Inspirasi Desain Perumahan Minimalis Berkonsep Rumah Eropa

Sponsored Links

Desain Perumahan Minimalis Gaya Eropa

Perumahan minimalis, ya perumahan yang lagi banyak diincar oleh mereka yang sedang mencari rumah dengan pola konsep sederhana tetapi memenuhi selera rumah yang sederhana plus fungsional dari sisi kegunaan. Rumah yang boleh dibilang mini, tetapi cukup optimal didalam menggunakan ruangan secara utuh. Hanya sebagai gambaran illustrasi perbandingan bukan rumah kayak orang-orang tempo dulu yang desainnya memang luas namun banyak pemubaziran disana-sini. Sehingga menjadi model rumah yang cukup tidak efisien jika di bangun dihari ini, selain banyak menghabiskan biaya, pastinya selera konsumen perumahan juga banyak berubah. Tentu saja ini bisa terjadi karena material sebagai bahan baku bangunan saat ini bukan komoditi yang murah, sehingga mau tak mau perumahan yang simpel lagi sederhana menjadi kebutuhan yang pokok.

Salah satu model rumah minimalis yang trend saat ini adalah konsep Perumahan Minimalis Gaya Eropa Modern. Rumah dengan desain yang istimewa dengan mengandalkan seni desain yang simpel tetapi memberikan kesan mewah serta elegan bagi penghuninya. Bahkan para developer perumahan juga sangat menyukai memilih desain bergaya Eropa ini karena memiliki kelebihan termasuk model rumah yang anggun saat di bangun berderet menjadi komplek perumahan. Jika satu rumah saja dibangun, mungkin belum terasa kampung ala Eropanya, tetapi jika di bangun dengan berjajar-jajar dengan satu komplek blok perumahan tentu akan menjadi kampung yang ciamik beraroma Eropa. Sehingga akan memberikan kesan eksotik dari salah satu budaya dari bangsa yang diakui sangat unggul mendesain arstektur rumah.

Sebagai illlustrasi tambahan jika Anda punya waktu untuk jalan-jalan di kota Batam, banyak sekali perumahan bertajuk Eropa dibangun dikota ini. Mau tak mau rumah modern minimalis Eropa menjadi produk unggulan perumahan di kota berjuluk Kala Jengking tersebut. Buanyak sekali dibangun perumahan dengan berbagai model mulai rumah bergaya Mediterania modern, Rumah Gaya Spanyol yang khas dengan lekak-lekuk ukir yang menawan hingga rumah bermodel Romawi yang mengandalkan pilar besar sebagai aksesoris pintu masuk rumah. Ya, memang cukup banyak varian dan jenis rumah yang bergaya ala Barat ini. Semua memang banyak diilhami oleh kajayaan bangsa-bangsa Eropa masa lalu.

Desain rumah eropa sederhana
Desain Rumah Eropa Sederhana

Membangun Desain Rumah Bergaya Eropa Secara Mandiri

Jika Anda mempunyai sebidang tanah dan ingin membangun rumah bergaya Eropa secara mandiri, gimana caranya? Lalu bagaimana ide dan konsepnya sehingga mempunyai penampilan rumah yang menawan layaknya dalam komplek perumahan. Ya, ini ide yang cukup menarik untuk diwujudkan membangun rumah secara mandiri tanpa mengandalkan pengembang untuk membangun rumah dengan model arsitektur Eropa ini.

Untuk membangun rumah bergaya Eropa bisa Anda lakukan dengan mengundang arsitek untuk membantu Anda mendesain gambar serta RABnya. Kemudian Anda teruskan kepada tukang yang ahli didalam melaksanakan plann gambar tersebut. Dengan dibantu diawasi oelh seorang tukang utama (mandor) Anda kerjakan proyek rumah Anda tersebut secara mandiri. Cukup simple dan mudah bukan? Jadi gak harus mengluarkan biaya yang berlebih seperti membangun perumahan layaknya didalam perumahan untuk mempunyai modern bergaya Eropa, namun bisa dilakukan dengan mandiri.

Plus Minus Rumah Minimalis Bergaya Eropa

Seni membangun rumah selalu dibarengi dengan kelebihan dan kekurangan bangunan itu sendiri. Ketika Anda menginginkan rumah bergaya Eropa modern, tentunya akan tetap mempunyai beberapa kelemahan jika di bandingkan dengan rumah bergaya Eropa yang asli dengan konsep klasik. Lalu apa kekurangan bangunan bermodel Eropa modern jika dibandingkan dengan rumah bergaya Eropa-Eropa klasik. Jawabannya sederhana, yaitu kemewahan serta kemegahan rumah gaya minimalis tidak seanggun rumah Eropa tempo-tempo dulu.

Rumah dengan ide desain rumah Eropa modern dengan aliran minimalis adalah rumah yang aslinya di ambil dari keindahan bangunan Eropa yang lawas tetapi di barengi dengan mensederhanakan ruang-ruang, desain interior dan ekterior yang terlalu bertele-tele. Maksudnya disini adalah tidak menggunakan model lekuk-lekuk ukiran yang aneh-aneh serta bermacam-macam layaknya bangunan tempo dulu. Namun di poles dan dirancang sedemikian rupa, sehingga bangunan model Eropa yang aslinya super jlimet karena banyak aksesorisnya di sederhanakan dengan interior dan interior yang praktis namun tanpa mengurangi kemegahan bangunan itu sendiri.

Mensederhanakan desain model rumah Eropa yang terlalau ruwet serta kebanyakan aksesoris memiliki kelebihan yaitu akan menghemat banyak biaya, biasa disebut dengan efisiensi. Tentu Anda tahu sendirikan, rumah dengan model Eropa banyak dihiasi pernak-pernik semacam motif bunga-bungaan yang banyak untuk setiap sudut ruangnya. Rumah bergaya Eropa klasik suka banget dengan hiasan-hiasan interior dengan motif super komplit, sehingga jika dilihat indah sih indah banget, namun untuk urusan biaya hanya orang yang betul hobby dan suka saja yang mau untuk merogoh kocek berlebih didalam mewujudkan bangunan rumah seperti itu.

So, ide yang terbaik untuk efisiensi biaya dan material tentunya dengan mengambil ide makro, general yaitu untuk desain rumah masih mencerminkan model Eropa Klasik, tetapi untuk urusan interior dan ekteriornya memilih dengan gaya simpel dan sederhana yang biasa orang sebut rumah minimalis. Sehingga rumah dengan desain ini lebih dikenal dengan ide desain rumah gaya Eropa Modern, bukan termasuk rumah berdesain Eropa Klasik.