Desain Ruko Yang Efektif Dan Efisien

Sponsored Links

Desain Ruko Yang Efektif Dan Efisien

Rumah toko, atau biasa dikenal dengan istilah ruko memang mulai trend untuk kegiatan bisnis di negeri ini. Kata ruko mulai populer atau trend sudah dua dasawarsa ini, namun perkembangan yang cukup siginfikan desain rumah yang digabungkan dengan toko sudah populer sepuluh tahunan ini. Ya, saat ini sudah banyak orang faham dan mahfum dengan adanya rumah yang digabungkan dengan kantor atau ruangan untuk usaha. Salah satu rumah usah yang sudah trend adalah rumah toko. Istilah ruko atau rumah toko adalah rumah yang dimultifungsikan dengan ruko. Namun biasanya tidak melulu hanya toko yang dikondisikan menjadi aktifitas tempat bisnis, namun kadang perkantoran, ruang pamer, atau ruang sekedar kumpul-kumpul bisnis juga menggunakan ruang ruko ini.

Ruko minimalis
Ruko minimalis

Coba Anda perhatikan salah satu contoh bangunan ruko diatas! Apa sih yang tergambar ketika melihat desain ruko yang ciamik diatas? Tentu sebuah rumah yang cukup mewah dengan di kombinasikan dengan bangunan ruko tersebut. Ketika Anda tinggal di salah satu sudut bangunan ruko tersebut, secara tidak langsung mencerminkan bahwa Anda adalah seorang pembisnis yang handal dan cukup mapan, dengan mempunyai rumah yang di kombinasikan dengan rumah toko tersebut.

Memang saat ini ketika Anda dan saya ngomong rumah yang ada di kawasan ruko, biasanya sudah mempunyai prestise serta brand image tersendiri. Ya, kesan mewah dan elegan dengan tinggal di kawasan ruko memang sudah menjadi trend budaya baru dimasyarakat kita. Jika dulu rumah dengan gabungan ruko sangat berkesan bahwa rumah yang murahan, namun di hari yang serba praktis dan simpel ini, rumah dengan desain ruko seakan sudah menjadi suatu kebutuhan.

Konsep Dasar Rumah Toko

Ketika trend budaya kerja dengan ide work at home mulai menjadi gejala yang lumrah serta cukup trend di negara kita, berarti bermula dari sinilah desan rumah toko (Ruko) berkembang. Jika orang tempo dulu dinegeri ini cukup pandai membedakan mana rumah dan mana ruang kerja untuk bisnis. Mereka cukup suka membedakan mana rumah serta mana kantor yang setiap hari digunakan untuk aktifitas-aktifitas bisnis. Namun seiring dengan budaya dan trend perkembangan masyarakat rumah yang dijadikan satu dengan toko adalaah sebuah kebutuhan, bukan lagi gaya hidup.

Ide ini di tangkap dengan jenius oleh para pengembang perumahan dengan membangun sebuah kawasan yang dinamakan ruko atau rukan (rumah kantor). Orang-orang yang bekerja di ruko atau rukan memang sangat diuntungkan, karena tidak mengeluarkan biaya transport dan biaya operasional lain untuk mencapai kantornya, cukup dengan dirumah itu sendiri sudah di area kerjanya plus rumah.

Namun ada juga sisi negatif yang kadang kurang pas ketika Anda mempunyai rumah plus toko. Jadi ketika Anda sedang asik-asiknya melayani konsumen ternyata anak Anda jerit-jerit minta sesuatu kepada Anda. Kejadian-kejadian seperti inilah yang akan menggangu kenyamanan ruko Anda ketika di gunakan untuk aktifitas pekerjaan. Sisi lain negatif juga adalah ketika Anda menggunakan ruko untuk pekerjaan adalah bisa jadi Anda merasa bosan dan jenuh karena melakukan aktifitas pekerjaan hanya di tempat yang sama, hanya tempat itu-itu saja.

Merancang Desain Toko

Ketika Anda merancang ruko atau rukan, desain yang paling Anda utamakan adalah nyaman. Percema deh tanpa sebuah kenyamanan ketika Anda membangun rumah ruko itu sendiri. Sama juga bohong Anda membuat tempat tingal yang digabungkan dengan tempat bekerja. Jadi faktor kenyamanan adalah nomor satu ketika mendesain rumah yang berkonsep ruko.

Hal lain yang menjadi pertimbangan ketika Anda mendesain ruko adalah dengan menjaga privasi dari tiap-tipa sudut ruangan. Jadi jangan sampai aktifitas pekerjaan Anda tergangu oleh aktifitas pribadi karena salah desain ketika menempatkan ruangan-ruangan untuk ruko. Kenapa? Karena ketika Anda melakukan aktifitas di ruko dan terlihat oleh aktifitas dirumah, bisa saja menggangu sinergi pekerjaan rumah dengan pekerjaan di ruko. Jadi pastikan dibangun dengan ideal ketika Anda membangun rumah dengan konsep ruko itu sendiri, demi kelancaran semua aktifitas baik ruko maupun di rumah.

Ide yang cukup ideal adalah ketika Anda hendak membangun sebuah rencana bisnis dengan ruko Anda, jauh-jauh hari supaya dikonsep dengan matang. Jangan pernah memberikan luang memubazirkan rumah dengan bongkar pasang ketika mendesain ruko. Jadi pastikan bisnis yang akan bangun memang mendukung dari ruko Anda tersebut. Atau rumah yang akan Anda bangun memang sudah dikonsep untuk membangun ruko tersebut.

Salah satu gambaran ideal untuk membangun ruko adalah membangun dengan akses menuju rumah dan toko yang berbeda. Misalkan Anda membangun ruko untuk ruang pemasaran online jual beli online milik Anda. Jadi ruang masuk toko dengan ruang masuk rumah pastikan dipisah. Semisal ada sanak famili atau kerabat mau berkunjung kerumah Anda, tidak dalam satu akses. Namun terpisah dengan yang lain. Jadi nanti tidak rancu dan tidak segan ketika famili ingin berkunjung dan menggangu aktifitas pekerjaan Anda.