Desain Rumah Modern Jawa

Sponsored Links

Desain Rumah Jawa Modern

Desain rumah Jawa modern! Hemmm….seperti apa sih desain rumah modern orang Jawa hari ini? Ya..ya.. ini adalah salah satu pertanyaan yang sederhana namun cukup tidak sederhana lagi untuk menjawabnya. Anda tahu sendirikan, saat ini banyak sekali perkembanagn model dan bentuk desain rumah orang-orang Jawa. Tentunya meskipun orang Jawa, saat ini jarang ynag faham dan kenal betul adat dan model desain arsitektur traditional ini.

Desain rumah Jawa modern menurut saya hari ini cenderung lebih terpengaruh ke dalam desain dan bentuk rumah minimalis. Ya, rumah minimalis saat ini cukup memberikan pengaruh yang cukup kuat terhadap budaya dan model desain rumah orang-orang modern. Sebetulnya alasan yang cukup jelas kenapa rumah minimalis cenderung di sukai oleh orang-orang modern saat ini? Pastinya karena faktor efisien dan simpelnya rumah minimalis. Hal lain yang tak kalah penting adalah desain rumah minimalis tergolong desain rumah yang fungsional sehingga ketika Anda membangun rumah dengan type sederhana di harapkan akan mampu menampung secara optimal semua penghuni rumah.

Rumah minimalis jika di klasifikasikan termasuk desain dan model rumah modern. So, ketika orang Jawa ingin membangun rumah yang simpel dan sederhana mereka mencoba mengkolaborasikan model serta desain yang bergaya khas Jawa namun di adopsi dengan desain rumah modern. Ketika kolaborasi desain ini muncul, maka lahirlah inovasi desain rumah Jawa model baru yaitu rumah Jawa minimalis yang mengkolaborasikan joglo dan minimalis. Cukup asik bukan? Hasil perkawinan antara desain rumah Jawa dan rumah modern minimalis ini muncul nama baru dengan nama rumah Jawa Minimalis atau rumah Joglo minimalis. Rumah yang cukup keren untuk kalangan orang-orang Jawa modern.

Design Rumah Joglo Modern Minimalis

Rumah Joglo Minimalis

Jika bercerita rumah Jawa, rumah asli Jawa sebetulnya adalah rumah Joglo, rumah dengan desain khas Soko Gurunya ini adalah rumah kebanggan orang Jawa. Dalam salah satu sejarah, rumah Jawa Joglo di percaya merupakan salah satu ilham yang di berikan dari Kerajaan Jogjakarta ketika sering gempa. Jadi ini adalah ide dengan konsep anti gempa. Anda tahu sendirikan, Jogjakarta secara geografis memang sangat dekat dengan gunung Merapi. So, adalah hal yang sangat wajar ketika terjadi letusan, atau minimal ketika Gunung Merapi ini batuk saja, maka mau tak mau di sekitar gunung tersebut akan sering terkena goncangan gempa. Berarti jika melihat kondisi alam yang sering terjadi gempa, solusinya adalah membangun dan mendesain rumah yang tahan akan gempa.

Rumah Jawa yang paling tahan dengan gempa dan paling ideal untuk daerah kawasan Jogja dan sekitarnya adalah rumah Joglo itu sendiri. Dengan Soko Guru (4 Tiang Penyangga Utama) rumah Joglo mampu menahan dari amukan gempa yang sering terjadi di Jogja dan sekitar Gunung Merapi. So, ini entah hanya kepercayaan atau ilham dari mana penulis juga belum bisa memastikan dengan tepat, namun yang jelas mungkin orang Jawa dulu kesukaannya melakukan ritual, mendapatkan ilham rumah yang seperti ini. So, meski belum bisa dikatakan ilmiah seratus persen, tetapi rumah Jawa Joglo memang mempunyai keistimewaan lebih tahan gempa di bandingkan dengan rumah biasa tanpa desain Joglo.

Rumah Joglo minimalis merupakan rumah dengan kolaborasi rumah Jawa di kawinkan dengan rumah simpel minimalis, so menghasilkan karya yang lebih enak di sebut rumah Joglo Minimalis. Rumah yang cukup ideal untuk hari ini ketika Anda tidak mau meninggalkan rumah khas asli orang jawa yang di kolaborasikan dengan desain modern minimalis.