Eksplorasi Elegan Desain Rumah Klasik Jawa Modern

Sponsored Links

Desain Rumah Klasik Jawa Modern

Ketika Anda ingin bereksploari desain dengan ide rumah klasik Jawa, tentunya rumah dengan gaya Joglo merupakan pilihan utama untuk memodifikasinya. Ditengah gempuran trend desain rumah bergaya minimalis, namun Anda ingin memiliki yang berbeda dengan desain rumah, maka ini sebuah ide yang cukup unik. Kenapa unik? Ya, tentunya ketika banyak orang berbondong-bondong untuk mengikuti trend desain rumah dengan gaya modern, Anda tetap bertahan dengan hobby menggunakan desain yang bergaya klasik namun dengan sentuhan modern. Sesuatu yang cukup berbeda dari kebanyak orang.

Desain rumah dengan mengandalkan ide dasar desain rumah bergaya klasik warisan leluhur neenk moyang yang berasal dari tanah Jawa, yaitu rumah Joglo. Pastinya bisa Anda modifikasi menjadi rumah bergaya minimalis klasik modern, atau rumah dengan sentuhan desain klasik original kuno atau rumah dengan nuansa Joglo saja yang bermotif sebagai aksesoris saja. Jadi ketika Anda berkehendak mendesain rumah dengan gaya motif asli Jawa ini bisa Anda ambil secara keseluruhan atau Anda ambil sebagian-sebagian saja. Tergantung mana yang ingin Anda tonjolkan sebagai rumah andalan minimalis dengan ide desain rumah yang bergaya klasik modern nuansa Jawa ini.

Desain Rumah Klasik Jawa
Desain Rumah Klasik Jawa

Desain rumah Jawa klasik dengan ide ini bisa Anda lihat dan ispirasikan dengan melihat bangunan-bangunan modern yang biasanya dibangun oleh gedung-gedung pemerintahan daerah Jawa baik itu Jawa Tengah atau Jawa Timur yang bernuasa Joglo ini. Anda tinggal mencari pakem (rumus dasar) yang digunakan oleh desainer-desainer masa kini yang mengaplikasikan rumah Joglo tersebut menjadi desain rumah yang super eksotik, berkolaborasi menjadi desain rumah Jawa modern klasik. Ciri khas utama bangunan dengan ide nuansa Jawa ini adalah bentuk bangunan dengan model Limasan, kemudian di kolaborasikan dengan Soko Guru sebagai tiang penyangga utama rumah. Ini adalah ciri utama rumah Jawa tempo dulu, tinggal Anda mengaplikasikan mana yang ingin Anda comot sebagai ide dasar rumah klasik modern milik Anda.

Rumah Joglo dengan bernuasa etnik khas Jawa ini bisa Anda bangun dengan luas tanah yang minimalis ata ukuran tanah yang cukup luas. Jika tanah yang hendak Anda bangun cukup sempit, silahkan dikombinasi dengan ide simple dan praktis yang dimiliki gaya rumah dengan ide desain minimalis ini, namun obyek utama Joglonya yang harus Anda tonjolkan. Sebaliknya jika tanah yang Anda miliki cukup luas untuk mendirikan bangunan bergaya modern Joglo ini, bisa Anda kondisikan dengan polesan penataan furniture bergaya etnik kayu, dari bambu dan rotan milik khas desain Jawa tempo dulu. Gunakan teknik dasar penataan interior bernuasa Jawa ini, seperti penempatan pernak-pernik yang mencerminkan milik orang-orang Jawa tempo dulu seperti meja tamu kayu jati, furniture bernuasa jati. Pokoknya usahankan nuansa rumah tempo dulu yang berbahan dasar kayu harus Anda tonjolkan dengan cantik serta elegan. Inilah ciri khas mahal desain rumah Jawa dengan nuansa klaisik tersebut.

Interior Rumah Jawa Modern Bernuansa Gebyok

Satu lagi point dasar yang Anda jangan lupa ketika menghendaki rumah dengan nuasa Jawa asli adalah dengan mendesain secara khusus rumah dengan nuansa ukiran kayu Gebyok. Apa itu Gebyok? Rumah Gebyok adalah desain khas dari kayu yang diukir untuk rumah-rumah Jawa tempo dulu yang biasanya diaplikasikan  untuk pintu, untuk jendela serta untuk pembatas sekat ruangan. Nuansa ukir Gebyok ini adalah aksesoris desain khas tanah Jawa yang sangat mengedepankan keindahan serta seni tingkat tinggi untuk hiasan rumah. Jika eksplorasi desain Anda bernuansa khas ukir Gebyok ini, pastinya rumah yang akan Anda bangun sangat mencitrakan rumah dengan gaya khas Jawa modern yang bernuasa tempo dulu. Lebih unik lagi jika rumah yang akan Anda bangun dipilih dengan kayu pilihan kelas wahid di tanah Jawa yaitu kayu jati. Wow, akan terbangun rumah yang cukup prestisius di zaman yang serba modern ini, kok ya ada rumah dengan desin klasik namun dengan sentuhan khas Jawa modern.