Hari Gini, Uang Satu Milyar Bukan Apa-Apa Untuk Membeli Properti, Sebuah Fenomena Unik Untuk Harga Properti

Sponsored Links

Harga Properti 1 Milyar Berita yang diturunkan Harian Kompas Online hari ini salah satunya bertajuk harga properti satu milyar adalah properti yang paling diincar di wilayah Jabodetabek. Wow! Sebuah harga yang biasa-biasa saja kata orang hari ini untuk rumah seharga satu milyar. Katanya, orang Indonesia lagi jatuh miskin, katanya ekonomi lagi susah, namun orang beli rumah dengan harga satu milyar di Indonesia kok biasa-biasa saja, bahkan lagi banyak yang beli daripada yang jual. Itulah salah satu fenomena unik didalam jual beli properti. Disisi lain sebagian orang ngomong rakyatnya banyak yang miskin namun transaksi properti dengan harga satu milyar sebuah transaksi bak kacang goreng, buktinya di Jabodetabek lagi banyak yang ngincer rumah dengan harga satu milyar.

Fenonema bisnis perpropertian kadang sangat susah untuk dijelaskan dengan kata-kata, bisnis ini jika dibilang rasional mungkin sebuah bisnis yang paling rasioanal, tetapi jika di omong bisnis ini tidak rasioanal justru bisnis properti inilah sebuah bisnis yang ngomong soal harga dan bisnis yang tidak rasional. Hari ini mungkin rumah disebelah Anda ditawarkan seharga satu milyar tetapi hanya selang beberapa bulan si penjual ngomong menawarkannya sudah ganti harga satu milyar setengah karena akan terkena dampak pelebaran jalan tol.

Ada cerita lagi mungkin hari ini sawah didekat jalan menuju rumah yang biasa Anda lewati di tawarkan harga permeternya dua ratus ribu rupiah orang banyak yang menolak karena berada di dataran rendah, namun lain hari karena ada proyek perumahan disekitar Anda, ditawarkan harga satu juta per meter banyak yang berbondong-bondong rebutan untuk membelinya, itulah satu dari sebagian fenomena unik bisnis properti.

Sebaliknya aneh lagi mungkin hari ini harga tanah dan rumah yang Anda punya di taksir sekitar dua milyar rupiah, eh besoknya karena rumah Anda terkena dampak luapan lumpur lapindo dikasih dengan harga gratis saja rumah Anda tidak laku, karena berpotensi kena semburan lumpur. Sebuah fenomena unik lagi untuk sebuah properti. Kemarin bisa jadi menjadi sebuah emas tetapi hari ini berubah dengan harga sampah yang kadang orang mendekat saja tidak mau.

Fenomena unik lainnya soal penentuan harga properti seperti contoh kasus harga rumah untuk wilayah Bekasi dan Bogor rumah harga satu milyar sangat banyak di tawarkan oleh para pengembang properti. Karena wilayah ini sangat strategis dan bernilai mahal dengan dampak pembangunan tol Jagorawi plus pembangunan infrastruktur KRL (Kereta Rel listrik). Sebaliknya di wilayah Tangerang justru para pengembang banting harga dari perumahan yang biasanya ditwarkan dua milyar turun menjadi satu setengah milyar bahkan di mentokkan sampai harga satu milyar karena daya serapnya cenderung menurun. Sebenarnya dari cerita ini, mau ambil untung berpa sih para juragan-juragan properti itu?he.he. Untung seratus atau dua ratus juta kok kayaknya bukan uang apa-apa, he.he.

rumah dan properti mewah

Tetapi itulah fenomena unik yang terjadi ketika kita terjun dan tahu anehnya dunia bisnis properti ketika mennetukan sebuah harga. Didalam menentukan harga sebuah properti ada dua model, yaitu yang pertama harga properti rasional dan yang kedua adalah harga properti tidak rasioanal. Namun anehnya juga setidak rasional-rasionalnya harga sebuah properti pastinya ada juga yang menawar. Semahal-mahalnya sebuah properti di suatu wilayah yang sangat strategis justru dengan harga yang tidak wajar dan tidak rasioanal tersebut bahkan menjadi incaran dan rebutan banyak orang. Semakin mahal justru semakin di cari orang, selain karena alasan prestise mungkin, namun investasi properti di sebuah tempat yang mahal tidak akan ada ruginya, karena setiap tahun harga properti di wilayah emas pasti akan mengalami kenaikan berlipat-lipat. Dan jika disewakan juga akan keluar/muncul harga kenaikan yang berlipat-lipat pula. So, sebuah bisnis yang terkesan aneh untuk sebagian orang. Dari harga yang muncul tidak rasioanal, harga jual yang tidak masuk akal serta jika disewakan juga akan terucap harga yang berlipat-lipat mahalnya untuk sebagian orang. Namun walaupun ada gejala-gejala harga gila seperti itu, he.he. tetap saja ada orang yang mau membeli dengan harga yang sangat mahal tersebut.

So, dari sedikit ulasan cerita yang muter-muter kemana-mana diatas dapat kita tarik sebuah pelajaran sederhana, bahwa investasi properti tidak ada ruginya. Investasi properti didalam jangka panjang tentu tetap akan menguntungkan, misalnya Anda hari ini membeli sebuah tanah ditempat yang kurang strategis untuk hari ini, namun Anda membaca sebuah peluang kira-kira ditempat ini sekitar lima tahun kedepan akan sangat pesat perkembangannya, tentunya bukan sebuah pilihan yang salah jika Anda memutuskan untuk membeli tanah tersebut. Ide sederhana orang mau investasi untuk properti adalah beli untung jual pun pasti untung. Bisnis properti sebuah bisnis yang tidak ada ruginya, kecuali jika memang Anda butuh dana cepat sehingga Anda keburu membutuhkan dana mendadak sehingga properti yang Anda punya, dilepas jauh dari harga pasaran.