Inspirasi Desain Elegan Aksesoris Rumah Dengan “Gebyok”

Sponsored Links

Inspirasi Cantik Rumah Dengan Desain Gebyok

Ketika kita hendak mendesain rumah jangan melulu melihat keeksotikan desain eropa. Desain eropa bukan paten yang terbaik di dunia ini. Namun kita sebagai bangsa Indonesia memiliki warisan leluhur yang tak ternilai harganya dalam urusan desain-mendesain aksesoris pernak-pernik rumah.

Walaupun di eropa yang menghembuskan desain simple dan praktis rumah minimalis, namun kita harus tetap mawas diri untuk mempertahankan budaya lokal namun memiliki nilai jual internasioanal. Apakah itu? Warisan desain elegan rumah Jawa dengan desain “gebyok”, atau biasa di sebut rumah gebyok.

Sebenarnya jika kita melihat lebih jauh dan mendalam bukan Jawa saja yang memiliki desain unik gebyok, namun beberapa daerah di luar jawa juga mengenal dan tahu keunikan dalam pahat memahat kayu, seni ukir-ukiran kayu yang setara dengan gebyok.

Budaya desain gebyok menurut sejarah, sedah dikenal nenek moyang kita jauh hari sebelum Belanda datang ke Indonesia. Buktinya mana? Buktinya yaitu banyak peninggalan kerajaan Majapahit serta peninggalan desain-desain masjid Islam yang sudah menggunakan “gebyok”. Walaupun desainnya masih terbilang sederhana. Namun desain gebyok sudah di kenal di wilayah nusantara kala itu.

Jika kita melihat sejarah lebih dalam sebenarnya desain “gebyok” merupakan desain khas asli daerah Kudus. Dari bukti penelusuran sejarah, Kudus memang pernah di singgahi seorang mubaligh bernama Ling Sing yang berasal dari daratan Cina. Dalam catatan sejarah Ling Sing selain seorang mubaligh juga seorang yang ahli dalam bidang ukir-ukiran, dia menularkan ketrampilan dalam seni ukir-mengukir dengan sebutan “Sung Ging”.

Berangkat dari sinilah kota Kudus mulai berkembang seni mengukir kayu dengan motif bunga melati yang di gabung-gabungkan menjadi sebuah seni bernilai tinggi dengan nama “gebyok” yang kita tahu sekarang.

Desain Gebyok Untuk Pintu Rumah

Aplikasi penggunaan desain gebyok, bisa di aplikasikan di mana saja, asal selaras dan serasi dalam penempatannya. Namun desain gebyok yang paling sering di gunakan adalah untuk pintu masuk utama rumah.

Kenapa gebyok lebih sering di pasang di pintu utama sebuah rumah?

Tentu melihat dari sisi estetika dan etika penempatan sebuah gebyok tidak lepas dari keindahan mata memandang serta mata menikmati. Desain gebyok di tempatkan di pintu utama rumah secara tidak langsung ingin menampilkan kesan bahwa rumah tersebut bernilai tinggi serta memiliki nilai seni yang patut di acungi jempol.

Dengan menempatkan desain gebyok di pintu utama secara tidak langsung mencerminkan rumah memiliki karya tinggi dalam ukir-ukiran, terutama sebuah pintu yang di hiasi dengan ukiran kelas wahid gebyok itu sendiri.

Desain Gebyok Sebelum Jadi, gebyok mentahan

Aplikasi Desain Gebyok Sebagai Pengganti Dinding

Gebyok merupakan sebuah seni berkarya tinggi. Aplikasi penggunaan gebyok bisa Anda tempatkan sebagai pengganti dinding. Gebyok sebagai pengganti dinding berfungsi sebagai sekat pembatas sebuah rumah.

Aplikasi ini biasanya bisa Anda pakai penutup antara ruangan satu dengan ruangan yang lain. Jadi aplikasi penggunaan gebyok sebagai pengganti pembatas dinding sifatnya tidak permanen, sehingga bisa di pindah-pindah sesuai dengan kebutuhan sebuah ruangan.

Aplikasi Gebyok Untuk Furniture Rumah Tangga

Indahnya gebyok bukan saja bisa di aplikasikan untuk pintu serta pengganti sekat sebuah dinding, namun penggunaan desain dengan khas gebyok bisa juga di aplikasikan untuk furniture rumah tangga.

Penggunaan gebyok untuk furniture rumah tangga bisa di aplikasikan pada tempat tidur, lemari indah, serta gebyok bisa juga untuk mimbar khotbah di masjid.

 Desain furniture menggunakan “gebyok” sudah berkembang sedemikian rupa, sehingga sangat mudah di aplikasikan dengan desain-desain interior maupun eksterior modern.

Desain gebyok memang desain yang sangat memiliki nilai seni yang tinggi, jika ada orang bule mengaku itu asli karya mereka adalah sebuah hoax (berita bohong), so mari mempertahankan desain warisan nenek moyang kita yang tak ternilai harganya, yaitu desain dengan motif gebyok.

Selamat Berinspirasi Dengan Rumah Bernuansa “Gebyok”