Ide dan Inspirasi Desain Rumah Dengan Menggunakan Keeksotikan Pintu Gebyok

Sponsored Links

Rumah Indah dan Eksotik Dengan Pintu Gebyok

Rumah Jawa dengan pintu gebyok! Wow, sebuah rumah modern dengan keunikan gaya klasik yang eksotis. Betapa tidak, hari gini punya rumah dengan pintu gebyok yang terkesan ruwet dengan ukiran tapi unik dan indah dengan gaya ukiran khas yang terbuat dari kayu.

Rumah dengan pintu gebyok yang terkesan kokoh yang terbuat dari kayu jati kelas wahid merupakan prestise tersendiri di zaman yang sudah terkontaminasi dengan pengaruh gaya desain minimalis yang mengandalkan serba praktis, simple dan sederhana ini. Karena hembusan desain beberapa tahun belakangan ini orang sudah mulai meninggalkan gaya desain yang rumit-rumit, desain rumah yang menghabiskan waktu dalam proses pengerjaan serta biaya.

Zaman memang sudah bergeser bung, namun bagi penikmat dan peminat desain gaya klasik masih ada, dan akan mempertahankan gaya khas keklasikannya. Desain klasik belum tentu ketinggalan zaman, desan klasik belum tentu jadul dan tidak modern tapi desan klasik akan bergerak menjadi trend lagi seiring perkembangan zaman, termasuk juga desain indah rumah dengan “pintu gebyok”.

Desain gebyok kalo boleh saya ngomong dengan pendapat pribadi saya, merupakan warisan budaya tak ternilai harganya yang setara dengan batik. Sayang UNESCO belum pernah meneliti dan mengetahui kalo keeksotikan desain pintu gebyok setara dengan keeksotikan warisan budaya batik. Seandainya mereka tahu….Wow..keagungannya bagi para penikmatnya akan lebih indah dari batik.

Gebyok bukan hanya sebuah kerajinan dalam seni ukir mengukir namun lebih dari semua itu. Gebyok merupakan sebuah karya agung warisan nenek moyang kita di dalam kejeniusan dalam berkreatifitas khususnya dalam seni ukir-mengukir di kayu. Apalagi sebuah kayu yang di aplikasikan di dalam sebuah pintu. Merupakan karya yang luar biasa. Bukan, karya biasa.

Keeksotikan gebyok, jika Anda tahu nilai-nilai luhur di dalamnya sebuah desain yang tidak lekang oleh gilasan waktu dan zaman. Sebuah desain yang patut di apresiasi bernilai tinggi. Bernilai sejarah dan budaya yang mencerminkan kehebatan bangsa Indonesia masa lampau dalam berkarya mendesain sebuah pintu yang khas yaitu pintu gebyok. Sebuah pintu dengan desain tiada duanya di dunia ini. Sebuah imajinasi yang hanya di dalam tempurung kepala yang langsung di aplikasikan kedalam kayu.

Rata-rata orang-orang zaman dahulu, termasuk nenek moyang kita, ketika mencipatakan suatu karya tidak harus ada di dalam hitam di atas putih, tapi mampu menghasilkan sebuah karya yang patut di acungi jempol. Karya yang langsung di buat dan tanpa harus menggunakan corat-coret dahulu di atas kertas, termasuk karya gebyok dengan elegannya, bagi pemiliknya.

Gebyok Full Desain Kayu Jati Ukir

Sikilas Sejarah Keistimewaan Desain Rumah Gebyok Jawa

Budaya rumah dengan nuansa gebyok di Indonesia pengaruh terbesar ada di pulau Jawa khususnya daerah Kudus serta Jepara. Dari Jepara dan Kudus inilah asal muasal budaya rumah gebyok ada. Penggunaan rumah gebyok di masa jaya-jayanya sudah merata pada semua elemen perabot rumah tangga hingga bangunan. Semua aksesoris bangunan termasuk penggunaan almari, dinding pembatas, desain jendela dan pintu semuanya beraroma dengan budaya gebyok atau ukir-ukiran khas kota Jepara dan Kudus tersebut.

Bahkan aplikasi gebyok bukan hanya untuk rumah, namun bangunan masjid serta pernak-perniknya semuanya menggunakan hiasan ukiran ala gebyok. Mulai dari mimbar untuk khotbah, tempat rak penyimpanan Alquran, hingga tiang masjid khas Soko Guru juga berhiaskan keindahan ukiran gebyok.

Sesuai dengan perkembangan zaman di masa itu, rumah dengan desain gebyok menjalar ke seluruh Nusantara dengan kamuflasenya berbagai macam dan bentuk variasi. Sehingga bermunculan variasi-variasi gebyok dengan ciri khas daerah masing-masing. Beberapa wilayah yang terkenal dengan gebyok khasnya diantaranya, gebyok Bali, gebyok ala Madura, gebyok ala Jogjakarta bahkan gebyok ala Samarinda pun ada alias gebyok dengan desain khas motif Kalimantan.

Itulah keistimewaan desain gebyok beserta aksesorisnya termasuk pintu gebyok, pembatas dinding dengan aroma gebyok, almari dengan desain khas gebyok bahkan rumah pun bertahtakan atap dengan desain gebyok.

Jika Anda, memutuskan untuk mendesain rumah Anda dengan “gebyok” merupakan sebuah keputusan yang tepat. Namun Anda modifikasi dengan sentuhan gabungan rumah klasik modern dengan sentuhan khas corak gebyok. Itu, sesuatu yang luar biasa bagi Anda.

SELAMAT BERINSPIRASI DENGAN DESAIN RUMAH KLASIK DENGAN NUANSA GEBYOK!