Gambar Rumah Minimalis Modern Tropis

Sponsored Links

Rumah Minimalis Tropis

Rumah minimalis tropis? Idenya seperti apa sih? Mungkin bagi mereka yang belum begitu tahu tentang desain rumah minimalis tropis disini penulis akan berbagi tips dan keunggulan desain rumah ala tropis yang mewah serta elegan ini. Konsep ide rumah bertema desain tropis adalah rumah yang menggambarkan situasi dan desain dengan penggambaran eksotiknya warna-warna rumah tropis. Jika sebagian rumah berkelas Eropa dengan tema minimalis modern yang tercermin adalah rumah dengan bentuk dan warna yang bermodel simple, namun dengan warna-warna yang betema krem, putih atau warna khas minimalis lainnya tetapi rumah dengan tema usungan tropis sangat mengunggulkan warna alami khas daerah tropis, yang biasanya diwakili dengan aksesoris dengan bertajuk warna-warna serat kayu. Rumah desain minimalis tropis juga kadang dipersepsikan dengan rumah yang memiliki warna-warna hijau yang menyatu dengan alam.

Mantapkan desain rumah minimalis tropis?Wow, sangat mantap sekali, karena desin rumah minimalis dengan tema tropis merupakan bentuk rumah dengan aktualisasi berkonsep go green yang sangat menyatu dengan alam. Kesan aura natural alam inilah yang ingin dicerminkan dengan ide desain rumah minimalis tropis.

Oke, sesuai dengan tema rumah tropis memang tidak lepas dari kekurangan dan kelebihan. Salah satu kelemahan yang dimiliki rumah yang berada diwilayah tropis yaitu karena pengaruh alam yang cukup panas berdampak rumah yang panas ketika siang hari. Sebaliknya rumah yang berada di daerah tropis juga berpotensi memiliki kelembapan yang cukup tinggi, sehingga menimbulkan kelembapan yang cukup tinggi. Dua kondisi ekstrim yang dimiliki oleh desain rumah dengan iklim tropis ini.

desain interior rumah tropis modern terbaru

Dengan kondisi iklim tropis ini berdampak pada penyesuaian bentuk dan desain rumah yang mampu menghadapi dua kondisi ekstrim ini. Jadi rancangan desain rumah tropis adalah rumah mengakomodasi kedua iklim yang mendominasi didaerah tropis tersebut. Jika pas kondisi musim kemarau tentu akan sangat panas sekali, sebaliknya ketika musim penghujan datang, suasananya cukup dingin serta lembab sekali.

Untuk menkondusifkan iklim yang kontradiksi ini, idealnya rumah dengan desain minimalis tropis harus memiliki peredam untuk mengurangi panasnya musim kemarau semisal dengan memperbanyak pepohonan disekitar rumah, memberikan taman yang cukup adem untuk membantu mengurangi cuaca panas yang terik serta membuat kolam didalam rumah sebagai sarana menetralisir panas matahari diluar.

Keunggulan Rumah Minimalis Tropis Dari Sisi Kegunaan Dan Fungsi

Gambar rumah minimalis tropis modern dengan tema rumah minimalis tropis klasik secara fungsi dan kegunaan adalah sama, yaitu sama-sama mendesain rumah untuk penyesuaian dua iklim tropis yang ekstim. Ketika panas wilayah tropis cukp panas tetapi sebaliknya ketika hujan daerah tropis juga cukup dingin serta lembab.

Misalnya saja desain rumah tropis ketika mendesain atap rumah. Atap untuk rumah minimalis ini sangat memperhatikan kelancaran aliran air ketika terjadi hujan. Jadi jangan sampai terjadi masuknya air kedalam rumah karena kurang tepatnya desain atap untuk rumah tropis ini. Rata-rata desain atap untuk rumah minimalis tropis menggunakan kemiringan yang cukup tajam yaitu sekitar 30 derajat. Desain atap rumah ini berfungsi untuk mengalirkan air hujan dengan cepat agar tidak tergenang di atas rumah sehingga berpotensi masuk kedalam rumah.

Jika melihat dari sisi yang lain dari bentuk dinding untuk rumah minimalis tropis biasanya memiliki lubang angin yang cukup banyak. Salah satu konsep modifikasi yang sering dijumpai untuk desain rumah minimalis tropis memiliki ventilasi dengan betuk loster/roster yang cantik. Selain memiliki fungsi untuk ventilasi udara, loster/roster juga berfungsi untuk mempercantik bentuk dan desain rumah minimalis tropis yang ciamik dan elegan.

Keunggulan Rumah Minimalis Tropis Dari Keeksotikan Desain dan Warna

Desain rumah minimalis tropis jika ditinjau dari seni serta keindahan dalam urusan pewarnaan memiliki warna yang khas natural yang berpadu dengan warna sekitar yang biasanya diwakili dengan nuansa alam. Rumah minimalis tropis modern juga sama memiliki polesan warna yang selaras dengan kondisi lingkungan iklim tropis di sekitar rumah.

Sedangkan untuk rumah minimalis tropis klasik jika itu dimiliki rumah-rumah adat versi lama seperti rumah Joglo versi Jawa, rumah adat Bali versi pulau Bali memilih warna hijau yang juga mengakulturasi warna-warna alam sekitar.