Inspirasi Desain “Jalan Taman” Untuk Rumah Impian Anda

Sponsored Links

Sebuah rumah yang memiliki taman tentu akan terkesan lebih elegan jika di banding dengan rumah yang tanpa taman. Desain yang anggun serta elok pasti akan memberikan nilai plus tersendiri bagi pemiliknya.

Bukan hanya sekedar taman, namun bisa juga sebagai pelepas dahaga mata tentang kehijauan. Coz, di sadari atau tidak disadari mata manusia yang sering melihat alam hijau akan berbeda dengan mata yang jenuh melihat macetnya jalanan.

Menurut ahli psikolog, mata manusia pada taman modern akan jatuh pada softer shape, dan ground cover.  Dan elemen garis di dapat dari path edges. Kemonotonan gaya minimalis dapat diminimalisir pula oleh sesuatu yang eye catchy, dan hal tersebut dapt kita capai tidak hanya secara vertikal, namun juga horisontal. Salah satunya adalah membuat elemen pathway menjadi aksen estetis di sebuah taman.

Estetika dari pathway tersebut dapat kita capai dari bentukan jalur pathway, permainan pola pathway, hingga ke pemilihan material pathway. Pathway didalam sebuah  taman merupakan transisi, integrasi antara arsitektur (bangunan) dengan landscape (taman).

Material pathway merupakan sebuah perkerasan yang dapat dilalui manusia agar merasa nyaman berjalan di area taman. Material pathway pun berbagai macam, ada yan total perkerasan (tidak dapat dilalui oleh air), maupun yang semi perkerasan seperti conblock/grass block.

Untuk pengerjaan desain jalan taman Anda hanya perlu inspirasi dan imaginatif dalam pengerjaanya. Coz, pada dasarnya pembuatan jalan taman adalah cukup sederhana, simple yang penting Anda mersa nyaman untuk di lewati.

Jalan untuk taman
Jalan untuk taman

Berikut ini beberapa point yang perlu Anda perhatikan untuk mendesain keeksotikan Jalan Taman Minimalis:

  • Gunakan Keeksotikan Batu Alam Untuk Keindahan Taman

Untuk mendesain jalan di taman, material yang paling natural untuk di gunakan adalah keeksotikan batu alam. Taman minimalis batu alam bisa di peroleh di gerai-gerai peralatan taman pinggir jalan. Jika Anda tinggal di daerah Jakarta, Bandung dan sekitarnya Anda tidak susah untuk mencari material batu alam ini. Tapi jika Anda tinggal dekat dengan daerah pegunungan Anda juga bisa memanfaatkan ketidakteraturan batu alam ini sebagai jalan taman impian Anda.

  • Buat Desain Jalan Berkelok atau Berundak-undak Untuk Memberikan Kesan Alami

Untuk memberikan kesan alami, Anda bisa mendesain aliran jalan taman Anda sedikit berkelok-kelok atau memberikan undak-undak. Sehingga ketika melalui jalan taman tersebut ada nuansa berjalan di perbukitan atau pegunungan. Dengan desain ini saya yakin desain jalan rumah Anda akan terkesan jauh dari monoton, namun terkesan masih mimiliki jalan Alami.

  • Gunakan Material Yang berwarna Soft atau Lembut untuk memberikan Gaya Natural

Untuk pemilihan warna silahkan padukan warna-warna yang lembut, sehingga akan memberikan kesan natural untuk desain jalan taman rumah Anda. Hindari penggunaan warna mencolok atau kontras untuk menghilangkan kesan tidak padu. Tapi sebenarnya jika Anda pandai memainkan warna Anda juga bisa memberikan warna kontras antara jalan taman dengan taman. Sehingga jalan taman akan terkesan mencolok. Namun pilihan keindahan dan selera semua ada di tangan Anda. Mau warna kontras atau lembut yang penting memberikan kesan natural bagi taman jalan Anda.

  • Padukan Dengan Rumput atau Tanaman Kecil Di sekitar Taman Untuk Memberikan Kesan Hijau sehingga meninggalkan Kesan Tandus

Perpaduan antara rumput-rumput kecil di sekitar jalan taman rumah Anda akan memberikan kesan atau batas dimana jalan dan dimana taman. Dengan memberikan tanaman semacam rumput hijau-hijauan di sekitar jalan akan memberikan kesan alami sehingga jika tanah atau jalan yang di desain kering maka akan di imbangi dengan hijaunya rerumputan di sekitar taman. Sehingga kesan tandus akan hilang dengan sendirinya.

Itulah inspirasi untuk desain pembuatan jalan taman rumah Anda. Selamat bermain-main dengan desain jalan taman kesayangan Anda!