Ini dia, Keajaiban Arsitektur Terhadap Saraf Otak Manusia

Sponsored Links

Ini Dia, Keajaiban Arsitektur Terhadap Saraf Otak Manusia

Ketika Anda memasuki sebuah ruangan, dengan desain arsitektur yang menawan, apa yang Anda fikirkan? Tentu respon secara otomatis akan mengatakan bahwa otak Anda bahwa bangunan tersebut cukup indah serta sangat bagus menstimulasi otak.Secara natural akan memberikan respon, “Gedung ini nyaman”, “Gedung ini kurang bagus dan tidak nyaman”. Semua respon-respon tersebut sangat natural mempengaruhi manusia ketika melihat subyektif sebuah bangunan yang menarik atau kurang menarik.

Namun ada sesuatu yang unik, dari otak kita ketika menerima respon-respon tersebut. Secara jangka panjang ketika Anda terstimulan melihat bangunan atau arsitektur yang menarik diri Anda, secara tidak langsung akan mempengaruhi emosi, kesehatan bahkan pola hidup daya kreatifitas otak dalam jangka panjang. Sebuah penelitian yang unik telah dilakukan oleh peneliti-peneliti barat.

Sebuah kumpulan dari para arsitektur telah melakukan diskusi bersama para ahli syaraf, psikolog, peneliti perilaku plus para akademisi berkumpul jadi satu untuk mendiskusikan masalah sederhana ini, yaitu dampak positif kedalam otak. Mereka adaalh kumpulan para ahli, yang tergabung dalam lembaga yang bernama ANFA, (Academy of Neuroscience for Architecture).

Kesimpulan sederhana, namun cukup mencengankan adalah desain sebuah ruangan mampu mengurangi stress seseorang, mengurangi efek trauma, meningkatkan kemampuan otak di dalam berfikir dan banyak efek positif lainnya. Termasuk efek bagaimana sebuah ruangan akan mempengaruhi perasaan seseorang dan efek spasial otak yang akan mempengaruhi bagaimana sesorang akan mendesain yang unik dalam sebuah tata kota.

Pencahayaan Arsitektur Yang Cukup
Pencahayaan Arsitektur Yang Cukup

Pentingnya Pencahayaan Untuk Efek Positif Otak

Jika kita bercerita, soal arsitektur dalam prespektif desain interior suatu ruangan diperlukan sebuah pencahyaan yang cukup. Ternyata pencahaayn ini bukan saja memiliki dampak yang positif terhadap keindahan desain itu sendiri, namun memberikan efek yang positif terhadap mood serta pola tidur seseorang. Dalam penelitian yang berhasil di simpulkan oleh asosiasi ANFA, mengatakan bahwa paparan cahaya dengan kapasitas 2000 lux selama 30 hingga 60 menit per hari dapat berdampak untuk melawan depresi musiman.

Peneliti ANFA juga membandingkan antara dua ruangan gedung yang memiliki perbedaan intensitas pencahayaan, hasil akhirnya mengatakan, walau bagaimanapun pencahayaan yang cukup dapat mempengaruhi mood serta kesehatan sesorang. Namun sampai tahap ini belum juga menghasilkan sebuah penelitian intensitas pencahayaan terhadap kebahagiaan seseorang. Sehingga mungkin Anda akan menjumpai sebuah desain arsitekrut yang sangat terkenal, namun gagal memberikan efek yang positif terhadap kesehatan kita. Sebuah kesimpulan yang masuk akal bukan?

Desain arsitektur elegan
Desain arsitektur elegan

Desain Ruangan dan Pengaruhnya Terhadap Otak

Ruang tenyata memiliki peran terhadap pembentukan memori. Kelebihan dari otak kita adalah mempunyai neuron istimewa pada hippocampus, atau biasa di sebut bagian yang mengontrol pembentukan memori dan tempatnya berada di dekat otak. Neuron ini memberikan respon terhadap tempat serta posisi yang berkaitan dengan stimulus. Misalnya saja ketika arah kita melihat dinding atau pembatas. Neoron ini mambantu membentuk konstruksi internal terhadap dunia luar.

Contohnya, semua indera kita di pengaruhi oleh model fisik yang dimiliki arsitektur, yaitu kadar pencahayaan, suara, tekstur dan permukaan plus kebiasan ruangan. Sehingga dengan model desain arsitektur tertentu akan mempengaruhi secara konstan mental, kognisi, serta pemeliharaan memori otak dalam jangka panjang.

Seterusnya efek stimula akan mempengaruhi kita secara langsung, seperti auatu perasaan damai dan tenang saat memasuki ruangan yang cukup diterangi oleh sinar matahari.

Ok, kesimpulan sederhana suatu ruangan desain karya arsitektur akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan Anda. Ruang nyaman atau tidak nyaman semuanya tergantung dari tata desain arsitektur itu sendiri. Untuk itu, pandai-pandailah memadukan keindahan desain arsitektur dengan efek positif kesehatan Anda.