Desain Hiasan Dinding Untuk Rumah Cantik dan Ciamik Menggunakan Keeksotikan Batu Alam

Sponsored Links

Desain Hiasan Dinding Rumah Menggunakan Keeksotikan Batu  Alam

Anda ingin mempercantik dinding rumah Anda, namun bingung mau diperindah menggunakan material bangunan apa? Mau menggunakan batu kualitas tinggi jenis import namun harganya selangit, mau menggunakan batu ekpose tapi belum ketemu dengan tukang yang ahli dalam pengerjaannya, atau mau di cat dengan umumnya rumah, tapi tidak terkesan unik serta sudah umum dan monoton.

Ok, artikel kali ini akan mengeksplorasi indahnya dinding rumah dengan memanfaatkan keeksotikan batu alam.

Inspirasi untuk mendapatkan kesan desain rumah indah dengan dinding tentu akan memberikan kesan rumah yang cukup alamiah, berkesan natural serta berkarakter untuk tampilan rumah itu sendiri. Keistimewaan rumah menggunakan batu alam ada pada ketidakteraturan pada batu alam tersebut sehingga dengan indahnya batu alam yang tidak rata memberikan sebuah desain yang unik dengan sendirinya.

Keeksotikan batu alam sudah diakui keindahannya. Dengan warna-warna yang dimiliki secara natural, batu alam sangat tepat untuk di jadikan sebagai penghias dinding baik interior rumah atau eksterior rumah. Kesan alami mencitrakan sebuah rumah dengan gaya klasik namun modern jika Anda pandai menggabungkan keeksotikan batu alam menjadi sebuah dinding.

Model dan Jenis Batu Alam Untuk Aksesoris Dinding

Sebelum Anda menggunakan batu alam sebagai hiasan dinding tentunya harus mengenali berbagai jenis batu alam yang akan di gunakan sebagai aksesoris properti Anda.

Mengetahui jenis-jenis batu alam bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan batu alam model apa yang cocok di pasang untuk ruangan yang akan kita pasang batu alam tersebut.

Jika kita tidak tahu jenis serta model-model batu alam yang akan kita pasang tentunya akan kesulitan di dalam berimaginasi serta berimprofisasi ketika hendak mengaplikasikan batu dinding sebagai pemanis dinding rumah kita.

Adapun jenis-jenis batu alam yang bisa dipergunakan untuk hiasan aksesoris dinding sebagai berikut:

  1. Batu alam jenis marmer

Batu alam jenis marmer merupakan batu untuk hiasan dinding yang mudah dikenali dan familiar di masyarakat pecinta keindahan interior ruangan menggunakan batu alam jenis marmer ini.

Batu alam dengan jenis marmer ini cukup elegan serta mewah jika, di gunakan sebagai penghias dinding rumah. Bentuknya yang indah eksotis serta mempunyai serat-serat yang halus dan corak warna alami sangat cocok juga di aplikasikan untuk lantai, untuk penghias tiang besar penyangga rumah, untuk dinding serta untuk aksesoris furniture rumah.

Untuk jenis batu marmer lokalan yang terkenal untuk wilayah Jawa ada di daerah Tulung Agung Jawa Timur. Meskipun batu marmer di daerah ini di ambil dari batu-batu gunung setempat namun jenis batu marmer Tulung Agung tidak kalah mewahnya jika di banding dengan jenis marmer import dari China maupun dari Italia.

  1. Batu alam dengan jenis batu andesit

Batu alam yang cukup elegan untuk penghias dinding berikutnya adalah batuan jenis andesit. Batu jenis andesit ini sudah lama di kenal nenek moyang moyang kita untuk penghias serta mempercantik tampilan rumah.

Kata andesit jika dalam bahasa bule “andesite” merupakan nama sebuah wilayah di Eropa yaitu ada di pegunungan Andes. Batu jenis andesit sebenarnya merupakan batu alam yang prosesnya karena proses vulkanologi gunung-gunung aktif.

Jenis batu andesit, jika kita tahu bentuk dan warnanya hampir serupa dengan debu abu vulkanik, namun berupa jenis bebatuan. Batu jenis andesit ini banyak di jumpai di sekitar gunung-gunung aktif di Indonesia.

Proses terjadinya batu andesit merupakan proses sedimentasi, sehingga batu jenis andesit ini memiliki struktur tekstur yang kekerasan (destinity) yang cukup tinggi dan memiliki poroutas yang rendah. Dampak dari struktur bebatuan jenis andesit tersebut menjadikan batu andesit sangat lembut dan halus.

Bentuknya yang bagus serta elegan batu andesit layak di aplikasikan sebagai aksesoris penghias dinding rumah. Walaupun bentuknya sederhana namun batu andesit memiliki keindahan yang natural untuk hiasan dinding.

Adapun aplikasi yang lain dalam penggunaan batu andesit ini untuk patung, arca serta lumpang batu serta furniture yang terbuat dari batu, bahkan untuk orang-orang Tiong Hoa di Indonesia biasanya menggunakan batu andesit untuk nisan batu makam

Batu andesit termasuk batu peninggalan nenek moyang kita dalam masa pra sejarah. Batu andesit banyak di jumpai di wilayah Magelang yang teraplikasi kokoh hingga saat ini sebagai candi, sebagai patung, arca serta bangunan-bangunan pra sejarah lainnya seperti punden berundak, sarkofagus.

Desain Arsitektur Batu Andesit Untuk Rumah

  1. Batu alam jenis tempel (Jawa red: watu templek)

Batu alam untuk penghias dinding yang natural dan eksotik berikutnya yaitu jenis batu tempel. Dinamakan batu tempel karena dalam aplikasi untuk penghias dinding dengan di tempelkan. Batu tempel saat ini sangat luas penggunaanya untuk aksesoris penghias dinding rumah. Meskipun sebuah rumah didesain dengan type rumah minimalis yang tidak mengedepankan lekak-lekuk desain ukiran serta aksesoris yang rumit, namun ketika Anda menempatkan batu tempel sebagai hiasan dinding, tetap akan memberikan kesan alami serta cantik.

  1. Batu koral sikat

Jenis batu alam yang lain adalah batu koral sikat. Bato koral jenis ini biasanya memiliki bentuk ciri khas bulat-bulat serta ukurannnya yang kecil. Jenis batu alam ini bisa di aplikasikan untuk mempercantik desain taman dan memberikan kesan alami. Selain untuk taman jenis batu koral sikat ini juga bagus jika di aplikasikan sebagai penghias intrior rumah. Tentunya dengan imaginasi serta kreatifitas yang kelas wahid walaupun dengan jenis batu koral sikat akan memberikan kesan mewah serta elegan.

  1. Batu jenis candi

Batu jenis candi untuk aksesoris penghias dinding sebenarnya materialnya kurang lebih sama dengan jenis batu andesit. Batu jenis ini serupa tapi tidak sama. Yang membedakan jenis bebatuan ini adalah sturktur kekerasan yang berbeda. Batu jenis candi cenderung lebih keras di banding dengan jenis batu andesit, serta bentuknya lebih elegan.

Dinamakan batu candi karena jenis batu alam ini banyak di gunakan untuk membuat candi, membuat patung arca, membuat furniture-furniture dari bebatuan.

Bebatuan ini karena warnanya yang khas mencerminkan kenaturalan serta klasiknya sangat cocok untuk di jadikan penghias dinding rumah Anda.

Harga Batu Alam Per Meter

Ada rupa ada harga, tentunya jika Anda ingin menggunakan batu alam sebagai penghias dinding rumah Anda sangat beragam dan bervariasi untuk soal harga. Harga batu alam biasanya diperhitungkan menggunakan taksiran ukuran per meter. Untuk harga batu alam biasanya bervariasi antara 100.000 per meter persegi hingga 500.000 per meter persegi. Bahkan untuk hiasan yang jenis kelas mewah bisa mencapai jutaan rupiah per meternya.

Itulah artikel dari kami tentang indahnya penggunaan batu alam untuk memperindah dinding bangunan rumah Anda. Semua pilihan jenis bebatuan tergantung selera Anda. Tidak ada ukuran mutlak jika Anda menggunakan batu marmer lebih bagus jika menggunakan batu alam jenis andesit, namun semua tergantung selera serta kreatifitas Anda di dalam mengaplikasikan batu alam sebagai penghias rumah. Harga mahal bukan jaminan sebuah keindahan, namun kreatifitaslah yang menentukan sebuah karya akan menjadi agung dan prestisius.

Selamat berekspresi dengan bebatuan alam untuk rumah cantik Anda!