Desain Rumah Keren Gaya Belanda

Sponsored Links

Rumah Gaya Kolonial Belanda

Rumah Belanda, rumah zaman Belanda, mungkin kesan itulah yang tergambar ketika penulis ingin berbagi dengan model desain rumah bergaya klasik zaman kejayaan yang katanya menjajah Indonesia sekian ratus tahun. Hemmm..apakah betul-betul selama itu, atau memang pakar-paakr sejarahnya yang salah, tak tahulah. Soalnya kebetulan Saya punya kawan yang pernah mengambil jurusan sejarah, dia banyak mempertanyakan dan mengkritisi, apakah betul Indonesia dijajah Belanda selama 350 Tahun? Jika iya, tentunya apapun kekayaan alam yang ada di Indonesia sudah habis di bawa ke negeri Belanda Amsterdam tersebut. Ini hanya bercerita sejarah kawan! Namun dalam tulisan Saya kali ini tentang kehebatan dan keeksotikan desain rumah bergaya Belanda.

Desain Rumah bergaya Belanda, secara pribadi sebetulnya Saya banyak terkagum-kagum. Desain rumah ala Belanda termasuk desain dengan model rumah yang cukup keren menurut penilaian pribadi Saya. Betapa tidak, dari modelnya saja sudah sangat mencerminkan model dan gaya rumah dengan gaya yang cukup mewah. Kemudian lain daripada itu, rata-rata rumah yang dibangun masa kejayaan Belanda ini, terbuat dari bahan baku kelas satu, bahan baku terbaik, desain material bangunan nomor wahid. Tentunya ketika sudah berdiri kokoh menjadi sebuah bangunan, menjadi desain dengan gaya dan model arsitektur yang cukup elegan dan menawan.

Rumah bergaya Belanda jka dilihat dari pandangan arsitektur, sebetulnya sudah termasuk dalam kategori desain klasik. Ya, desain ini memang lahi tren dan populer dizamannya. Lihat saja bangunan-bangunan peninggalan Belanda, rata-rata memang menggunakan desain bergaya klasik ini. Banyak peninggalan-peninggalan bangunan bersejarah yang masih menggunakan konsep dan ide model Art Deco yang menawan. Mulai bangunan tinggalan Kereta Api, bangunan sisa-sisa perbankan, gedung-gedung bekas kantor VOC, semua menggunakan desain yang pernah dikagumi di wilayah Eropa saat itu. Mungkin kita hari ini kesulitan untuk menyebut, menamakan desain ala Belanda tersebut, namun kita boleh bangga, Belanda mewariskan odel dan desain fedung dengan gaya yang mewah. Ya, rata-rata bangunan zaman Belanda ini mempunyai kesan yang cukup anggun jika dilihat sekarang. Mempunyai aura yang ingin mencerminkan sebuah kemewahan saat itu, menggambarkan model desain yang bercita rasa tinggi saat itu, tentunya desain rumah gaya Belanda mempunyai ciri khas tersendiri dalam membuat model sebuah rumah yang anggun dan menawan.

Desain Rumah Bergaya Belanda Banyuwangi
Desain Rumah Bergaya Belanda Banyuwangi

Rumah yang Saya pajang ini adalah salah satu desain yang menganut model rumah gaya Belanda yang ada di Kabupten Banyuwangi. Rumah ini memang merupakan rumah dinas bupati Banyuwangi. Model dan bentuknya masih khas mencerminakn rumah dengan gaya dan arsitektur Belanda. Rumah di kawasan Banyuwangi, khususnya pemerintahan banyak sekali peninggalan hasil karya-karya Belanda. Meskipun jumlahnya tak banyak, namun memang cukup mencerminkan bahwa Banyuwangi juga pernah disinggahi dan disukai oleh orang-orang Belanda tinggal kala itu. Tentunya untuk daerah lain di Indonesia juga banyak yang mempunyai model rumah ala zaman penjajah Belanda ini. Jadi kita ambil sisi catatan positifnya saja, khususnya soal desain bangunan. Rumah bergaya Belanda cukup keren dan eksotik deh! Jika dilihat dari hari ini, ini termasuk bangunan yang elegan dan cukup anggun untuk sebuah rumah bergaya modern.

Itulah tulisan sederhana dari kami tentang model dan bangunan rumah bergaya Belanda. Semoga ulasan sederhana ini memberikan ide dan wawasan mengenai desain rumah dengan motif gaya Balanda ini.