop kontak, lampu dinding dan lampu gantung. Jangan sampai satu stop kontak digunakan beramai-ramai untuk mengecas hp dan setrika,  hanya karena Anda lupa memperhatikan untuk menambahkan titik-titik stop kontak. Jika itu dilakukan beresiko konslet atau kebakaran, So perhatikan jumlah yang ideal untuk kelistrikannya.

  • Sediakan ruang  terbuka khusus untuk jemuran bersama

Satu hal lagi yang vital namun harus Anda adalah tempat untuk menjemur pakaian para penghuni kost. Layaknya sebuah rumah tangga umumnya seluruh penghuni kost memerlukan tempat untuk menjemur pakaian, jadi jangan lupa menyediakan ruang khusus untuk menjemur pakaian. Bisa Anda tempatkan lantai paling  atas atau Anda kasih ruang khusus untuk jemuran.

Itulah ulasan dari kami mengenai beberapa hal yang  harus diperhatikan ketika Anda mendesain Rumah Kost Minimalis Dua Lantai. Selamat Membangun Kamar Kost Idaman Anda!