Ilmu Dasar Pemasaran Perumahan dan Properti

Sponsored Links

Ilmu Dasar Pemasaran Perumahan dan Properti

Ketika ngomong perumahan, ada satu bagaian didalam bisnis ini yang menjadikan berkembang tidaknya bisnis perumahan itu sendiri, apakah itu? Yaitu ilmu marketing perumahan. Sebagus apapun produk perumahan tetapi tidak mampu memarketingkan dengan bagus, pastinya perumahan tersebut akan ngangur tanpa ada yang mau membeli. Lalu tugas siapakah memasarkan produk-produk perumahan tersebut? Ya, tentunya tim pemasaranlah yang berperan untuk menjadikan produk yang dulunya cuman menjadi list daftar pemasaran perumahan hingga bisa terjual sebagai bagian bisnis perumahan.

Ilmu dasar dari ilmu pemasaran perumahan dan properti adalah seperti yang pernah di telurkan oleh pakar marketing dunia, Philip Kotler, bahwa untuk memasarkan produk ada 4 P yang harus Anda tahu. Apaakah 4 P itu? Price, Product, Promotios dan Place. 4 elemen dasar didalam ilmu marketing, yaitu harga, produk itu sendiri, aktivitas promosi dan tempat. Ok, mari kita kupas satu-satu dari ilmu marketing tersebut.

Ilmu pemasaran perumahan
Ilmu pemasaran perumahan
  1. Price (Harga)

Ilmu dasar dari marketing adalah harga, yach variable harga adalah penentu apakah sebuah produk perumahan akan cepat terjual atau lebih lamban. Memang agak sedikit lebih pelik untuk penentuan harga di bidang perumahan dibandingkan dengan produk seperti consumer good.

Harga didalam produk perumahan akan menjadi faktor penentu, sukses atau tidak suksesnya produk perumahan yang Anda miliki cepat terjual apa tidak. Khusus untuk produk perumahan, variable harga kadang bisa juga tidak rasional, terutama untuk harga tanah. Jadi bisa jadi untuk harga tanah tergantung permintaan dan penawaran. Semakin tinggi permintaan dari sebuah perumahan tentunya akan mendongkrak harga dari perumahan tersebut. Bisa jadi ketika bulan ini, awal di buka dipromosikan produk perumahan dengan harga 100 juta rupiah, namun karena peminatnya membludak menjadi lebih tinggi untuk penawaran bulan depannya.

  1. Product (Produk)

Jika ngomong ilmu pemasaran, pastinya produk yang akan diadukan dengan produk lain untuk memasarkan produk perumahan ini. Kualitas produk dalam perumahan tetap akan menjadi variable penting untuk menjadikan produk rumah yang Anda jual cepat laku atau tidak. Semisal sama-sam desain rumah minimalis tetapi milik Anda memiliki desain rumah yang lebih modern, semisal untuk konsep ide desain rumah minimalis.

Jadi ketika mengkalsifikasikan produk sebagai komoditi yang hendak dijual untuk produk berupa perumahan ini cukup menetukan cepat atau tidaknya sebuah perumahan di tempat tertentu cepat terjual atau tidak. So, variable produk ini cukup signifikan didalam mempengaruhi proses cepat atau lambatnya produk tersebut terjual.

Variable produk ini, semacam penentu apakah perumahan tersebut cepat laku atau kurang. Idealnya sih, prduk yang cukup bagus tentunya akan diminati konsumen, sebaliknya produk perumahan yang kurang bagus akan sepi peminat, mengingat naluri manusia adalah suka barang yang bagus-bagus.

  1. Promotions (Promosi)

Untuk ide promosi, sudah tentu akan menjadikan cepat atau lambatnya produk Anda terjual dengan baik. Sebagus apapun produk perumahan Anda, namun dari sisi promosi sangat minim, tentunya animo masyarakat untuk mengetahui kelebihan produk Anda, atau keunggulan perumaahan Anda niscaya akan nihil. Disinilah diperlukan tim promotion untuk mengangkat daya jual produk perumahan Anda, sehingga akan dengan mudah untuk memenangkan persaingan bisnis terutama untuk bisnis perumahan. Variabel promosi cukup signifikan didalam membantu kelancaran sebuah produk perumahan untuk segera laku terjual atau tidak.

  1. Place (Tempat)

Konsep yang terakhir dari ilmu dasar pemasaran dan properti adalah place (tempat) dari sebuah produk perumahan tersebut di bangun. Ketika Anda memasarkan produk perumahan yang memiliki tempat yang cukup strategis pasti akan lebih cepet laku di bandingkan dengan produk perumahan yang letkanya kurang strategis. Variable place ini cukup penting untuk pemasaran perumahan, namun bukan hal yang mutlak dari ilmu marketing pemasaran. Karena Anda juga harus jeli melihat segement pasar Anda. Walaupun lokasi perumahan Anda berada di kawasan pedalaman dan kurang strategis namun cukup dimintai oleh calon konsumen karena unsur ketenangan di kawasan tersebut juga bisa menjadi pemicu laku kerasnya sebuah produk perumahan. So, yang jelas Anda juga harus mengetahui market/segement pasar yang ingin di bidik ketika menjalankan bisnis perumahan tersebut.