Inspirasi Desain Rumah Adat Bali

Sponsored Links

Bali sebuah wilayah yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki model desain rumah yang tidak kalah indahnya dengan rumah rumah adat traditional Indonesia lainnya. Rumah adat Bali khas, unik, serta sangat kreatif didalam mengkreasikan sebuah rumah yang penuh dengan nuansa kenyamanan serta rumah yang membuat betah penghuninya untuk bersantai-santai serta sekedar menikmati indahnya alam disekitar rumah Bali.

Pengaruh letak geografis pulau Bali yang alamnya indah serta eksotik secara tidak langsung menjadikan pulau Bali memiliki rumah yang sangat nyaman untuk ditinggali. Nuansa seni serta rumah berkarya eksotik seakan hukum wajib untuk rumah bergaya desain Bali ini. Tampilan interior serta eksterior rumah bernuasa Bali sangat kental sekali dengan tampilan furniture bergaya traditional yang anggun serta elok. Sebuah kelebihan yang tidak dimiliki oleh desain interior rumah modern luar negeri misalnya gaya minimalis.

Satu lagi sebuah keistimewaan desain rumah adat traditional asal pulau Bali ini adalah penataan pagar yang penuh dengan nuansa ukir-ukiran plus patung yang aneh-aneh untuk sebuah rumah yang tidak umum. Pagar inilah yang mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan dengan nuansa ketal khas hindu. Pengaruh rumah dengan gaya desain Bali bukan saja ada pada bangunan-bangunan rumah, namun juga pada bangunan ibadahnya. Bahkan keeksotikan bangunan ini bukan untuk pure saja, Bali walaupun kebanyakan penduduknya beragama hindu, namun desain masjid di pulau Dewata ini juga kental dengan aroma desain gaya Bali. Anehkan? Bukan hal yang aneh di pulau ini, karena akulturasi budaya soal desain sudah begitu mengakar di masyarakat yang penuh dengan kedamaian ini.

Desain rumah Bali identik dengan rumah penuh dengan seni serta aplikasi kreatifitas desain yang anggun serta memukau. Hiasan patung, ukiran serta nuansa etnik sangat tercermin untuk desain rumah Bali ini. Sebuah rumah yang tidak biasa jika kita melihat di daerah-daerah luar Bali, seperti NTT, Mataram bahkan Lombok sekalipun. Itu merupakan semacam ikon ciri khas rumah adat model Bali.

Berikut ini kami tampilkan desain-desain rumah khas gaya Bali yang mungkin dapat menjadi inspirasi Anda didalam membanun serta mendesain rumah model Bali ini.

ruang-tamu-cantik-gaya-bali-traditional

Apa sih yang tergambar di benak Anda ketika melihat nuansa etnik rumah Bali diatas? Tentu kesan alam serta sangat natural untuk sebuah rumah. Sangat bertolak belakang dengan nuansa serta desain rumah masa kini misalnya kita sandingkan dengan desain minimalis. Kesan asri serta nuansa kental alam sangat tercermin untuk desainan rumah gaya Bali ini.

Inspirasi rumah gaya Bali untuk menjadikan rumah Anda bisa diaplikasikan dengan dua pilihan yaitu nuasa penuh (full desain) dan semi desain gaya Bali. Apa sih perbedaanya dari kedua model ini??? Perbedaanya adalah jika Anda mendesain rumah dengan nuansa serta gaya Bali ini yang pertama adalah rumah yang ingin Anda desain full bergaya etnik Bali. Jadi tidak ada campuran model desain rumah selain desain khas ala Bali. Sedangkan yang berikutnya adalah desain rumah dengan mengambil sebagian desain rumah nuansa Bali. Jadi untuk tema yang kedua rumah yang ingin Anda tampilkan masih ada gabungan dengan nuansa-nuansa rumah selain Bali. Misalnya Anda kawinkan dengan desain rumah minimalis modern bernuasa Bali. Jadi masih semi-semi gaya Bali tetapi masih ada perpaduan gaya rumah yang lain, sehingga layak disebut dengan rumah bali minimalis modern.

Untuk mengaplikasikan rumah full face atau half face bergaya Bali semua tergantung dari selera serta keinginan masing-masing untuk menghasilkan rumah gaya Bali tersebut. Jika kocek Anda pas-pasan tentunya model serta gaya half face sangat cocok bagi Anda. Sebaliknya jika kantong Anda tidak maslah untuk mengaplikasikan rumah gaya Bali dengan full face tentu rumah dengan gaya full nuansa Bali layak menjadi milik Anda.

Itulah sedikti inspirasi serta desain rumah traditional gaya Bali. Itu merpakan hanya sebuah corat-coret dari kami tentang kekaguman soal rumah traditional bergaya Bali, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi Anda.